Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Buah Rambutan yang Banyak Vitamin untuk Ibu Hamil

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Sep 2020
Clock Icon
3 menit
5 Manfaat Buah Rambutan yang Banyak Vitamin untuk Ibu Hamil
Rambutan merupakan salah satu buah yang mudah ditemui di Indonesia. Buah yang berwarna merah merona dengan rambut yang mengelilingi kulitnya ini, mempunyai cita rasa yang masam-masam manis, sehingga menyegarkan ketika dimakan di tengah kondisi cuaca yang panas. Namun, tahukah kamu jika manfaat buah rambutan ternyata bagus untuk ibu hamil, apa sajakah itu?

1. Memelihara Kesehatan Pencernaan Selama Hamil



Manfaat pertama yang ditawarkan oleh buah rambutan ini adalah terkait masalah pencernaan pada ibu hamil. Mengkonsumsi buah rambutan bisa dijadikan salah satu cara efektif untuk melancarkan proses pengeluaran tinja dari dalam tubuh. seperti yang kita ketahui, tinja merupakan sisa hasil pencernaan dari makanan yang masuk dalam tubuh.

Bisa dikatakan bahwa tinja adalah sampah yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. jika tidak segera dikeluarkan, sampah itu bisa menyebabkan berbagai masalah penyakit lainnya. Apalagi bagi ibu hamil, sisa pengolahan makanan jika tidak segera dikeluarkan bisa mempengaruhi janin di dalam tubuh. Dalam jangka panjang justru bisa meracuni janin. Untuk itu, mengonsumsi rambutan bermanfaat untuk mencegah sembelit selama hamil.

2. Meningkatkan Persediaan Darah



Kebutuhan ibu hamil akan adanya persediaan darah juga menjadi meningkat, karena janin juga membutuhkan asupan ini. Untuk membuat sel-sel darah sendiri, tubuh membutuhkan mineral dari zat besi. Dalam hal ini, rambutan menawarkan zat besi yang bisa meningkatkan persediaan darah yang dibutuhkan oleh ibu hamil.
Akan tetapi, terkadang penyerapan zat besi oleh tubuh tidak berjalan secara maksimal. Meskipun demikian, rambutan juga menawarkan vitamin C yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi jadi lebih baik lagi. Untuk itu, mengonsumsi rambutan bagi ibu hamil, dapat membantu memenuhi asupan zat besi yang diperlukan oleh tubuh, sehingga risiko anemia berkurang.

3. Memperkuat Sistem Imun



Selama hamil, beban seorang wanita akan bertambah menjadi dua kali. Hal ini tidak dapat dipisahkan dari janin yang dikandungnya akan semakin membesar, namun aktivitas yang dilakukan tetap seperti biasanya. Untuk itu, tak jarang jika kadang sistem imun tubuh turun atau bahkan terganggu saat seseorang sedang hamil.

Mengonsumsi rambutan dalam hal ini, bisa membantu memperkuat sistem imun ibu hamil. Pasalnya, vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalamnya juga membantu ibu hamil untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. sehingga dalam hal ini, ibu hamil akan jauh lebih kebal dari beberapa penyakit seperti flu dan pilek.

4. Membantu Pembentukan Tulang pada Janin



Manfaat buah rambutan selanjutnya bagi ibu hamil adalah mampu membantu memenuhi asupan kebutuhan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. seperti yang kita ketahui, mineral yang satu ini sangat membantu dalam proses pembentukan tulang maupun gigi. Sehingga bagi ibu hamil yang mengkonsumsi rambutan, secara tidak langsung juga membantu pembentukan tulang pada janin yang berada di dalam kandungannya.

Selain kalsium, nyatanya rambutan juga mengandung zat fosfor yang sangat bagus untuk pembentukan gigi. Komplit sudahlah saat ibu mengkonsumsi rambutan, karena secara tidak langsung bisa membantu janin membentuk tulang dan gigi. 

5. Mengobati Morning Sickness



Manfaat buah rambutan untuk ibu hamil yang terakhir adalah mampu mengobati morning sickness. Seperti yang kita ketahui, Morning sickness adalah gejala awam yang dialami oleh para ibu hamil berupa rasa pusing mual, dan lemas, sehingga terkadang gejala ini memperburuk mood ibu kepada bayinya.

Dalam hal ini, ternyata rambutan bisa mengobati gejala ini. Pasalnya kandungan zat besi yang ada pada rambutan mampu mengatasi rasa pusing, mual, dan letih yang acap kali dialami para bumil, terutama pada pagi hari.

Itulah kelima manfaat buah rambutan bagi ibu hamil. Meskipun bermanfaat bagi ibu hamil, tetap perhatikan batasan mengkonsumsi rambutan dalam jumlah banyak. Ibu hamil juga harus tetap mengkonsumsi asupan nutrisi dari makanan lainnya agar kebutuhan nutrisi bagi bayi bisa seimbang. 
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.