Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kesehatan Bunga Rosella, Biasanya DIkonsumsi Jadi Teh

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
19 Oct 2020
Clock Icon
2 menit
5 Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan, Biasanya DIkonsumsi Jadi Teh Rosella
Sekilas, bunga rosella akan terlihat seperti bunga mawar. Warnanya yang merah dan bentuk kuncupnya yang agak bulat, membuatnya sering dianggap mirip bunga mawar yang belum mekar.

Ternyata di balik tampilan yang sangat indah, bunga Rosella memiliki cukup banyak manfaat bagi kesehatan. Bunga Rosella lazimnya diolah menjadi teh untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Dan inilah deretan manfaat bunga Rosella bagi kesehatan.

1. Mengandung antioksidan yang tinggi

Bunga Rosella memiliki kandungan senyawa fenolik yang berperan baik sebagai antioksidan dalam tubuh. Kandungan antioksidan inilah yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang berasal dari paparan radikal bebas.

Namun, mengonsumsi teh bunga Rosella tak serta merta bisa langsung melindungi tubuh dari segala penyakit. Tetap butuh gaya hidup sehat untuk membuat tubuh tetap bugar dan sehat.

2. Mengurangi rasa cemas dan depresi

Dilansir dari Dokter Sehat, bunga Rosella memiliki kandungan flavonoid. Kandungan flavonoid dalam bunga Rosella memiliki sifat antidepresan. Itulah mengapa, mengonsumsi bunga Rosella yang sudah diolah menjadi teh bisa membuat kamu lebih santai dan tenang sacara psikis.

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Bunga Rosella juga dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan bunga Rosella memberikan efek captopril. Captopril sendiri adalah sejenis obat yang berfungsi untuk menangani hipertensi dan gagal jantung.

Efek Captopril akan membantu menghambat produksi zat di dalam tubuh yang menyebabkan pembuluh darah menyempit. Setelahnya pembuluh darah akan terasa lebih rileks dan membuat tekanan darah menurun hingga aliran darah dan oksigen ke jantung akan meningkat.

4. Membantu mencegah infeksi bakteri

Kandungan vitamin C dalam bunga Rosella cukup tinggi dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi. Itulah mengapa bunga Rosella bisa mencegah atau meredakan penyakit-penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri.

5. Membantu meremajakan kulit

Bukan hal baru jika esktrak bunga dijadikan salah satu bahan untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Begitu pula dengan bunga Rosella. Bunga Rosella dipercaya bisa membantu menjaga kulit wajah dari radikal bebas dan sinar UV yang berbahaya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam bunga Rosella yang tinggi mampu membuat kulit wajah lebih sehat dan cerah.

Meski banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat, namun perlu diperhatikan juga jika bunga Rosella juga memiliki efek samping. Antara lain merangsang menstruasi, sehingga tidak disarankan bagi wanita yang sedang merencanakan hamil, serta menimbulkan efek halusinasi jika dikonsumsi secara berlebihan.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.