5 Manfaat Buah Nanas untuk Kecantikan dan Efek Sampingnya

15 Sep 2020 @ 11:01:10
Buah dengan nama latin Ananas comosus atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan buah nanas merupakan tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia. Buah dengan bentuk unik berwarna hijau kekuningan ini menawarkan cita rasa segar dan pas dijadikan pelengkap sup buah maupun es campur. Di balik semua itu, tahukah jika nanas menawarkan manfaat untuk kecantikan. Apa saja manfaat buah nanas untuk kecantikan yang wajib kamu tahu?

1. Membentuk Kolagen



Manfaat pertama nanas dalam bidang kecantikan adalah kandungan vitamin C nya yang tinggi sehingga berperan dalam pembentukan kolagen. Kolagen sendiri adalah suatu protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, maupun tulang yang berfungsi membentuk warna kulit.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin  C yang terdapat di dalam nanas juga dapat menyembuhkan luka pada tubuh dengan cepat. Jadi, tidak ada salahnya mengkonsumsi buah nanas agar tubuh bisa menghadapi infeksi dari berbagai virus yang masuk.

2. Mengatasi Jerawat



Mungkin bagi sebagian orang masih awam dengan manfaat nanas yang satu ini. Buah yang terkenal kaya akan vitamin C ini juga dapat mengatasi kulit yang memiliki masalah berjerawat. Hal ini dikarenakan nanas mengandung vitamin C yang tinggi sehingga mampu menyingkirkan jerawat yang membandel

Tidak hanya kandungan vitamin C dalam nanas yang bisa mengusir jerawat membandel. Nyatanya, enzim bromelain yang ada di dalamnya juga mampu mempercepat penyembuhan pada kulit berjerawat. Meskipun begitu, jangan serta merta kamu menggunakan nanas sebagai bahan satu-satunya yang dapat mengatasi jerawat. Pasalnya, jenis kulit tiap orang berbeda.

3. Membuat Wajah Glowing


Manfaat nanas selanjutnya adalah mampu membuat kulit wajah tampak menjadi lebih bersih alias glowing. Hal ini karena vitamin C yang berperan di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, di dalam industri kecantikan sendiri vitamin C menjadi salah satu bahan utama yang digunakan.

Untuk mendapatkan manfaat dari nanas yang satu ini, caranya cukup mudah. Kamu tinggal potong-potong nanas menjadi beberapa irisan lalu letakkan di wajah sebagai masker. Kandungan berbagai vitamin maupun enzim yang ada di dalam nanas, mampu mengangkat sel kulit mati dan melancarkan aliran darah, sehingga membuat kulit tampak lebih glowing.

4. Mengatasi Penuaan Dini



Manfaat nanas selanjutnya adalah mengatasi penuaan dini. Pastinya ini menjadi kabar gembira bagi kamu yang menginkan kulit kenyal dan halus.  Ketika kamu mengonsumsi nanas secara rutin, hal ini mampu mengoptimalkan proses sintesis kolagen dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, semakin tinggi sintesis kolagen, maka akan semakin kencang dan lentur pula kulit .

Untuk mendapatkan manfaat dari nanas yang satu ini, tidak ada salahnya kamu menambahkan bahan-bahan yang kaya asam amino dan vitamin C yang dapat membantu memperbaiki sel-sel dan jaringan tubuh dengan cepat, sehingga kulit tetap sehat. Kamu bisa mengoleskan jus nanas pada wajah, lalu bersihkan dengan air mengalir.

5. Mempercantik Kuku


Selain bermanfaat untuk kecantikan wajah, ternyata nanas juga bisa menjaga kesehatan kuku.  Hal ini karena dalam nanas terkandung vitamin A dan B yang bisa merawat kesehatan kuku. Untuk mendapatkan manfaat dari nanas yang satu ini, kamu bisa membuat lotion sendiri menggunakan jus nanas untuk mempercantik kuku di rumah. Dengan begitu kesehatan kuku kamu bisa terjaga dengan lebih baik. 

Itulah lima manfaat buah nanas untuk kecantikan yang sayang sekali dilewatkan. Semoga dengan informasi ini kamu bisa meningkatkan frekuensi kamu dalam mengkonsumsi buah yang satu ini ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020