Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

5 Makanan Enak dan Sehat Ini Bisa Mengatasi Stres dan Memperbaiki Mood

Lulu
Lulu
04 Aug 2021
Clock Icon
5 menit
Makanan Enak dan Sehat yang Dapat Mengatasi Stres dan Memperbaiki Mood

Mengalami stres merupakan hal yang wajar. Namun, kondisi stres pada tahap tertentu dapat berdampak serius pada kesehatan fisik dan emosional.

Faktanya, stres yang terus-menerus dan mungkin bertambah parah seiring waktu yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan depresi.

Beruntungnya, ada beberapa makanan dan minuman yang kandungannya mampu menghilangkan stres dan mendatangkan ketenangan.

Dilansir dari healthline, inilah 5 makanan dan minuman penghilang stres yang akan memperbaiki suasana hatimu: banner consideration shipping bg blue

1. Ubi jalar


Makan sumber karbohidrat yang kaya akan nutrisi utuh seperti ubi jalar dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol.

Sebuah studi selama delapan minggu pada wanita dengan badan berat berlebih menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan kaya karbohidrat secara signifikan memiliki tingkat kortisol yang lebih rendah.

Ubi jalar merupakan makanan utuh yang menjadi pilihan sumber karbohidrat yang sangat baik. Ubi jalar dikemas dengan nutrisi penting untuk merespons stres, seperti vitamin C dan kalium.

2. Kimchi


Kimchi merupakan hidangan sayur fermentasi yang biasanya dibuat dari lobak atau sawi putih. Makanan fermentasi khas Korea Selatan ini mengandung probiotik dan tinggi vitamin, mineral, serta antioksidan.

Penelitian mengungkapkan, makanan fermentasi dapat membantu stres dan mengurangi.

Misalnya, sebuah penelitian pada 710 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang makan makanan yang fermentasi lebih jarang mengalami laporan sosial.

Banyak penelitian lain menunjukkan bahwa suplemen probiotik dan makanan kaya probiotik seperti kimchi memiliki efek baik untuk kesehatan mental.banner consideration promotion bg blue

3. Artichoke


Artichoke adalah sumber serat yang sangat terkonsentrasi dan terutama kaya akan prebiotik, sejenis serat yang memberi makan bakteri baik pada usus.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa prebiotik seperti fructooligosaccharides (FOSs) yang terkonsentrasi dalam artichoke dapat membantu mengurangi stres.

Selain itu, satu ulasan menunjukkan bahwa orang yang makan 5 gram atau lebih prebiotik per hari mengalami gejala mengalami.

Artichoke juga termasuk sayuran yang tinggi kalium, magnesium, vitamin C, dan vitamin K yang semuanya penting untuk respons stres.

4. Telur


Telur sering disebut sebagai multivitamin alami karena profil nutrisinya yang mengesankan. Telur utuh mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk merespons stres.

Telur utuh juga kaya akan kolin, nutrisi yang ditemukan dalam jumlah besar hanya dalam beberapa makanan.

Kolin ini telah terbukti memiliki peran penting dalam kesehatan otak dan dapat melindungi diri dari serangan stres.

Penelitian pada catatan catatan bahwa suplemen yang mengandung kolin dapat membantu merespons stres dan memperbaiki suasana hati.

5. Kerang


Kerang dan tiram yang mengandung asam amino yang tinggi, seperti taurin yang telah mempelajari suasana untuk diketahui potensinya dalam memperbaiki hati.

Taurin adalah asam amino lain yang dibutuhkan untuk menghasilkan neurotransmitter seperti dopamin yang penting untuk membantu tanggapan stres.

Faktanya, menunjukkan menunjukkan bahwa taurin mungkin memiliki efek antidepresan. Selain itu, kerang juga mengandung vitamin B12, seng, tembaga, mangan, dan selenium yang semuanya mampu meningkatkan mood .banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Investigasi yang melibatkan 2.089 orang dewasa di Jepang mengaitkan asupan rendah seng, tembaga, dan mangan dengan gejala sebuah depresi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.