Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Cocor Bebek untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
 manfaat cocor bebek

Pernah mendengar nama tanaman cocor bebek? Tanaman satu ini sudah cukup melegenda di tanah air. Tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias, cocor bebek juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Masyarakat juga menyebut cocor bebek dengan istilah cocor bebek atau suru bebek. Memiliki daun yang berdaging tebal, cocor bebek memiliki banyak kandungan air di dalamnya. Simak deretan manfaat cocor bebek yang perlu kamu ketahui berikut ini.

1. Mengobati Wasir


Manfaat cocor bebek yang pertama adalah dikenal ampuh dalam mengobati wasir. Zat yang terkandung dalam cocor bebek dapat membantu menghentikan pendarahan pada penyakit wasir. Cara pengaplikasiaannya pun  cukup mudah untuk dilakukan, siapkan daun cocor bebek, bubuk teh, madu, dan air panas. Tumbuk daun cocor bebek hingga halus, lalu keringkan hingga terlihat seperti bubuk teh.
banner consideration shipping bg blue

Setelah itu campur daun cocor bebek, bubuk teh, dan madu, kemudian seduh menggunakan air panas. Minum ramuan herbal ini secara teratur agar wasir yang diderita bisa segera sembuh.

2. Meredakan Sakit Kepala


Sering sakit kepala? Cocor bebek bisa jadi obat yang manjur untuk mengobati sakit kepala. Kandungan asam fomiat, kalsium, magnesium, dan glucoside di dalamnya dapat bekerja efektif dalam mengurangi gejala sakit kepala yang kerap timbul. Otot-otot kepala akan menjadi lebih rileks dan tidak tertekan.

Kamu hanya perlu memetik sehelai daun cocor bebek, lalu cuci hingga bersih. Kemudian kunyah daun cocor bebek. Selain dikunyah secara langsung, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu agar lebih lunak dan mudah untuk dikonsumsi. Kamu tidak perlu merebusnya terlalu lama agar zat yang terkandung didalamnya tidak hancur.

3. Membantu Menurunkan Demam


Meskipun demam umum dialami, penyakit ini tetap mengkhawatirkan apabila terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Demam bisa menyebabkan perubahan suhu yang drastis, flu disertai meriang, hingga kekebalan tubuh yang menurun. Saat kondisi seperti ini terjadi, kamu membutuhkan asupan makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi.
banner consideration promotion bg blue

Cocor bebek dapat membantu menurunkan panas demam. Kamu hanya membutuhkan beberapa helai daun cocor bebek. Hancurkan daun cocor bebek hingga halus lalu tempelkan pada dahi sebagai kompres alami. Sisa sari pati dari daun cocor bebek bisa digunakan untuk mengompres bagian badan lain agar demam cepat turun.

4. Membantu Meringankan Sakit Gigi


Sakit gigi adalah gangguan kesehatan yang umum terjadi dan dapat membuat aktivitas sehari-hari menjadi ikut terganggu. Kamu jadi tidak bisa berkonsentrasi saat melakukan aktifitas sehari-hari. Cocor bebek dapat membantu mengatasi sakit gigi yang kamu alami.

Cara pengaplikasiaannya pun cukup mudah untuk diterapkan. Kami hanya membutuhkan beberapa lembar daun cocor bebek kemudian membukanya hingga halus. Setelah itu, tempelkan tumbukan daun cocor bebek pada bagian gigi yang sakit. Lakukan cara ini hingga sakit gigi mereda. Jangan lupa sikat gigi setiap hari.

5. Menghilangkan Jerawat


Kamu memiliki jerawat pada wajah yang sulit untuk dihilangkan? Cocor bebek bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghilangkannya. Jerawat menjadi salah satu masalah pada wajah yang dapat membuat rasa percaya diri menurun.

Untuk menghilangkan jerawat, kamu hanya perlu menghaluskan beberapa lembar daun cocor bebek lalu mencampurnya dengan air. Kemudian bubuhkan ramuan cocor bebek ini pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa saat agar meresap atau kering, setelah itu bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin agar jerawat cepat mengempes dan hilang.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah lima manfaat cocor bebek untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu kamu ketahui. Tanaman ini cukup mudah tumbuh dan tidak membutuhkan perawatan ekstra sehingga cocok untuk pecinta tanaman yang memiliki sedikit waktu untuk merawatnya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.