5 Manfaat Buncis untuk Kesehatan Tubuh dan Variasi Olahannya

Buncis merupakan salah satu sayuran yang seringkali dijumpai dalam berbagai olahan makanan masyarakat Indonesia. Warnanya yang hijau segar, memang membuat tampilan makanan menjadi cantik. Namun selain itu, buncis juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. apa saja manfaat buncis untuk kesehatan tubuh?

1. Meningkatkan Kesuburan

Manfaat buncis yang pertama ternyata terkait dengan kesuburan seseorang. Dilansir dari Harvard Medical School, makanan yang mengandung banyak zat besi bisa meningkatkan kesuburan pada wanita yang ingin cepat hamil. Dalam hal ini, bunci pun mengandung zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 1,03 miligram. banner consideration shipping bg blue
Jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari buncis yang satu ini, tidak ada salahnya menambahkan makanan yang bervitamin C supaya membantu kemampuan tubuh menyerap zat besi semakin meningkat. Selain itu, kandungan folat yang terdapat di dalam buncis mampu mencegah janin terkena cacat tabung saraf.

2. Baik untuk Jantung

Buncis juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan jantung. Bagi kamu yang menderita kolesterol tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi buncis. Pasalnya, sayuran ini sangat bersahabat baik dengan jantung. Bahkan, buncis dipercaya bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, sehingga risiko penyakit jantung pun turun.
Untuk mengolah sayuran ini, cukup mudah. kamu bisa menambahkannya ke dalam tumis sayuran lainnya, atau dengan dimakan mentah. Kandungan serat pada buncis yang masih mentah sebanyak 2,7 gram serat. Akan tetapi, kandungan serat ini akan meningkat jadi 4 gram jika sudah dimasak. Dengan kata lain, rutin mengkonsumsi buncis bisa menjaga kesehatan jantungmu.

3. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat dari sayuran buncis selanjutnya ternyata berperan penting dalam saluran pencernaan. Hal ini karena dalam sebuah buncis mengandung karbohidrat kompleks yang merupakan jenis serat yang baik untuk pencernaan. Serat ini dapat membantu merangsang pergerakan usus sekaligus mencegah sembelit.banner consideration promotion bg blue 
Tidak hanya itu, ternyata mengkonsumsi buncis juga baik untuk orang yang tengah menjalani program diet. Hal ini karena kandungan rendah kalori dan tidak mengandung lemak, serta tinggi serat yang terdapat di dalamnya sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Tidak ada salahnya jika kamu menambahkan buncis dalam salad sayur untuk mendapatkan khasiat ini.

4. Mencegah Kanker

Manfaat buncis yang jarang diketahui orang selanjutnya adalah khasiatnya untuk mencegah kanker. Pasti kamu sering bertanya-tanya, mengapa buncis selalu menjadi makanan pendamping dalam hidangan steak. 
Jawabannya adalah karena daging yang dipanggang dalam temperatur tinggi, berpotensi menimbulkan efek karsinogenik dari amina heterosiklik yang bisa menyebabkan kanker. Kandungan tinggi klorofil yang terdapat dalam buncis berguna menurunkan risiko kanker. Itulah mengapa buncis selalu dipasangkan dengan steak.

5. Mencegah Depresi

Mungkin terdengar aneh, tapi memang begitulah manfaat buncis selanjutnya. Buncis dikatakan mampu mencegah depresi karena kandungan folat di dalam nya yang bisa mencegah kelebihan homosistein.
Homosistein ini sendiri adalah asam amino alami yang jika kadarnya berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan risiko penyumbatan pembuluh darah. Salah satu penyumbatan pembuluh darah ini adalah darah yang menuju otak, sehingga mengganggu produksi hormon serotonin dan dopamin yang mengatur suasana hati.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah kelima manfaat buncis yang harus kamu tahu. Ternyata sayuran kecil yang sering kita jumpai dalam olahan steak, tumis, maupun sup ini memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Jadi jangan ragu untuk menambahkan sayuran ini pada setiap menu makanan kamu ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami