5 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Alami

Bengkoang yang memiliki nama latin Pachyrhizus spp kerap kali dijadikan sebagai campuran rujak. Citarasa bengkoang yang manis dan segar membuat buah yang satu ini menjadi buah kegemaran masyarakat di tengah musim panas tiba. Selain kaya akan karbohidrat, bengkoang juga mengandung berbagai vitamin lain yang dibutuhkan tubuh. Apa saja manfaat bengkoang untuk kesehatan dan kecantikan?

banner consideration shipping bg blue

1. Melancarkan Pencernaan

Bengkuang merupakan buah yang terkenal kaya akan kandungan seratnya. Sehingga dalam hal ini, manfaat bengkoang membuat tinja lebih lunak dan mudah bergerak melalui saluran pencernaan, sehingga melancarkan proses pencernaan.
Selain kandungan serat, nutrisi lain yang terdapat di dalam bengkoang yang juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan adalah air dan inulin. Berdasarkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa, kandungan inulin pada bengkoang mampu meningkatkan frekuensi buang air besar hingga 31% saat Anda mengalami sembelit.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat bengkoang selanjutnya adalah untuk penyakit kanker. Berdasarkan sebuah penelitian, paparan radikal bebas dalam jumlah besar yang masuk ke dalam tubuh mampu meningkatkan risiko tubuh mengalami kondisi kesehatan serius, seperti diabetes dan kanker.
Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam bengkoang seperti vitamin C berperan penting dalam menangkal radikal bebas, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat Anda tidak mudah sakit.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Mungkin bagi sebagian orang baru mendengar jika bengkoang yang populer memutihkan wajah ternyata juga bisa meningkatkan fungsi otak. Hal ini karena bengkoang mengandung vitamin B6 yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Tidak hanya itu, vitamin B6 juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan mengubah protein menjadi energi.

banner consideration promotion bg blue

Untuk itu, tidak ada salahnya jika seseorang mengonsumsi bengkoang jika merasa lapar atau sedang tidak konsentrasi dalam bekerja karena tubuh kekurangan energi. Dengan bengkoang, tubuh akan mendapatkan energi yang cukup sehingga kembali semangat lagi dalam beraktivitas. Selain itu, kandungan serat maupun karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam bengkoang bengkoang juga baik untuk menjaga kelancaran aliran darah pada otak.

4. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat dari buah bengkoang selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah kandungannya akan antioksidan yang sangat kaya. Bengkoang terkenal buah yang mengandung antioksidan tinggi. Berbagai kandungan vitamin yang ada di dalamnya, seperti vitamin E, vitamin C, selenium, dan beta-karoten dalam bengkuang membantu tubuh menangkal radikal bebas dan stres oksidatif.
Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam bengkoang juga menjadikan buah ini baik untuk kesehatan kulit wajah. Vitamin C akan membantu kulit memproduksi kolagen sehingga membuat tampak lebih cerah dan putih.

5. Memperhalus Kulit

Manfaat bengkoang dalam kecantikan yang terakhir adalah khasiatnya untuk memperhalus kulit. Selain membuat cerah, nyatanya vitamin C dan vitamin A yang ada di dalamnya membuat kulit lebih kenyal dan juga halus. Itulah mengapa bengkoang menjadi bahan utama dalam produk-produk kecantikan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai manfaat bengkoang yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tubuh kamu. Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika bengkoang sangat populer untuk digunakan pada produk kecantikan dan perawatan untuk kulit. 
Banyak sekali produk-produk kecantikan maupun kesehatan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya. Meskipun demikian, kamu harus selektif memilih produk yang aman bagi kulit dan kesehatan tubuhmu. Jangan sampai produk yang seharusnya merawat dan meremajakan kulit justru merusak kulitmu.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami