Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Baik Semangka Kuning untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan beberapa manfaat semangka kuning.

Pastinya kamu sudah tahu bahwa buah semangka punya kandungan air yang begitu tinggi, sehingga sangat segar ketika dimakan. Nah, selain itu ada beberapa jenis semangka yang cukup popular, salah satunya yaitu semangka kuning. Namun, tahukah kamu kalau manfaat semangka kuning sangat baik untuk kesehatan tubuh?


Hal ini dikarenakan semangka kuning memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih tinggi daripada semangka merah. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang juga menyukai semangka kuning ini. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai manfaat semangka kuning bagi kesehatan tubuh kamu, antara lain:

1. Mengontrol Tekanan Darah


Manfaat adalah sebagai pengontrol tekanan darah. Apabila tekanan darah kamu tinggi, harusnya segera diatas sebab bisa meningkatkan timbulnya penyakit komplikasi seperti penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, dan komplikasi lainnya.


Oleh sebab itu, kamu jangan ragu lagi untuk mengimbangi kebutuhan nutrisi kamu bersama buah semangka kuning.

2. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut


Tentunya untuk kamu yang kerap punya masalah dengan rongga mulut, maka buah semangka kuning adalah pilihan yang sangat tepat. Kamu bisa dapatkan manfaat tersebut dengan cara mengonsumsinya secara rutin setiap hari.


Tentunya manfaat ini juga tidak lepas dari kandungan vitamin C yang dimiliki oleh buah semangka kuning. Sifat anti bakteri yang dimilikinya akan mengatasi bakteri yang terdapat di dalam rongga mulut, sehingga resiko timbulnya radang gusi serta infeksi dapat segera dicegah.

3. Mencegah Dehidrasi


Kandungan air yang tinggi pada buah semangka kuning tentu akan mencegah tubuh kamu dari dehidrasi. Sebab kebutuhan cairan dan mineral sudah bisa terpenuhi dengan baik, apalagi saat kamu sedang beraktivitas padat. Selain minum air putih, maka semangka kuning juga bisa jadi pilihan. Dengan ini, maka tubuh tidak akan kekeringan dan kekurangan cairan ataupun mineral.

4. Mencegah Sembelit


Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi saja, semangka kuning juga bisa mencegah timbulnya sembelit. Sembelit ini umumnya disebabkan karena pola makan seseorang yang cenderung tidak teratur dan kekurangan serat. Oleh sebab itu, untuk mengatasi hal tersebut maka bisa dengan mencukupi kebutuhan serat harian kamu bersama semangka kuning. Selain itu, dengan adanya kandungan air yang tinggi juga akan membantu kamu dalam melancarkan sistem pencernaan.

5. Mengatasi Nyeri Otot


Apakah kamu termasuk orang yang sering mengalami masalah nyeri otot? Biasanya kondisi seperti ini cenderung akan ditemukan saat kamu selesai olahraga. Untuk itu, kamu bisa atasi rasa nyeri otot tersebut dengan buah semangka kuning ini.


Setidaknya kamu harus mengonsumsi buah semangka kuning ini kurang lebih 450 g di setiap harinya. Karena orang yang akan mengonsumsi semangka kuning secara rutin dan sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan, maka cenderung lebih kebal terhadap resiko nyeri otot. Kemudian denyut nadinya pun juga akan lebih stabil.


Demikianlah penjelasan mengenai manfaat semangka kuning bagi kesehatan tubuh kamu. Tidak hanya kelima manfaat di atas saja, masih banyak lagi manfaat semangka ini yang bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh kamu.


Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk konsumsi semangka kuning ini. Namun, hal yang perlu diingat adalah pastikan kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan jangan berlebihan. Dengan begitu manfaat semangka kuning tetap bisa kamu dapatkan dengan maksimal dan tanpa efek samping.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.