Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Makanan Untuk Memperbanyak ASI yang Enak Dikonsumsi

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak makanan untuk memperbanyak ASI yang wajib dicoba.

Kuantitas dan kualitas air susu ibu dapat didongkrak dengan menggunakan makanan untuk memperbanyak ASI. Konsumsi makanan dengan nutrisi tinggi dan mengandung zat untuk memacu produksi ASI memang perlu dilakukan oleh ibu selama masa menyusui. Dengan demikian, produksi air susu menjadi optimal dan nutrisi bayi dapat terpenuhi.

Penting bagi ibu menyusui untuk mengetahui jenis makanan yang dapat membantu produktivitas kelenjar susu. Konsumsi bahan alami ini relatif lebih aman jika dibandingkan dengan konsumsi suplemen yang mengandung zat kimiawi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk memperbanyak ASI.

1. Jenis Sayuran Hijau


Sayuran hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang mendukung produksi air susu ibu. Contohnya zat besi, asam folat, dan kalsium yang terkandung dalam daun bayam, memiliki manfaat membantu meningkatkan produksi ASI. Begitu juga kadar protein dalam daun katuk, dapat memperbanyak ASI yang dihasilkan.
banner consideration shipping bg blue

Hampir semua jenis sayuran hijau memiliki manfaat yang baik bagi ibu selama menyusui. Mengonsumsinya dapat dengan cara merebusnya saja, membuat tumisan dengan sedikit minyak, ataupun diolah menjadi sup sayuran yang segar. Sebaiknya hindari memasak dengan minyak banyak agar lebih sehat dikonsumsi.

2. Pepaya


Di dalam pepaya, terdapat kandungan Vitamin C dan A, juga beberapa mineral seperti kalium dan asam folat. Ibu menyusui yang mengkonsumsi pepaya dalam porsi cukup akan mendapatkan manfaatnya, yaitu ASI menjadi lancar dan jumlahnya meningkat. Hal ini disebabkan pencernaan protein terbantu, sehingga kebutuhan protein dalam pengolahan ASI terpenuhi.

3. Wortel


Satu lagi jenis sayuran yang dapat membantu memperbanyak ASI, yaitu wortel. Meskipun tidak termasuk sayuran hijau, tetapi kandungan phytoestrogen di dalamnya dapat meningkatkan produksi air susu. Selain itu, kandungan Vitamin A yang cukup di dalam wortel juga membantu menjaga kesehatan organ reproduksi.banner consideration promotion bg blue

Cara konsumsinya dapat disesuaikan dengan selera. Ibu menyusui dapat mengkonsumsinya dalam bentuk campuran sup, direbus sebagai pendamping steak, atau dikonsumsi sebagai jus. Apabila dikonsumsi dalam bentuk jus, pastikan jumlah gula yang digunakan tidak berlebihan. Akan lebih baik jika tanpa gula, atau menambahkan madu untuk perasanya.

4. Kacang-Kacangan


Berbagai jenis kacang-kacangan juga dapat membantu memperbanyak produksi ASI selama menyusui. Contohnya kacang almond yang mengandung banyak vitamin E dan omega-3. Selain itu, kacang hijau juga dapat diambil manfaat asam folat, kalium, dan fosfor yang terkandung di dalamnya.

Mengkonsumsi kolak kacang hijau pada saat waktu snack, dapat menjadi selingan makanan yang menyehatkan bagi ibu menyusui. Penggunaan gula aren akan lebih baik dibanding gula pasir. Apabila tidak menyukai makanan bersantan, kacang hijau dapat direbus, kemudian diambil airnya untuk diminum saat suhunya hangat kuku.

5. Oatmeal


Makanan berupa gandum utuh ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk bagi ibu menyusui. Hal ini disebabkan kandungan zat besi di dalamnya, membantu mencegah anemia. Perlu diketahui bahwa anemia dapat menyebabkan produksi ASI menjadi menurun.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain dikonsumsi dalam bentuk bubur, oatmeal juga dapat diolah menjadi roti, ataupun camilan kue kering. Oatmeal juga memberi efek kenyang lebih lama dan memberikan energi bagi ibu menyusui. Mengingat ibu menyusui umumnya mudah lelah, oatmeal dapat menjadi alternatif hidangan berenergi yang meningkatkan stamina.

Itulah tadi beberapa jenis  makanan untuk memperbanyak ASI. Selain meningkatkan jumlahnya, ASI yang dihasilkan juga lebih berkualitas karena kandungan gizinya lebih lengkap. Ditambah lagi, kesehatan ibu menyusui juga lebih terjaga karena asupan nutrisinya beragam dan memadai. Didukung dengan asupan air putih yang cukup, maka ASI akan semakin lancar. Jadi, jangan lupa mengkonsumsi berbagai makanan ini jika Anda sedang menyusui ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.