5 Makanan Ibu Hamil yang Enak dan Sehat Dikonsumsi

Makanan ibu hamil tidak boleh sembarangan. Karena ada janin yang membutuhkan asupan nutrisi, maka segala macam makanan yang masuk harus benar-benar diperhatikan.  Apabila makanan yang dikonsumsi sehat dan bergizi, akan berdampak baik pula untuk perkembangan bayi di dalam rahim juga pada saat lahir kelak.

Makanan yang dikonsumsi ibu hamil bisa disesuaikan dengan usia kehamilan. Pada saat trimester pertama, biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah, maka makanan yang dikonsumsi harus yang manis dan tidak memicu mual. Begitu juga untuk trimester selanjutnya. Namun, dianjurkan untuk konsumsi buah, sayur dan ikan yang banyak.

banner consideration shipping bg blue

Apapun makanan yang dikonsumsi ibu hamil, itu pula makanan yang akan dikonsumsi oleh janin. Oleh sebab itu, sebaiknya makanan yang masuk harus bergizi tinggi untuk kebaikan janin. Cari tahu yuk, makanan apa saja yang enak dan sehat untuk konsumsi ibu hamil:

1. Susu dan Yogurt

Makanan untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi karena nilai gizinya yang tinggi adalah susu dan yogurt. Yogurt banyak dijadikan pilihan karena membuat ibu hamil cepat kenyang. Kandungan protein, lemak sehat, vitamin B12 serta kolin sangat baik dan dibutuhkan ibu hamil. Namun, pastikan bahwa kedua makanan tersebut telah dipasteurisasi.

2. Omelet Campur Sayur Bayam dan Nasi Merah

Ibu hamil dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam karena banyak mengandung asam folat, vitamin A, zat besi dan kalsium. Asam folat dibutuhkan untuk mencegah bayi terlahir dengan cacat bawaan. Demikian pula zat besi yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi karena merupakan komponen dalam sel darah merah.

Sementara telur adalah makanan yang banyak mengandung protein, vitamin B, vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalsium dan vitamin K. Kandungan zat baik dalam telur akan mengoptimalkan perkembangan otak janin dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

Kedua makanan tersebut akan semakin optimal apabila disajikan bersama nasi merah, yang merupakan makanan sehat yang banyak mengandung karbohidrat. Saat sarapan, ibu hamil bisa mengkonsumsi ketiga makanan tersebut untuk memenuhi asupan protein dan vitamin untuk janin.

3. Ikan Salmon

Diantara makanan sehat untuk ibu hamil, ikan salmon adalah salah satu sumber vitamin hewani yang wajib dikonsumsi. Ikan salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin yang masih proses tumbuh kembang di dalam rahim. Kandungan lain seperti vitamin D juga baik untuk kesehatan ibu dan bayi.

banner consideration promotion bg blue

4. Brokoli dan Sayuran Hijau Lainnya

Tidak hanya bayam saja, sayuran hijau lainnya seperti brokoli juga sangat baik untuk ibu hamil. Sayuran ini biasanya banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil. Nutrisi tersebut antara lain vitamin K, vitamin C, vitamin A, asam folat, zat besi dan kalium. Brokoli dan sayuran hijau juga mengandung antioksidan yang baik untuk kekebalan tubuh.

5. Daging

Makanan lain yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah daging-dagingan, baik itu daging merah atau daging ayam. Daging banyak mengandung protein, zat besi, vitamin B12, vitamin B6 dan kolin. Keduanya  adalah sumber protein yang baik dan memiliki kadar lemak rendah. Sebelum dikonsumsi pastikan kedua makanan tersebut telah diolah dengan matang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Masih banyak lagi makanan ibu hamil yang sehat dan enak yang harus dikonsumsi. Misalnya saja buah-buahan, kacang-kacangan, biji chia serta oatmeal. Makanan tersebut banyak memiliki kandungan protein dan vitamin yang tinggi. Sehingga janin dapat berkembang baik dan lahir tanpa adanya kekurangan apapun.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami