Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Makanan Sehat yang Tinggi Asam Folat, Bantu Pertumbuhan Janin Jadi Lebih Sehat

Lulu
Lulu
04 Aug 2021
Clock Icon
6 menit
5 Makanan Sehat yang Tinggi Asam Folat, Bisa Bantu Pertumbuhan Janin dan Kurang Risiko Cacat Lahir

Asam folat merupakan nutrisi yang juga dikenal sebagai vitamin B9 yang memiliki banyak fungsi penting untuk kesehatan tubuh.

Secara khusus, asam folat mendukung pembelahan sel yang sehat dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan janin yang tepat untuk mengurangi risiko lahir.

Vitamin B9 secara alami ditemukan di banyak makanan. Bagi orang dewasa yang sehat, disarankan untuk mendapatkan asupan folat setidaknya   400 mcg per hari untuk mencegah defesiensi.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 5 makanan sehat yang tinggi asam folat:

1. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan mengandung asam folat dalam jumlah yang berbeda untuk setiap jenisnya. Misal, satu cangkir kacang merah yang mengandung 131 mcg asam folat, sedangkan satu cangkir kacang merah mengandung 358 mcg asam folat.

Selain mengandung asam folat dalam jumlah tinggi, kacang-kacangan juga merupakan sumber protein, serat, dan antioksidan yang baik.

Ada pula zat gizi mikro yang terkandung di dalam kacang-kacangan dan penting untuk tubuh, seperti kalium, magnesium, dan zat besi. banner consideration shipping bg blue

2. Asparagus


Asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral terkonsentrasi, salah satu kandungannya adalah asam folat.

Faktanya, setengah cangkir asparragus yang mengandung 134 mcg asam folat atau sekitar 34 persen dari kebutuhan harian.

Asparagus juga kaya akan antioksidan dan telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga sangat baik untuk tubuh.

Terlebih lagi, asparagus adalah makanan sumber serat yang sehat untuk jantung karena memenuhi hingga 6 persen kebutuhan serat harian hanya dari satu porsi.

3. Telur



Restrukturisasi telur ke dalam makanan harian adalah cara yang baik untuk meningkatkan beberapa asupan nutrisi penting, salah satunya asam folat.

Satu telur berukuran besar mengandung 22 mcg asam folat. Masukkan beberapa butir telur ke dalam makananmu untuk menambah asupan folat dan memenuhi kebutuhanmu.

Selain itu, telur juga mengandung protein, selenium, riboflavin, dan vitamin B12 yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan.banner consideration promotion bg blue

Lutein dan zeaxanthin pun ditemukan di dalam telur. Dua antioksidan ini dapat membantu mengurangi gangguan mata seperti degenerasi makula.

4. Sayuran berdaun hijau


Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan sebagainya memang rendah kalori namun mengandung banyak vitamin dan mineral utama, termasuk asam folat.

Satu cangkir bayam mentah mengandung 58,2 mcg asam folat atu sekitar 15 persen dari kebutuhan harian.

Sayuran hijau yang juga tinggi serat, vitamin K, dan vitamin A. Nutrisi-nutrisi tersebut kerapkali dengan sejumlah manfaat kesehatan.

Studi menunjukkan bahwa makan lebih banyak sayur silangan, seperti sayuran berdaun hijau dapat menunjukkan kelemahannya yang mengurangi risiko kanker yang lebih rendah dan membantu menurunkan berat badan.

5. Sedikit


Tidak hanya menjadi pewarna alami pada makanan dan minuman, buah bit juga mengandung banyak nutrisi penting.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Buah bit mengandung banyak mangan, kalium, dan vitamin C yang dibutuhkan tubuh. Buah bit juga merupakan sumber asam folat yang bagus.

Satu cangkir buah bit yang maish mentah mengandung 148 mcg asam folat atau sekitar 37 persen dari kebutuhan harian.

Selain mengandung mikronutrien, buah bit yang mengandung nitrat yang tinggi, sejenis senyawa tanaman yang perawatan dengan banyak manfaat kesehatan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.