5 Kebiasaan ini Bisa Mengatasi Kulit Kering, Kusam Sangat Ampuh

Memiliki kulit yang lembab dan sehat adalah dambaan semua orang. Akan tetapi, tidak jarang yang memiliki beberapa masalah pada kulitnya, contohnya adalah masalah kulit yang kering. Kulit kering menjadi salah satu masalah yang membuat sebagian orang frustasi. Apalagi jika terjadi pada area wajah. Biasanya, kulit kering diwajah akan mengelupas dan pecah-pecah. Sehingga membuat wajah terlihat lebih kusam. Untuk mengatasinya kamu tidak perlu khawatir karena dengan melakukan 5 kebiasaan ini, kamu bisa mengatasi kulit kering dengan ampuh. 

banner consideration shipping bg blue

1. Mengubah Kebiasaan Mandi 

Mungkin jika dilihat sekilas, mandi memang tampak sepele. Akan tetapi, ternyata banyak orang yang belum paham mengenai cara mandi yang benar. kamu harus betul-betul memperhatikannya. Karena ternyata kebiasaan mandi yang salah bisa membuat kulit jadi kering dan rusak, termasuk kulit wajah. Misalnya mandi dengan air panas. Hal ini bisa menghilangkan minyak alami tubuh, sehingga tak heran jika lama-kelamaan kulit kamu menjadi kering. Terlalu lama mandi juga akan membuat kulit kering. Jadi sebaiknya kamu batasi waktu mandi hanya sekitar lima sampai sepuluh menit.

2. Menggunakan Pelembab Setiap Hari

Mengatasi kulit kering dengan menggunakan pelembab dapat meningkatkan retensi air kulit sehingga bisa menjadi cara mengatasi kulit wajah kering paling jitu. Tidak hanya pada pagi hari atau sebelum ke kantor atau sekolah, kamu juga bisa menggunakan pelembab pada malam hari sebelum tidur. 
banner consideration promotion bg blue
Kandungan pelembab yang ramah untuk kulit wajah adalah yang mengandung hyaluronic acid, ceramides, dan colloidal oatmeal. Hindari penggunaan pelembab yang mengandung alkohol, pewangi artificial, dioxane, dan petroleum atau petrolatum agar kulit wajah kamu tidak makin kering. 

3. Jangan Membersihkan Wajah Terlalu Sering

Jangan terlalu sering membersihkan wajah karena dapat menimbulkan kulit kering. Bagi kamu pemilik kulit wajah kering disarankan untuk mencuci muka hanya 1-2 kali sekali sehari. Agar kulit kamu tidak bertambah kering, hati-hati juga dalam memilih sabun untuk wajah. Jauhi pembersih wajah yang mengandung alkohol, pewarna dan pewangi artifisial, serta petroleum, paraffin, sodium lauryl sulfate,  paraben,  diethanolamine (DEA),  monoethanolamine (MEA), dan triethanolamine (TEA).

4. Melakukan Eksfoliasi Wajah

Proses Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit wajah kering. Kamu bisa melakukannya dengan bahan-bahan kimia maupun memakai alat-alat khusus. Misalnya eksfoliasi dengan alat cleansing brush, washcloth, dan facial scrub. Sementara untuk produk eksfoliasi kimia biasanya mengandung senyawa alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA). 
Namun, apabila kamu ingin mencoba eksfoliasi yang lebih alami, bisa memanfaatkan masker oatmeal dan madu. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan oat dengan 1 sendok makan madu serta sedikit air. Kemudian hangatkan adonan ini, lalu gosokkan ke kulit wajah dengan lembut. Setelah itu, biarkan adonan tersebut menempel di wajah selama 15-20 menit, lalu kamu tinggal membilasnya hingga bersih. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.

5. Menggunakan Masker Alpukat

Cara mengatasi kulit kering yang terakhir adalah dengan menggunakan masker alpukat. Karena masker alpukat termasuk salah satu cara mengatasi kulit wajah kering yang alami dan efektif. Cara membuatnya cukup menyiapkan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan. Kemudian  tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Lalu, setelah adonan tercampur rata, oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, cuci wajah hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang baik, gunakan masker alpukat ini secara teratur dan bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal pada kulit wajah kering.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Sudah lebih tahu kan bagaimana mengatasi kulit kering? Dengan melakukan 5 kebiasaan ini, kulit kering bukan lagi masalah untuk kamu. Selamat mencoba dan selalu jaga kesehatan kulitmu ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami