Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Apel yang Belum Kamu Sadari Selama Ini

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Rutin konsumsi apel untuk mendapatkan manfaat apel.
Apel menjadi salah satu buah favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Manfaat apel juga dikenal sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain dikonsumsi secara langsung, apel juga bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan yang lain, seperti jus apel, selai apel, keripik apel, kue apel, dan masih banyak lagi. Berbagai makanan dan minuman dari olahan apel ini biasanya cocok untuk segala suasana. Inilah berbagai manfaat dari buah apel yang sayang untuk dilewatkan:
banner consideration shipping bg blue

1. Menjaga Kesehatan Otak



Manfaat apel yang pertama adalah untuk kesehatan organ tubuh kita yang vital, yaitu otak. Quercetin dan flavonoid yang terkandung dalam apel dipercaya dapat membantu mengurangi kematian sel yang terjadi akibat proses penuaan. Tingginya antioksidan pada kulit apel juga mampu membantu fungsi memori dan memelihara kesehatan otak.

Satu penelitian besar yang telah dipresentasikan di sebuah konferensi Alzheimer menunjukkan hasil, bahwa diet vegan atau konsumsi produk nabati bisa membantu mencegah demensia. Hasil penelitian lain juga menunjukkan, bahwa rajin makan buah-buahan dan sayuran bisa menurunkan risiko demensia hingga 30-35%. Meskipun begitu, para ahli berpendapat manfaat buah apel ini masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit



Manfaat buah apel untuk meningkatkan kesehatan kulit yang jarang orang sadari. Manfaat ini sangat penting, apalagi kulit merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penampilan terutama bagi seorang wanita. Manfaat apel ini akan kamu dapatkan apabila mengkonsumsinya secara rutin. Sedangkan khasiat buah apel lainnya juga bermanfaat untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Ini akan menunjang penampilan kulit sehingga tidak saja terpancar dari dalam, tetapi juga terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi bersih dan sehat.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung



Konsumsi buah apel secara rutin satu atau dua buah per hari akan mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Buah apel bekerja dengan mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding pembuluh darah arteri. Ini karena adanya kandungan serat larut dalam lemak, seperti pektin, fitonutrien (nutrisi nabati), dan antioksidan yang mampu mencegah kolesterol menumpuk di lapisan dinding pembuluh darah.
banner consideration promotion bg blue

4. Melancarkan Buang Air Besar



Apel memiliki kaya serat larut dan tidak larut yang akan membantu melancarkan buang air besar. Guna mendapatkan manfaat apel ini, kamu dianjurkan mengonsumsi buah apel dengan kulitnya karena kulit apel mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, manfaat ini juga ada karena kandungan pektin pada apel yang dapat memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam saluran pencernaan sehingga dapat membantu memelihara kelancaran fungsi pencernaan tubuh.

5. Menurunkan Risiko Kanker



Dari hasil penelitian yang telah dilakukan  mengungkapkan, manfaat apel bagi kesehatan tubuh adalah bisa menurunkan risiko kanker kolorektal, kerongkongan, paru-paru, mulut, dan payudara. Manfaat apel sebagai pencegah kanker ini bisa diperoleh  karena kandungan antioksidannya dan dapat membantu mengurangi peradangan. Meski demikian, manfaat buah apel sebagai pencegah kanker masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

6. Mengobati Asma



Jika kamu rutin konsumsi buah apel, akan mampu mengobati penyakit saluran pernapasan yaitu penyakit asma. Manfaat ini didapatkan karena berhubungan dengan adanya kandungan quercetin yang tinggi di dalam apel. Kandungan quercetin sendiri bisa menjadi anti-histamin dan antioksidan untuk mengurangi penyakit asma.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat apel yang mungkin belum kamu sadari selama ini, meskipun kamu sering  mengkonsumsi buah merah ini. Semoga dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa lebih sering mengkonsumsi apel untuk kesehatan kamu ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.