Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

5 Makanan Ini Memicu Penuaan Dini? Simak Faktanya

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
25 Nov 2020
Clock Icon
2 menit
5 Makanan Ini Memicu Penuaan Dini? Simak Faktanya
Penuaan dini salah satunya bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, makanan juga bisa menjadi faktor yang mempercepat penuaan. Ketika protein atau lemak bertemu dengan gula, akan terbentuk AGEs yang menjadi faktor penuaan dini.

Faktor-faktor penuaan dini tidak bisa dikendalikan sepenuhnya. Namun, menggunakan tabir surya dan menjaga pola makan bisa dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penuan dini.

Terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi atau dihindari untuk mencegah penuaan dini. Dilansir dari Healthline, berikut adalah 7 makanan yang mempercepat penuaan dini.

1. Kentang goreng



Makanan yang digoreng dengan minyak pada suhu tinggi akan melepaskan radikal bebas dan mampu menimbulkan kerusakan pada kulit. Paparan radikal bebas ini yang akan mempercepat proses penuaan dini dan melemahkan elastisitas kulit.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak garam yang terkandung dalam kentang goreng mampu mengeluarkan air dan membuat kulit dehidrasi. Dehidrasi ini rentan menimbulkan kerutan pada kulit.

2. Mentega atau margarin



Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi mentega atau margarin lebih berisiko mengalami kerusakan dan keriput kulit dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, studi lain juga mengungkapkan bahwa margarin tidak baik untuk kesehatan karena mengandung minyak terhidrogenasi parsial. Asam lemak trans ini membuat kulit lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet yang merusak kolagen dan elastisitas kulit.

3. Soda



Soda termasuk minuman yang tinggi kafein. Jika terlalu sering mengonsumsi soda, pola tidur bisa terganggu. Pola tidur yang buruk kerap dikaitkan dengan peningkatan tanda-tanda penuaan dini.

Kurang tidur akibat pola tidur yang buruk bisa menyebabkan lingkar hitam di bawah mata, mata bengkak, garis halus atau keriput, dan lain-lain.

4. Alkohol



Alkohol bisa menyebabkan beberapa masalah untuk kesehatan kulit, seperti kemerahan, bengkak, hilangnya kolagen, dan munculnya kerutan. Pasalnya, alkohol akan menghabiskan nutrisi, hidrasi, vitamin A yang semuanya berdampak pada kesehatan kulit.

Jika terlalu sering mengonsumsi alkohol untuk jangka panjang, sebaiknya konsumsi banyak makanan dan minuman yang mengandung vitamin A guna memproduksi kolagen dan menumbuhkan sel-sel baru.

5. Daging olahan



Daging olahan bisa berbahaya bagi kulit. Pasalnya, daging olahan tinggi akan natrium, lemak jenuh, dan sulfit yang semuanya mampu membuat kulit dehidrasi dan kehilangan kolagen. 

Untuk mengganti daging olahan bisa menggunakan daging rendah lemak seperti ayam dan mengonsumsi telur atau kacang-kacangan yang lebih sehat dan kaya manfaat akan kesehatan kulit.

Itulah 5 makanan yang dapat memicu penuaan dini. Meski demikian, tidak perlu menghindari sepenuhnya makanan-makanan tersebut. Mengonsumsinya dalam jumlah sedikit dan sewajarnya tentu tidak akan merusak kulit.
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.