Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Batang Pisang yang Baik untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat batang pisang yang bisa diterapkan setiap hari.

Tak hanya buah pisang yang bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Batang pisang pun juga memiliki manfaat penting, namun tidak banyak yang mengetahuinya. Kandungan dari batang pisang yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh antara lain mengandung dopamin, norepinefrin, serotonin, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan tanin.


Kamu bisa mendapatkan beragam manfaatnya dengan dua cara penggunaan yaitu melalui dalam dan luar. Untuk pemakaian dalam, dengan meminum sari dari batang pisang atau bisa dibuat dalam bentuk yang lebih menarik, salah satunya jus. Sedangkan untuk pemakaian luar bisa dengan mengoleskan air batang pisang atau sering dikenal sebagai debog. Inilah berbagai manfaat batang pisang selengkapnya:

1. Batu Ginjal


Manfaat batang pisang yang pertama adalah untuk batu ginjal. Sifat diuretic dari batang pisang ini bisa meluruhkan seluruh endapan kalsium yang ada dalam ginjal atau kondisi ini juga sering disebut sebagai batu ginjal. Pada penderita batu ginjal akan merasakan nyeri hebat di pinggang bawah dan sekitarnya.


Pada kasus yang lebih komplit bahkan batu ginjal bisa menyebabkan kematian. Sebab itu, batang pisang dinilai bisa menjadi salah satu alternatif yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Sehingga batu ginjal bisa dikeluarkan bersamaan dengan air seni.

2. Infeksi Saluran Kemih


Penyebab infeksi ini adalah karena sering menahan kencing. Memang kondisinya kadang juga tidak memungkinkan untuk buang air kecil seperti saat bepergian jauh atau sedang dalam agenda penting. Namun, jika ini terus dilakukan bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.


Kandung kemih yang penuh lama kelamaan bisa memberikan nyeri yang hebat untuk penderitanya. Batang pisang sudah digunakan secara alami sejak lama untuk mengobat penyakit ini yaitu dengan cara membuat jus batang pisang. Minumlah jus ini dua kali sehari agar hasil lebih baik.

3. Diet


Kandungan karbohidrat pada batang pisang bisa dijadikan sebagai cadangan energi dalam tubuh. Hal ini tentu sangat cocok untuk kamu yang ingin menjalani diet sehat. Dengan jus batang pisang, maka tubuh bisa merasakan kenyang lebih lama. Jus batang pisang cukup diminum dua kali seminggu. Tetapi jangan lupa ditambah dengan olahraga yang rutin karena pasti sangat membantu keberhasilan diet yang dilakukan.

4. Diare


Diare sering dianggap sebagai penyakit sepele. Namun sebenarnya, mengalami diare bisa membuat penderitanya lelah luar biasa karena harus bolak-balik kamar mandi. Diare bisa disebabkan oleh virus yang ada pada makanan.


Kehilangan cairan tubuh bisa menjadi resiko utama yang diderita oleh orang diare. Untuk pertolongan pertama, kamu bisa mengonsumsi obat diare lalu sebagai tambahannya bisa minum jus batang pisang.

5. Diabetes


Ketidakseimbangan kerja hormon insulin bisa menyebabkan masalah pada tubuh yang berujung pada penyakit Diabetes Melitus. Selain faktor genetika, pola hidup yang tidak teratur menjadi penyebab terjadinya diabetes.


Untuk mengatasi terjadinya lonjakan gula darah dalam tubuh, sebaiknya kamu mengonsumsi jus batang pisang. Batang pisang mampu memberikan indeks glikemik rendah untuk tubuh sehingga keseimbangan gula darah dalam tubuh akan tetap terjaga dengan baik.


Demikianlah 5 manfaat batang pisang untuk kesehatan tubuh. Jika kamu menderita salah satu penyakit di atas, maka batang pisang bisa menjadi salah satu alternatif yang akan mengembalikan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.