Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Lezat Dikonsumsi

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Makanan yang mengandung vitamin B12 lezat dikonsumsi setiap hari.

Kelompok vitamin B terdiri dari 8 macam yang semuanya sangat dibutuhkan oleh tubuh termasuk B12. Ada berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B12 yang bisa kamu konsumsi setiap saat Sebelum membahas sumber pangan yang mengandung vitamin B12 sebaiknya kamu tahu apa manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Vitamin B12 di dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan membantu terbentuknya sel darah merah. Kekurangan darah merah bisa membuat kamu terkena anemia dan tidak jarang menyebabkan mata berkunang-kunang, badan lemas bahkan sampai jatuh pingsan. Apalagi sistem saraf yang kurang sehat pastinya akan mendatangkan masalah di kemudian hari dan cukup berbahaya.

Oleh sebab itu cukupi kebutuhan vitamin B12 tubuh kamu sejak dini agar terhindar dari kondisi yang berbahaya. Seperti juga kerabat vitamin B lainnya sumber makanan yang mengandung vitamin B12 juga cukup mudah didapatkan. Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan berikut ini sebagai sumber vitamin B12.

1. Makanan Hasil Laut (Seafood)


Beragam jenis ikan dan hewan laut lainnya merupakan sumber vitamin B12 yang cukup tinggi. Sebut saja ikan salmon, ikan tuna dan ikan sarden semuanya adalah sumber vitamin B12 yang sangat baik. Selain ikan kamu juga bisa mengonsumsi hasil laut lainnya seperti kepiting, kerang dan juga tiram. Agar lebih semangat mengonsumsinya kamu bisa mengolah berbagai seafood tersebut menjadi masakan yang lezat. banner consideration shipping bg blue

2. Susu


Susu yang dikenal sebagai sumber kalsium dan vitamin D ternyata juga mengandung banyak vitamin B12. Sebaiknya kamu memilih susu yang rendah lemak dimana dalam setiap 1 gelasnya mengandung sekitar 1 mikrogram vitamin B12. Kalau tidak begitu suka minum susu langsung kamu bisa mengolahnya menjadi smoothie ataupun menambahkannya dengan bahan lainnya seperti jahe, buah dan lainnya. Selain mencukupi kebutuhan vitamin B12, vitamin D dan kalsium rutin minum susu juga akan menghindarkan wanita dari gangguan ovulasi sehingga haid lebih teratur.

3. Yogurt


Solusi kalau kamu alergi atau tidak suka minum susu adalah dengan mengonsumsi yogurt. Sebagai produk olahan susu maka yogurt juga mengandung vitamin B12. Dalam 225 gram yogurt mengandung 1 mikrogram vitamin B12. Selain itu yogurt juga merupakan sumber prebiotik yang menjaga organ dan sistem pencernaan kamu. Yogurt juga baik untuk mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes. Yogurt yang paling bagus adalah yang tanpa perasa atau plain.banner consideration promotion bg blue

4. Telur


Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa hampir semuanya suka makan telur. Nah, ini adalah sebuah keuntungan karena telur mengandung juga vitamin B12 selain nutrisi lainnya. Makan 1 butir telur rebus membantu tubuh mendapatkan sekitar 0,5 mikrogram vitamin B12. Hanya saja kalau kamu termasuk yang memiliki masalah kolesterol tinggi atau sering alergi sebaiknya memang membatasi konsumsi telur. Atau kamu bisa mengonsumsi bagian putihnya saja.

5. Daging Ayam


Selain telur bahan pangan lainnya yang cukup akrab dengan kehidupan masyarakat adalah daging ayam. Berbagai olahan daging ayam mulai dari digoreng hingga dimasak menjadi lauk lainnya sangat digemari oleh anak-anak dan orang dewasa. Kalau kamu mengonsumsi daging ayam sebanyak 85 gram maka sudah mendapatkan asupan vitamin B12 sebesar 0,3 mikrogram. Selain itu konsumsi daging ayam memenuhi kebutuhan protein yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B12. Nah, kamu bisa memilih mana sumber makanan yang mengandung vitamin B12 yang paling disukai. Terpenuhinya asupan vitamin B12 membantu sistem saraf yang sangat penting bagi tubuh tetap sehat. Jadi, jangan sampai mengabaikan konsumsi berbagai makanan ini ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.