Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Makanan Tinggi Serat yang Cocok Dikonsumsi Selama Bulan Puasa

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
04 Aug 2021
Clock Icon
5 menit
makanan serat

Selama berpuasa, tentu tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang agar kuat menahan lapar dan haus seharian. Salah satu asupan nutrisi yang tidak boleh dilewatkan selama puasa adalah serat.  


Serat sangatlah penting untuk kelancaran sistem pencernaan tubuh serta menjaga tubuh tetap kenyang. Bahkan dilansir dari Healthline, jenis serat tertentu diketahui dapat membantu meningkatkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan membantu mengatasi sembelit. 


Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, konsumsi serat harian untuk wanita idealnya adalah 24 gram. Sementara untuk pria adalah 28 gram. Namun sayangnya tidak semua orang berhasil memenuhi asupan serat hariannya. Nah, di bulan puasa ini, apakah kamu sudah memenuhi kebutuhan seratmu, Lemonizen? 


Kalau belum, simak artikel di bawah ini yuk! Dilansir dari Healthline dan Medlineplus berikut ini rekomendasi makanan yang kaya akan serat dan cocok dikonsumsi selama bulan puasa


1. Buah-buahan


Buah-buahan juga merupakan sumber serat yang baik untuk tubuh. Buah-buahan dapat membantu kamu memenuhi asupan serat serta nutrisi dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.


banner consideration shipping bg blue 

Untuk sahur atau berbuka, jangan lupa selipkan buah sebagai pelengkap makananmu ya. Buah-buahan ini bisa seperti pir, stroberi, alpukat, apel atau pisang. Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan dengan cara dimakan selagi segar atau dijadikan jus. 


2. Sayuran


Selain buah-buahan, asupan serat dari sayuran juga tidak kalah penting untuk tubuh selama bulan puasa. Kamu bisa penuhi asupan seratmu dengan mengonsumsi sayuran tinggi serat seperti bayam, wortel, selada, kol, jamur, brokoli, lobak, daun kale, atau kentang. Selain banyak mengandung serat, sayuran juga rendah kalori sehingga baik untuk kamu yang ingin menjaga berat badan seimbang.


3. Oatmeal


Mungkin kamu sudah nggak asing lagi saat mendengar kalau oatmeal merupakan makanan yang tinggi akan serat. Selain memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh. Oatmeal juga tinggi akan kandungan vitamin, mineral, beta glucan dan antioksidan yang baik untuk gula darah serta tingkat kolesterol tubuh. Kamu bahkan bisa lho mengonsumsi oatmeal saat sahur agar tubuh tidak mudah lapar. Sajikan oatmeal dalam bentuk overnight oats, dan nikmati saat sahur.


banner consideration promotion bg blue 

4. Biji-Bijian 


Salah satu makanan kaya serat yang dapat didapatkan dengan mudah dan murah adalah biji-bijian. Biji-bijian bukan hanya menjaga perut tetap kenyang tapi juga membantu membersihkan saluran pencernaan. 


Biji-bijian yang bisa kamu konsumsi adalah kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah dan lain-lain. Kamu bisa menyisipkan menu biji-bijian saat berbuka puasa. Dengan begitu, tubuh lebih mudah mengembalikan energinya sekaligus meningkatkan kemampuan metabolisme. 


5. Beras Merah 


Asupan seratmu selama bulan puasa juga bisa dipenuhi lewat konsumsi beras merah lho. Jenis beras ini diketahui memiliki serat yang lebih tinggi bahkan hampir dua kali lipat dari kadar serat beras putih. 


Tentunya kadar serat yang tinggi dapat membuatmu tidak mudah lapar sehingga tahan untuk berpuasa seharian. Di samping itu, beras merah juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green 

Nah itu tadi deretan makanan tinggi serat yang cocok dikonsumsi selama bulan puasa. Meski berpuasa, tubuh tidak akan lemas dan mudah lapar bila kamu memilih asupan makanan yang tepat. Namun, jangan lupa juga untuk memperhitungkan asupan serat harianmu. Bila berlebihan, konsumsi serat dapat menimbulkan perut kembung, diare atau kram. 


Untuk itu, selalu perhatikan asupan makananmu selama sahur dan berbuka ya, Lemonizen. Dengan begitu puasamu bisa berjalan lebih nyaman serta memberikan dampak yang baik untuk tubuh. Selamat berpuasa! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.