Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Air Rebusan Pare yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat air rebusan pare yang penting untuk tubuh.

Pare adalah salah satu jenis makanan yang kurang diminati orang. Rasanya yang pahit menjadikan pare makanan yang tidak menarik. Padahal manfaat air rebusan pare sangat bermanfaat untuk tubuh. Pare mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian pada tubuh seseorang. Selain itu ada banyak juga air di dalam pare.


Untuk bisa mendapatkan manfaat air rebusan pare, caranya adalah dengan memasaknya selama 10 menit di atas api sedang. Jika sudah 10 menit saring air rebusan lalu masukkan air saringan tersebut pada cangkir atau teko dan bisa kamu minum. Inilah berbagai manfaat air rebusan pare yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya:

1. Membantu Pengaturan Gula Darah


Pare adalah salah satu makanan alami yang bisa membantu mengatur atau menormalkan kadar gula dalam darah. Banyak penderita diabetes yang memanfaatkan pare sebagai penurun kadar gula darah yang naik. Jika tidak bisa memakan daging pare, kamu bisa memanfaatkan air rebusannya. Khasiatnya sama saja dalam menurunkan gula darah.

2. Membantu Mengurangi Kolesterol dalam Darah


Selain bagus untuk menurunkan dan menormalkan kadar gula dalam darah, air rebusan pare juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pare memiliki sifat anti inflamasi sehingga baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


Tak heran jika pare juga sering digunakan para penderita kolesterol tinggi sebagai salah satu terapi alami. Meminum air rebusan pare akan mendapatkan banyak kandungan yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

3. Menjaga Sistem Pencernaan dan Organ Hati


Pare juga baik untuk menjaga sistem pencernaan. Usus bisa terjaga dengan baik karena pare membantu proses pengeluaran racun atau kotoran pada sistem pencernaan. Selain itu organ hati juga juga bisa bekerja lebih optimal, air pare bisa mengeluarkan dan membersihkan organ hati dari racun hingga bersih.


Organ hati adalah salah satu organ yang berfungsi menyerap racun yang masuk ke dalam tubuh. Itulah kenapa perlu makanan yang bisa membantu hati untuk mengeluarkan racun yang selama ini diserap. Jika organ hati bersih maka kinerja organ akan tetap optimal dan tubuh senantiasa sehat.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pare memiliki vitamin C yang cukup banyak. Vitamin tersebut merupakan salah satu jenis vitamin yang bisa membantu tubuh meningkatkan sistem imun. Tanpa adanya vitamin C sistem imun tidak bisa bekerja secara baik dan maksimal. Jika kebutuhan vitamin C harian bisa terpenuhi maka kekebalan tubuh secara otomatis terbentuk dengan baik.

5. Meningkatkan Kesehatan Penglihatan


Pare tidak hanya kaya akan vitamin C. Namun juga ada banyak vitamin A di dalamnya. Tentu saja itu membuat pare bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Jika rutin meminum air rebusan pare maka mata akan tercukupi kebutuhan beta karotennya. Mata akan lebih sehat dan terhindar dari beragam masalah yang bisa terjadi seperti mata minus.


Jika ingin mendapatkan manfaat pare namun tidak sanggup untuk memakannya, meminum air rebusan pare bisa menjadi salah satu solusi. Untuk yang tidak memiliki diabetes, bisa mencoba untuk rutin minum air pare agar bisa menjaga kesehatan organ hati dan sistem pencernaan.


Itu dia sedikit ulasan tentang manfaat air rebusan pare. Agar tidak terlalu pahit, campurkan satu sendok makan madu murni saat akan meminum air rebusan pare tersebut. Selain mengurangi rasa pahit pada pare, madu juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu, kombinasinya bisa menambah manfaat rebusan pare secara keseluruhan. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.