5 Kesalahan Diet Sehat yang Buat Usaha Dietmu Gagal Total!

03 Sep 2018 @ 17:18:22
Diet menjadi salah satu trend yang mulai berkembang di masyarakat belakangan. Tak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, orang melakukan diet sehat juga untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan, misalnya tubuh yang langsing (untuk wanita) atau tubuh six packs (untuk pria). Biar begitu, dibutuhkan banyak referensi agar tidak terjadi kesalahan diet sehat sehingga diet tetap berjalan lancar dan tepat sasaran. 

Sayangnya, para ahli kesehatan dan diet menuturkan bahwa kesalahan diet masih kerap kali terjadi. Kesalahan ini menuntun orang-orang pada gagal diet atau berat badan mereka tak juga turun. Anehnya, 40% pelaku diet sehat merasa bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apapun dalam diet tersebut. Untuk itu, sebelum kamu gagal total dalam melakukan diet, simaklah beberapa kesalahan diet sehat yang sering dilakukan oleh orang-orang!

1. Melewatkan Sarapan, Kesalahan Diet Sehat yang Sering Dilakukan Dengan Alasan Kesibukan

Melewatkan Sarapan, Kesalahan Diet Sehat yang Sering Dilakukan Dengan Alasan Kesibukan

Banyak ahli gizi dan peneliti menyebutkan bahwa mereka yang tidak sarapan cenderung lebih memiliki bobot dan berat badan yang tidak teratur daripada mereka yang sarapan. Beberapa alasan yang sering dijadikan alasan untuk melewatkan sarapan adalah kesibukan dan pemikiran bahwa melewatkan sarapan bisa mengurangi kalori dalam tubuh. Padahal, mereka yang tidak sarapan cenderung makan lebih banyak daripada mereka yang sarapan. Inilah yang membuat berat badan orang tersebut menjadi tidak terkendali. 

2. Makan Dengan Terlalu Cepat, Kesalahan Diet Sehat yang Bisa Berdampak Tidak Baik Untuk Tubuh

Makan Dengan Terlalu Cepat, Kesalahan Diet Sehat yang Bisa Berdampak Tidak Baik Untuk Tubuh

Walaupun kamu sudah mengukur dan memastikan semua makanan rendah kalori, tetap saja jika makan terlalu cepat, kamu malah akan bertambah berat badan. Tara Gidus, MS, RD, pembicara dari American Dietetic Association menyebutkan bahwa makan tidak hanya tentang porsi dan nutrisinya, melainkan cara dan kecepatan mengonsumsinya. Orang-orang seharusnya makan dengan kecepatan yang normal (tidak terlalu cepat) sehingga penyerapan oleh usus bisa berjalan dengan baik dan pembakaran kalori berjalan sempurna.

3. Kamu Mengadaptasi Beragam Diet Dalam Satu Waktu

Kamu Mengadaptasi Beragam Diet Dalam Satu Waktu

Kesalahan diet sehat yang satu ini banyak dilakukan oleh hampir 45% pelaku diet sehat. Mereka yang 'berambisi' untuk menurunkan berat badan akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, termasuk mengadaptasi beragam jenis diet yang ada di internet. Padahal, yang namanya diet sehat itu tergantung seberapa cocok tubuh kamu terhadap diet tersebut. Untuk itu, fokuskan pada satu jenis diet yang menurutmu itu cocok untuk tubuhmu. Jika diet tersebut cocok, metabolisme tubuhmu akan berjalan dengan baik dan pembakaran lemak atau kalori juga lebih maksimal. 

4. Kamu Melakukan Diet Sehat Dengan Rasa Takut dan Paranoid

Kamu Melakukan Diet Sehat Dengan Rasa Takut dan Paranoid

Banyak orang yang tidak paham bahwa faktor psikologis juga berpengaruh dalam menyukseskan diet sehat. Sayangnya, salah satu kesalahan diet sehat yang paling umum adalah orang melakukan diet sehat dengan ketakutan. Padahal, untuk bisa diet sukses, kamu perlu bahagia melakukan diet tersebut. Diet yang dilakukan dengan bahagia lebih besar kemungkinan berhasilnya daripada diet yang dilakukan dengan takut. Untuk itu, jika kamu ingin cheating, lakukanlah dan jangan siksa dirimu. Hanya, kontrol jumlahnya agar diet tetap terjaga. 

5. Kurang Melakukan Mindful Eating

Kurang Melakukan Mindful Eating

Dalam melakukan diet sehat, kamu juga perlu melakukan mindful eating. Secara umum, mindful eating merupakan sebuah situasi dimana kamu memperhatikan betul apa yang kamu makan tanpa terganggu dengan hal lain, seperti televisi, ponsel, ataupun buku. Selain itu, mindful eating juga memperhatikan kapan kamu harus makan ataupun seberapa cepat kamu harus menghabiskan makanan. Dengan cara ini, kamu bisa menakar seberapa kenyang dan seberapa lapar kamu sehingga proses makan tidak berlebihan ataupun kurang. 


Artikel Terkait

Tips Mengolah Ayam Goreng yang Tidak Merusak Diet
Cobaan terbesar bagi pecinta ayam goreng saat diet salah satunya adalah nggak boleh makan ayam goreng, bener kan Lemoniz..
Shella Rafiqah Ully
15 Mei 2019
Kenapa Virgin Coconut Oil Ampuh untuk Diet?
Beberapa waktu belakangan Virgin Coconut Oil alias VCO jadi sangat populer karena khasiatnya yang dapat menurunkan berat..
Shella Rafiqah Ully
15 Mei 2019
Diet Tanpa Bahayakan Kesehatan, Ini Kuncinya!
Tampilan ideal dengan tubuh langsing biasanya jadi target yang berusaha dicapai oleh orang-orang yang menjalani diet. Pa..
Shella Rafiqah Ully
13 Mei 2019