Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Buah Plum, yang Bisa Membantu Diet dan Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Sep 2020
Clock Icon
3 menit
5 Manfaat Buah Plum, yang Bisa Membantu Diet dan Kesehatan
Buah plum adalah jenis buah yang banyak dibudidayakan di negara barat, seperti Amerika dan Eropa. Namun, buah plum mungkin kurang dikenal sebagian masyarakat di Indonesia. Padahal, manfaat buah plum sangat baik untuk menjaga kesehatan, bahkan bisa membantu kamu untuk program diet. Apa saja manfaat buah plum? Yuk simak ulasan berikut.

1. Membantu Diet



Buah Plum bisa membantu kamu mengatur berat badan. Hal ini karena buah plum mengandung banyak serat dan indeks glikemiknya yang rendah. Padatnya serat yang dimiliki buah plum ini akan lambat dicerna oleh tubuh, sedangkan indeks glikemik yang rendah berfungsi untuk mengatur pelepasan kadar gula darah sehingga akan membuat perut kenyang lebih lama. Buah plum mengandung sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan yang lambat dalam tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung



Plum termasuk sumber kalium yang baik, elektrolit yang dapat membantu dalam berbagai fungsi tubuh vital. Mineral ini membantu untuk memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke. 

Sebab tubuh tidak menghasilkan kalium secara alami, maka dengan rutin mengkonsumsi plum dapat membantu memenuhi kebutuhan harian kalium tubuh.  Terlebih lagi, zat pewarna alami dari buah plum, antosianin, dapat melindungi kamu dari kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

3. Mencegah Anemia



Sesak napas, mudah tersinggung, kulit pucat, dan kelelahan adalah tanda-tanda kamu terkena anemia ringan. Penyebab anemia ini karena tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat dan untuk membuat sel darah merah yang sehat tubuh membutuhkan cukup asupan zat besi. 

Plum adalah sumber zat besi yang bagus dan membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. 250 gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi bagi tubuh.

4. Menurunkan Kolesterol



Asam propionat yang dihasilkan oleh serat buah plum termasuk jenis serat yang tidak larut. Hasil dari bukti medis selama ini menunjukkan bahwa asam propionat memiliki sifat penurun kolesterol. Melalui penelitian hewan, asam propionat telah terbukti menghambat HMG-CoA reduktase, enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol oleh hati.

Bila aktivitas enzim ini diturunkan, asam propionat akan membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran. Asam empedu yaitu senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh hati dari kolesterol. 

Saat asam empedu diekskresikan bersama serat plum, hati harus memproduksi asam empedu yang baru dan memecah lebih banyak kolesterol yang akhirnya akan menurunkan jumlah kolesterol yang beredar. Serat larut juga membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati.

5. Mengobati Osteoporosis



Buah plum kering adalah sumber penting dari mineral boron. Mineral ini bisa membantu tubuh membangun tulang dan otot yang kuat juga membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot.

Plum bahkan dipercaya sebagai pengobatan osteoporosis. Hasil dari Penelitian gabungan yang dilakukan oleh Oklahoma State University dan Florida State University menemukan bahwa plum kering mampu mencegah hilangnya massa tulang bagi wanita pasca menopause yang rentan terkena osteoporosis. Plum juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dengan melawan proses hilangnya kepadatan tulang akibat radiasi pada sumsum tulang.

Itulah 5 manfaat buah plum untuk kesehatan tubuh kamu. Sekarang mulai masukan buah plum sebagai konsumsi harian kamu ya. Kamu bisa menikmati buah ini dengan dibuat jus ataupun mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen. 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.