Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Makanan yang Kaya Akan Vitamin D

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Makanan mengandung vitamin D sangat penting dikonsumsi setiap hari.

Vitamin memang ada banyak macamnya, salah satunya ada vitamin D. Ini adalah jenis vitamin yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Makanan mengandung vitamin D sendiri ada beragam dan semuanya enak untuk dikonsumsi. Kebutuhan vitamin D untuk tubuh harus terpenuhi agar tubuh senantiasa sehat.

Vitamin D ini bisa menjaga kesehatan tulang sehingga terhindar dari tulang keropos, nyeri tulang, dan tulang yang rapuh. Bahkan anak-anak pun kebutuhan vitamin D harus diperhatikan agar terhindar dari kanker tulang. Selain itu, tubuh yang kebutuhan vitamin D tidak tercukupi akan mengalami beberapa gejala seperti nyeri tulang dan gigi.

banner consideration shipping bg blue


Untuk bisa mendapatkan vitamin D secara maksimal rajinlah berjemur di matahari pagi. Matahari pagi yakni sebelum jam 10 mengandung vitamin D. Cukup berjemur selama 10 menit tubuh sudah mendapatkan banyak vitamin D. Selain itu cobalah mengonsumsi makanan-makanan sumber vitamin D.

1. Minyak Ikan Kod


Makanan mengandung vitamin D yang pertama adalah minyak ikan kod. Minyak ikan kod adalah salah satu sumber vitamin D yang paling bagus. Satu sendok teh minyak ikan kod sudah memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin tersebut. Minyak ikan kod bisa didapatkan di apotik dan bisa dikonsumsi setiap pagi setelah sarapan.

2. Telur Ayam


Selain minyak ikan kod ada juga telur ayam kampung.Telur ayam ini memiliki kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Bahkan satu butir telur ayam kampung dengan berat 50 gram sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D.

3. Tahu dan Tempe


Tahu dan tempe yang dibuat dari bahan utama kacang kedelai ini selain enak dimakan dan mudah diolah, kandungan vitamin D cukup tinggi. Untuk setiap 100 gram tahu atau tempe sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin D. Tahu dan tempe bisa dijadikan lauk maupun dijadikan satu dengan sayur. Makanan murah meriah yang enak dan kaya nutrisi ini wajib dikonsumsi setiap hari.

banner consideration promotion bg blue

4. Hati Sapi


Selanjutnya ada hati sapi yang juga merupakan bahan makanan dengan kandungan vitamin D cukup tinggi. Selain dikenal sebagai penambah darah, ternyata hati sapi ini mengandung zat besi, vitamin D, serta asam folat yang cukup tinggi. Setidaknya bisa dijadikan selingan agar tidak bosan memakan bahan makanan yang sama setiap harinya. Hati sapi ini bisa diolah menjadi makanan yang enak dan lezat.

5. Jamur


Selanjutnya makanan mengandung vitamin D yang enak adalah jamur. Jamur ini ada banyak macamnya. Biasanya diolah sebagai lauk atau topping sebuah masakan. Jamur ini teksturnya kenyal sehingga nikmat sekali dimakan. Kandungan vitamin D yang tinggi membantu untuk menjaga kesehatan tulang dan juga gigi.

Jamur ini sendiri bisa diolah dengan cara dijadikan jamur krispi, atau diolah dengan sayur lain dan jadi topping pada sayur sop. Jamur ini menyimpan vitamin D yang banyak yang bisa dijadikan sebagai bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai makanan mengandung vitamin D yang baik dikonsumsi. Nah, selain beberapa bahan makanan di atas ada juga beberapa seafood yang mengandung vitamin D yang tinggi seperti udang atau tiram. Baiknya konsumsi bahan makanan secara beragam agar kebutuhan nutrisi untuk tubuh bisa terpenuhi. Pilih bahan makanan yang masih bagus, berkualitas, dan alami.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.