Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Buah Jambu Mete yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat buah jambu mete yang penting untuk tubuh.

Tahukah kamu, ternyata tidak banyak orang yang mengetahui manfaat jambu mete bagi kesehatan, lho. Pasalnya, dari buah tersebut justru yang terkenal adalah bijinya, yaitu kacang mete. Biji unik yang berada di luar buahnya ini sering menjadi camilan nikmat dan harganya pun cukup mahal. Namun sayang jika hanya makan bijinya saja, sebab manfaat buah jambu mete untuk kesehatan tubuh cukup banyak, lho. Inilah beberapa manfaat tersebut:

1. Baik untuk Daya Tahan Tubuh


Buah yang juga memiliki nama sebagai jambu monyet ini memiliki banyak kandungan vitamin C. Membuatnya sangat baik dalam membantu menjaga daya tahan tubuh. Seseorang yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah cukup akan memiliki perlindungan alami terhadap beberapa penyakit, termasuk flu.

2. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Tulang


Manfaat lain dari buah yang memiliki bentuk mirip jambu air ini adalah memperkuat tulang, otot, dan gigi. Tentu saja hal ini karena adanya kandungan kalsium yang cukup banyak. Selain kalsium, buah ini juga memiliki kandungan fosfor dan magnesium yang menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

3. Menjaga Kesehatan Otak


Pernah mendengar kandungan zat tanin? Umumnya, zat ini banyak terdapat pada teh atau kopi. Namun ternyata, jambu mete juga memiliki banyak kandungan tanin. Ini artinya, buah tersebut juga baik dalam menjaga kesehatan otak. Menurut penelitian, zat tanin sangat bermanfaat untuk meredakan terjadinya peradangan dan membantu melindungi otak dari kerusakan.

4. Antioksidan yang Baik dalam Melindungi Tubuh


Polusi udara, sinar UV, dan radikal bebas bisa membuat tubuh rentan mengalami kerusakan sel. Salah satu penangkal dari kerusakan tersebut adalah antioksidan. Beberapa jenis antioksidan adalah vitamin E dan K yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.


Ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan kedua vitamin tersebut. Salah satunya adalah jambu mete. Buah yang masih satu kelompok dengan mangga ini ternyata memiliki banyak kandungan antioksidan berupa vitamin E dan K. Jadi, mengonsumsi buah ini dapat membantu melindungi tubuh dari dampak buruk polusi.

5. Mencegah Timbulnya Sel Abnormal Berupa Kanker


Penyakit kanker merupakan sesuatu yang menakutkan untuk banyak orang. Berkembangnya sel secara abnormal ini dapat menekan, mencuri nutrisi, dan merusak sel yang sehat. Semakin besar ukurannya, dampak buruknya juga meningkat. Efeknya semakin mengganggu ketika sel abnormal tersebut menjalar ke organ lainnya. Apabila mencapai organ vital, tentu membahayakan nyawa.


Berdasarkan penelitian, ada buah jambu mete ini yang memiliki banyak kandungan flavonoid dan antioksidan sebagai penangkal sel kanker. Tidak hanya itu saja, kandungan copper di dalamnya juga efektif dalam memerangi tumor dan mencegahnya berkembang menjadi kanker. Ketika sel abnormal mati, maka regenerasi yang sehat pun jadi meningkat.


Perlu diketahui, bahwa jambu mete memang belum menjadi jenis buah yang umum dikonsumsi banyak orang. Namun, jika melihat kandungannya, rasanya sayang melewatkan manfaatnya. Beberapa manfaat lain dari buah ini adalah membantu menurunkan berat badan, mencegah anemia, dan menjaga kesehatan jantung.


Bagaimana, tak ragu lagi mengonsumsi jambu mete, kan? Jangan hanya mengonsumsi bijinya atau kacang mete saja. Buahnya pun enak dan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.