5 Manfaat Blueberry untuk Kulit yang Belum Banyak Diketahui

31 Aug 2020 @ 23:23:04
Biasanya, kita menemukan buah blueberry sebagai topping yogurt, cake, atau es krim. Rasanya yang manis dan warnanya yang cantik membuat blueberry sangat menarik perhatian. Selain itu, blueberry juga memiliki kandungan gizi yang baik. Bagi kamu yang sedang menjalani diet, mengonsumsi blueberry ternyata sangat bagus, lho.

Mengejutkannya lagi, blueberry disebut-sebut bisa membuat kulit tampak awet muda. Akhirnya banyak orang yang penasaran dengan khasiat sebenarnya dari buah mungil ini. Berikut adalah beberapa manfaat blueberry untuk kesehatan kulit, sebagaimana dilansir dari Healthline.

Selamat tinggal, penuaan dini!

Antioksidan banyak terkandung dalam blueberry. Adapun antioksidan berguna untuk menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel. Terdapat senyawa anthocyanin dalam blueberry yang memiliki sifat antioksidan yang kuat serta memberi warna biru keunguan pada buah ini. 

Jika kamu sering terpapar sinar UV dari matahari, asap rokok, dan polusi, maka produksi radikal bebas di kulitmu akan semakin meningkat. Jumlah radikal bebas yang lebih banyak dari antioksidan akan membuat sel kulit melemah dan tanda-tanda penuaan dini pun mulai muncul. Nah, dengan mengonsumsi blueberry, kamu bisa mengembalikan sel-sel kulit yang sehat dengan tambahan antioksidan.

Memberi nutrisi untuk kulit

Blueberry disebut-sebut sebagai buah yang baik untuk kesehatan jantung serta mengatur sirkulasi menjadi lebih baik sehingga kesehatan kulit pun terjaga. Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel. Kulitmu yang sering terpapar sinar UV, polusi, dan asap rokok butuh oksigen dan nutrisi untuk memperbaikinya.

Konsumsi blueberry sebanyak satu cangkir atau sekitar 148 gram per hari agar kemampuan tubuhmu untuk mengirim nutrisi dan oksigen ke kulit semakin baik. Pergantian sel yang cepat dan efesien akan membuat kulitmu sehat dan tampak awet muda.

Meningkatkan kolagen

Blueberry menngandung senyawa anthocyanin yang mendukung sintesis kolagen. Beberapa studi menyebut anthocyanin dari blueberry mampu mengurangi kerusakan kolagen dan meningkatkan produsen kolagen. Tak hanya itu, satu cangkir blueberry atau sekitar 148 gram mengandung vitamin C yang cukup untuk produksi kolagen.

Meski terdapat buah lain yang mengandung vitamin C lebih tinggi, kamu tetap bisa mengonsumsi blueberry sebagai buah tambahan. Kulitpun akan terasa lebih kenyal dan sehat dengan kolagen yang dihasilkannya.

Mengurangi peradangan jerawat

Blueberry merupakan sumber serat yang baik sekaligus sumber karbohidrat rendah glikemik. Kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan jerawat. Meski  belum ada studi yang meneliti langsung kaitan antara kandungan blueberry dengan jerawat, antioksidan tinggi dan serat dalam blueberry dipercaya mampu mengurangi pembengkakan akibat jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi blueberry secara langsung. Ingat, jangan mengoleskan blueberry pada kulit! Khawatirnya, jerawat akan semakin parah dan peradangan pun tidak segera sembuh.

Mempercepat penyembuhan luka

Jika kamu memiliki luka pada kulit, ternyata blueberry bisa membantu mempercepat penyembuuhannya. Blueberry memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka. Selain itu, tingginya antioksidan pada blueberry akan menangkal radikal  bebas ketika kulitmu mengalami kerusakan.

Sama seperti penanganan jerawat, jangan mengoleskan blueberry secara langsung pada luka yang terbuka! Bukannya mempercepat kesembuhan, lukamu bisa semakin buruk karena adanya infeksi bakteri.

Itulah beberapa manfaat baik dari blueberry untuk kesehatan kulit. Mulai dari menangkal radikal bebas hingga mempercepat penyembuhan luka. Jika biasanya blueberry banyak digunakan sebagai campuran kue, cobalah mengonsumsi buah cantik ini secara langsung untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal.

Artikel Terkait

Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020