Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Air Tape yang Jarang Diketahui!

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat air tape yang penting untuk tubuh.

Air tape ketan dapat dihasilkan setelah melewati proses fermentasi beras ketan. Di mana beras ketan hitam dan ketan merah difermentasikan layaknya proses pembuatan tape uli. Proses fermentasi sendiri dilakukan selama dua hari, tape ketan akan menghasilkan cairan yang berupa air tape. Namun, apakan kamu sudah mengetahui manfaat air tape ini?


Memang tak banyak yang mengetahui manfaat air tape. Karena biasanya air tape sendiri dimanfaatkan untuk campuran bumbu masakan saja agar rasanya pun semakin lezat. Adapun nutrisi yang terdapat di dalam air tape ini seperti kalori, protein, energi, serat, vitamin E, asam folat, zat besi, dan lainnya. Berikut manfaat air tape yang tidak banyak diketahui orang, antara lain:

1. Menurunkan Kolesterol Darah


Di dalam tape terdapat kandungan asam organik. Asam organik ini akan membantu tubuh dalam memecahkan timbunan kolesterol dan juga lemak. Sehingga sangat baik sekali untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kamu.


Tidak hanya itu saja, kolesterol yang tidak menumpuk tentunya akan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kemudian lemak sendiri akan diubah menjadi energi sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Tentunya ini akan berperan dalam mengurangi timbulnya risiko komplikasi berbahaya lainnya, misalkan seperti stroke dan penyakit kronis lainnya.

2. Mengobati Penyakit Anemia


Tentunya manfaat air tape kedua ini masih berkaitan dengan darah, di mana sebagai obat untuk penyakit anemia. Anemia terjadi ketika produksi sel darah merah di dalam tubuh terlalu rendah.


Adapun kandungan mikroorganisme yang diketahui bisa meningkatkan produksi untuk vitamin B12 di dalam tubuh salah satunya terdapat di dalam ragi tape ini. Vitamin B12 dan kalsium diketahui memiliki peran penting untuk memproduksi sel darah merah sehingga penyakit anemia ini pun bisa cepat diobati.

3. Mencegah Kanker Usus


Diketahui bahwa tape bisa meningkatkan produksi dari asam laktat dan probiotik. Sementara zat ini sangat berperan dalam menjaga sistem pencernaan kamu dari berbagai bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.


Bakteri baik ini juga akan mencegah terjadinya kanker usus. Oleh karena itu, jangan khawatir lagi jika kamu takut air tape akan mengganggu sistem pencernaan. Meskipun demikian, penelitian terkait hal ini masih diperlukan lebih jauh.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan


Ini sama halnya dengan yoghurt yang juga merupakan hasil fermentasi. Tape pun memiliki manfaat yang sama terutama untuk melancarkan sistem pencernaan kamu. Sebab didalamnya terdapat kandungan nutrisi yang menjadi faktor penting untuk kelancaran sistem pencernaan. Hal ini terutama berhubungan dengan fungsi kerja usus serta mencegah timbulnya kanker usus besar.

5. Mengobati Penyakit Ambeien


Meskipun diluar sana banyak obat yang bisa mengobati penyakit ambeien, namun tentunya tidak sedikit juga orang yang masih meyakini penyembuhan penyakit lewat pengobatan tradisional, termasuk air tape.


Meskipun hingga saat ini manfaatnya secara klinis belum diketahui pasti. Namun air tape dipercaya oleh beberapa masyarakat bisa mengatasi wasir ini, baik wasir ringan maupun wasir berdarah.


Itulah 5 manfaat air tape untuk kesehatan tubuh kamu. Sebaiknya sebelum meminum air tape untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kamu alami, konsultasikan dulu dengan dokter, ya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.