Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Makanan yang Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Mondials Anindhita
Mondials Anindhita
27 Okt 2021
Clock Icon
5 menit
5 Makanan yang Dapat Menurunkan Risiko Kanker Payudara

Sudah menjadi rahasia umum kalau kanker payudara merupakan penyakit kanker yang paling umum terjadi pada perempuan. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kerusakan DNA, mutasi genetik, hingga gaya hidup yang juga memiliki peran penting dalam hal ini. Dilansir dari laman National Center for Biotechnology peneliti menghubungkan adanya minuman alkohol, merokok, paparan estrogen, dan pola diet tertentu, termasuk diet berat yang tinggi dan mengonsumsi makanan olahan juga bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Oleh karena itu, untuk menjaga agar payudara tetap sehat dan terhindar dari penyakit, pastikan Lemonizen mengonsumsi makanan sehat, ya. 


Nah, tepat di bulan Oktober ini yang juga diperingati sebagai Breast Cancer Awareness Month, Lemonilo mau memberikan informasi penting seputar 5 makanan yang dapat menurunkan risiko kanker payudara. Apa saja? Simak di bawah ini. 


Sayuran Berdaun Hijau

Dilansir dari laman National Institute Health, makanan yang dapat menurunkan risiko kanker payudara yang pertama adalah sayuran berdaun hijau. Kale, bayam, sawi, lobak dan sebagainya merupakan beberapa sayuran berdaun hijau yang dinilai memiliki sifat antikanker. Perlu diketahui Lemonizen, sayuran berdaun hijau mengandung antioksidan karotenoid, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, kadar darah yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara.


Buah Jeruk



Sumber: Freepik/picture by jcomp


Selanjutnya, ada buah jeruk yang juga dinilai bisa menurunkan risiko kanker payudara. Buah berwarna oranye ini memiliki kandungan senyawa yang dapat melindungi dari kanker payudara. Tak hanya itu, terdapat juga kandungan folat, vitamin C, dan karotenoid seperti beta cryptoxanthin dan beta karoten ditambah flavonoid. Dilihat dari laman PMC US National Library of Medicine, kandungan nutrisi tersebut memberikan efek antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi. 


Buah Berry

Tahukah kamu, ternyata menikmati buah berry secara teratur dapat membantu menurunkan risiko kanker tertentu, seperti kanker payudara. Di dalam buah berry terdapat kandungan antioksidan yang terdiri dari flavonoid dan anthocyanin yang penelitian terbukti melindungi kerusakan sel, perkembangan, dan penyebaran sel kanker.


(Baca Juga: Jenis dan Gejala Kanker Payudara yang Harus Kamu Waspadai)


Makanan Fermentasi



Sumber: Freepik/picture by jcomp


Mulai dari yoghurt, kimchi, miso, hingga asinan kubis memiliki kandungan probiotik dan nutrisi lain yang dapat melindungi dari kanker payudara. Masih dari laman National Institute Health mengatakan ada sebuah tinjauan dari 27 penelitian yang mengaitkan produk susu fermentasi dengan penurunan risiko kanker payudara pada populasi di barat dan di Asia.


Kacang

Kaya akan serat, vitamin dan mineral, membuat kacang juga termasuk makanan yang dinilai bisa menurunkan risiko payudara. Sebuah penelitian yang dilakukan San Francisco Bay Area Breast Cancer Study pada 2.571 perempuan menemukan bahwa asupan kacang yang tinggi bisa membantu mengurangi risiko kanker payudara hingga 20 persen, dibandingkan mereka yang kurang mengonsumsi kacang. 


Berikut ini ada sedikit cerita dari dr. Ranti Astria Hannah, Dokter Spesialis Anak yang juga penyintas kanker payudara. Dr. Ranti didiagnosis menderita kanker payudara di usia muda, saat ia tengah mengandung putri pertamanya. Kepada Lemonilo, dr Ranti bercerita banyak tentang perjuangannya bertahan dan melawan kanker ganas tersebut.




Demikian informasi mengenai makanan yang dapat menurunkan risiko kanker payudara. Pastikan Lemonizen selalu memilih asupan makanan yang sehat, agar terhindar dari penyakit mematikan ini, ya. Semoga bermanfaat!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.