Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Baik Air Rebusan Ketumbar untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat air rebusan ketumbar.

Ketumbar menjadi salah satu bumbu yang sering kali digunakan untuk mengolah masakan. Berbentuk bulatan kecil, ketumbar adalah salah satu tanaman herbal yang kaya akan nutrisi.  Oleh karena itu, ketumbar tak hanya bisa dimanfaatkan untuk bumbu makanan saja, tapi dapat diolah menjadi jamu herbal, bahkan air rebusannya dipercaya berkhasiat. Berbagai manfaat air rebusan ketumbar ini tidak bisa dilepaskan dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.


Kandungan nutrisi tersebut meliputi kalsium, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, folat, serta vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, ketumbar juga kaya akan senyawa antioksidan, seperti tokoferol, karotenoid, flavonoid, tanin, antosianin, lutein, zeaxanthin, juga quercetin. Berikut manfaat yang bisa kamu dapat dari air rebusan ketumbar, diantaranya adalah:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan


Manfaat air rebusan ketumbar yang pertama dan sudah dikenal luas di masyarakat adalah mampu mengatasi masalah pencernaan. Sudah sejak lama air rebusan ketumbar digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan layaknya mual, diare juga perut kembung. Hal tersebut karena kandungan serat yang ada di dalamnya mampu meningkatkan fungsi serta kinerja sistem pencernaan kamu. Selain itu, pada ketumbar memiliki senyawa antioksidan, antibakteri serta anti-radang, sehingga dapat bantu mengatasi gangguan pada pencernaan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah


Manfaat lain dari air rebusan ketumbar adalah dapat meningkatkan kinerja dan produksi  dari hormon insulin yang menyebabkan gula darah dapat terkontrol. Dengan begitu, mengonsumsi jamu herbal atau rebusan ketumbar dipercaya mampu mencegah penyakit diabetes.


Walaupun air rebusan ketumbar dapat membantu, tapi kamu juga harus tetap disiplin dalam menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Seperti rutin berolahraga, memperhatikan asupan makanan serta menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol. Dengan begitu, pencegahan terhadap penyakit diabetes bisa menjadi lebih optimal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung


Baik ketumbar yang dikonsumsi langsung ataupun melalui air rebusannya, dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Sebab, manfaatnya mampu mengontrol tekanan darah juga menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh.

4. Melawan Radikal Bebas


Seperti yang kamu ketahui, bahwa ketumbar ini kaya akan senyawa antioksidan, di mana senyawa tersebut mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Hal ini juga memiliki peranan penting dalam mengurangi peradangan serta menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti kanker dan diabetes.

5. Melawan Infeksi


Tak hanya dapat bantu melawan radikal bebas saja, manfaat air rebusan ketumbar lainnya dikenal mampu membantu tubuh dalam melawan infeksi, karena senyawa yang bersifat antibakteri atau antimikroba. Diantaranya dodecanol yang dikenal mampu melawan bakteri penyebab keracunan makanan atau diare, seperti halnya E.coli dan Salmonella. Bahkan air rebusan ketumbar juga dipercaya mampu bantu melawan bakteri yang menjadi penyebab infeksi saluran kemih (ISK).


Demikian informasi penting mengenai beragam manfaat rebusan air ketumbar yang harus kamu tahu. Perlu kamu ingat juga bahwa efektivitasnya masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Oleh karena itu, penting juga bagi kamu untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Untuk kesehatan dan imun yang tetap terjaga,  jangan lupa selalu menjaga kesehatan diri, lingkungan juga makanan yang kamu konsumsi. Perhatikan kebersihan, bahan serta keamanan pengolahannya. Dengan begitu, kesehatan dan kebugaran tubuh kamu bisa tetap optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.