5 Kebiasaan Agar Tetap Sehat Ketika Puasa

04 Aug 2017 @ 01:33:06
Oleh OT Handoko
5 Kebiasaan Agar Tetap Sehat Ketika Puasa
Selama Bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dengan menahan hawa nafsu yakni salah satunya adalah dengan tidak boleh makan dan minum dari subuh sampai saat maghrib tiba. 

Hal ini berarti selama puasa tubuh tidak menerima asupan nutrisi selama lebih kurang 14 jam per harinya. Akan tetapi walaupun tidak menerima asupan nutrisi selama 14 jam, bukan berarti tubuh akan menjadi tidak sehat. Asalkan Anda menjalankan beberapa cara menjaga kesehatan tubuh selama puasa berikut ini, tubuh akan tetap sehat dan bugar.

Jangan Lewatkan Makan Sahur

Seperti halnya sarapan, sahur merupakan waktu makan paling penting selama menjalankan ibadah puasa. Sahur merupakan cara menjaga kesehatan tubuh selama puasa yang paling dianjurkan. Nutrisi yang dikonsumsi selama sahur juga perlu diperhatikan. Cara menjaga kesehatan tubuh selama puasa adalah dengan mengkonsumsi karohidrat kompleks, makanan kaya serat, serta protein.

Satu hal lagi cara menjaga kesehatan tubuh selamapuasa yang perlu diperhatikan terkait dengan sahur adalah hindari langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini dikarenakan tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan. Organ pencernaan yang sedang bekerja saat Anda tidur akan mengganggu kualitas tidur. Selain itu tidur etelah makan akan membuat makanan tergerak kembali ke atas sehingga memicu gangguan pencernaan yang dinamakan refluks.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah kaya akan serat yang akan membantu melancarkan pencernaan selama puasa. Selain itu, kedua jenis makanan ini banyak mengandung air sehingga akan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa. Kandungan vitamin dan mineralnya juga akan membuat tubuh lebih fit selama berpuasa. Oleh karenanya, mengkonsumsi banyak sayur dan buah merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yang baik selama berpuasa.

Hindari Makanan Tinggi Gula dan Makanan Olahan

Makanan atau minuman tinggi gula yang dikonsumsi saat berbuka akan menyebabkan kenaikan gula darah yang tinggi secara tiba-tiba. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Begitu pula dengan makanan olahan yang umumnya tinggi garam dan mengandung bahan pengawet. Cara menjaga kesehatan tubuh yang baik adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan dengan kandungan gula wajar dan bukan makanan olahan.

Buka Puasa Dengan Perlahan dan Tidak Berlebihan

Makan an minum dalam kondisi sangat lapar dan haus memang memicu untuk makan berlebihan. Rasa lapar yang mendera seharian juga akan mendorong Anda untuk mengunyah makanan dengan tergesa-gesa. Hal ini  tentu akan sangat buruk bagi kesehatan pencernaan Anda. 

Cara menjaga kesehatan tubuh yang baik adalah dengan makan secara perlahan dan dalam porsi sewajarnya agar organ pencernaan Anda tidak kaget dan bekerja terlalu berat. Jika Anda memaksakan diri makan terlalu banyak setelah perut kosong selama lebih dari 12 jam, kana timbul rasa kembung, sakit, dan tak nyaman pada perut.

Jaga Asupan Cairan Tubuh

Menurut seorang ahli gizi, rumus sederhana menghitung kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi adalah 30 mL/kg berat badan tubuh. Kebutuhan tersebut tidak hanya bisa didapat melalui cairan tubuh akan tetapi juga bisa didapat dari makanan berkuah ataupun buah dan sayuran. Cukupi kebutuhan cairan tersebut selama sahur dan berbuka agar kondisi tubuh tetap fit selama puasa.

Hindari kafein selama berpuasa karena efek diuretiknya yang dapat memicu pengeluaran cairan tubuh. Beberapa contoh minuman berkafein tinggi antara lain adalah teh pekat, kopi, dan cola. Menghindari konsumsi minuman-minuman tersebut merupakan salah satu cara menjaga kesehatan tubuh selama puasa karena akan membantu mengurangi timbulnya dehidrasi.

Anda juga disarankan tetap berolahraga selama puasa. Hanya saja perhatikan waktunya. Olahraga saat puasa dianjurkan saat menjelang berbuka karena saat tubuh merasa haus setelah berolahraga Anda dapat segera minum untuk mengganti cairan tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa dilakukan setelah berbuka puasa dengan catatan beri jeda 2-3 jam setelah makan besar sebelum mulai berolahraga agar pencernaan Anda tidak terganggu.

Artikel Terkait

Suka Dengan Virgin Coconut Oil? Begini Cara Menggunakannya!
Oleh OT Handoko
Dalam menjadikan tubuh Anda selalu sehat, Anda perlu memasukkan Virgin Coconut Oil (VCO) ke dalam menu harian Anda. Tid..
Mau Menghindari Penyakit dan Kegemukan? Tidur Cukup Rahasianya!
Oleh OT Handoko & S Nurfauzia
Apa yang membuat tubuh Anda selalu sehat dan bugar? Gaya hidup sehat dan olahraga yang cukup adalah dua hal yang mungkin..
Jalani Hidup Sehat dengan Yoghurt Setiap Hari
Oleh OT Handoko
Menjalani pola hidup sehat secara konsisten itu tidak sulit. Jika Anda memulainya sejak hari ini, pasti Anda semakin cep..