5 Kiat Sukses Berwirausaha dari Co-Founder Lemonilo Buat Inspirasi Kamu, Nih!

16 Okt 2020 @ 11:44:10
Memulai usaha memang butuh keberanian. Itulah mengapa tak semua orang bisa dengan mudah memulai usaha yang mereka ingin bangun. Namun meski begitu, membangun sebuah usaha bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan.

Dalam acara Wiranilo Class yang pertama, Shinta Nurfauzia selaku CEO dan Co-Founder Lemonilo pun berbagi tips soal memulai berwirausaha dan mempertahankan bisnis yang dibangun. Setidaknya ada beberapa hal mendasar yang dibagikan Shinta bagi kamu yang ingin memulai bisnis dan membuatnya tetap bertahan.

1. Paham soal keunikan produk yang kamu jual (Unique Selling Proposition)

Hal yang dimaksud adalah para wirausaha harus benar-benar mengenali hal unik apa yang dimiliki oleh produk yang dijual. Salah satunya dengan mengerti manfaat yang bisa diberikan dari produk tersebut.

Setelah mengerti manfaat dari produk yang kamu jual, kamu bisa mulai berbagi manfaat produk tersebut kepada calon konsumen. Cara ini cukup krusial, sebab para calon konsumen tentu ingin tahu apa manfaat produk ditawarkan sebelum mereka memutuskan membelinya.

2. Memiliki lisensi atau izin yang bisa dibuktikan kebenarannya

Setelah melakukan sharing manfaat kepada calon konsumen, kamu yang ingin memulai usaha juga harus berkomitmen untuk memberikan produk yang terbaik. Salah satunya dengan cara memastikan kamu memiliki standar produksi yang paling tinggi.

Tak hanya itu, sudah mengantongi izin legal tentu juga akan menjadi nilai tambah bagi produk yang kamu tawarkan kepada konsumen.

3. Memperlakukan konsumen seperti seorang raja

Ungkapan ini tentu bukan isapan jempol semata. Rahasia sukses dalam berwirausaha salah satunya adalah memperlakukan konsumen seperti raja. Sebab tanpa adanya konsumen, bisnis yang kita jalankan akan berakhir sia-sia.

Dalam menjalankan bisnis, tentu ada masanya konsumen yang mengajukan komplain. Di kondisi inilah komplain yang diajukan oleh konsumen harus ditanggapi dengan baik. Tak bisa dipungkiri, konsumen tentu memegang peranan penting bagi keberlangsungan bisnis yang sedang kamu bangun atau jalankan.

Selain itu, jika konsumen banyak bertanya, coba jawab saja seluruh pertanyaan yang mereka ajukan. Jangan keburu jengkel jika mereka hanya bertanya tapi tak langsung membeli. Siapa tahu mereka butuh waktu untuk berpikir sebelum akhirnya memutuskan membeli produk yang kamu tawarkan. Jika kamu terlanjur marah, maka sikap itu hanya akan membuat konsumen semakin menjauh.

4. Mau terbuka menerima kritikan dan masukan

Menurut Shinta, Lemonilo bisa berkembang dari waktu ke waktu karena selalu terbuka terhadap berbagai masukan. Beberapa kali Lemonilo mengadakan survey, dan mengumpulkan saran serta kritik yang diberikan oleh para konsumen. Hal inilah yang dijadikan untuk berbenah.

Hal yang sama bisa kamu terapkan saat menjalankan sebuah bisnis. Kamu harus menjadi pribadi dengan pikiran terbuka dan menganggap segala kritik dan masukan adalah alat untuk bisa berbenah.

5. Memiliki kemampuan untuk bisa sharing manfaat dari produk yang dipasarkan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sharing manfaat menjadi salah satu poin paling penting. Alih-alih dengan terus-terusan “memaksa” calon konsumen untuk segera membeli produk yang kamu tawarkan, lebih baik mulai dengan menjabarkan manfaat apa saja yang dimiliki oleh produk daganganmu.

Seperti contohnya jika kamu menjadi reseller Lemonilo dan sedang memasarkan mie Lemonilo, kamu bisa sharing manfaat seperti proses pembuatan mie dengan cara yang berbeda, yakni dengan cara dipanggang bukan digoreng. Pembeli tentunya ingin tahu alasan apa yang membuat mereka harus membeli produkmu.

Itulah beberapa tips yang diberikan oleh Shinta selaku CEO Lemonilo. Diantara poin-poin penting yang ia sampaikan, ada pula satu hal yang tak boleh dilupakan begitu saja. Yakni adanya restu orang tua sebelum mulai menjalankan bisnis. Bagaimanapun restu orang tua sangat penting dan diharapkan bisa mempermudah jalanmu dalam melakukan sesuatu hal yang besar.

Gimana, sudah semakin yakin untuk mulai berwirausaha sekarang juga? Yuk, gabung menjadi Wiranilo di sini dan dapatkan kesempatan menjadi reseller untuk 40+ produk-produk Lemonilo dengan keuntungan minimal 20%. Selain tanpa modal besar, juga sambil menyehatkan Indonesia, lho.

Artikel Terkait

Kisah Hansel Tenujaya: Reseller Lemonilo yang Kini Sukses Berwirausaha
Hansel memulainya dengan modal kecil dan berjualan barang-barang kebutuhan Lebaran di marketplace..
Shella Rafiqah Ully
09 Oktober 2020
6 Penyebab Stres saat Berwirausaha dari Rumah, Kenali Penyebabnya!
Psikolog Adisti F. Soegoto menjelaskan penyebab stres yang banyak dialami mereka yang berwirausaha dari rumah..
Shella Rafiqah Ully
02 Oktober 2020
4 Tips Sukses Jalani Bisnis Reseller di Masa Pandemi
Segala bentuk adaptasi harus terus dilakukan di masa tatanan hidup baru ini. Salah satunya dalam menjalankan bisnis...
Shella Rafiqah Ully
25 September 2020