5 Manfaat Gula Aren

07 Mei 2020 @ 16:30:44
Gula menjadi bahan wajib yang harus selalu ada pada setiap masakan, makanan, dan juga minuman. Jenis gula untuk konsumsi sendiri terbilang cukup beragam, ada gula jawa, gula pasir, dan juga gula aren. Gula yang terbuat aren sebenarnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dibandingkan jenis gula lainnya. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai manfaat dari jenis gula ini. 

Gula aren adalah jenis gula terbuat dari nira yaitu sebuah cairan yang memerlukan proses yang cukup lama untuk pembuatannya. nira sendiri didapat dari menyayat batang pohon aren. Rasa dari gula ini sendiri cukup manis dan menyerupai karamel. Langsung saja berikut ini manfaat dari mengkonsumsi gula jenis ini dibanding gula biasa:

1. Mengandung Antioksidan Tinggi 



Perlu diketahui gula jenis aren memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. antioksidan sendiri dapat membantu dalam proses pencegahan penyakit kanker. Jadi dengan mengkonsumsi gula ini dan tetap menjaga pola hidup dan pola makan yang sehat dapat membantu meminimalisir resiko terkena kanker. Selain penyakit kanker gula ini juga dapat mencegah kulit dari kerusakan

2. Sistem Kekebalan Tubuh Jauh Lebih Bagus 



Ternyata kandungan antioksidan yang ada di gula jenis aren selain dapat mencegah penyakit kanker juga mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada manusia. Oleh karena itu, konsumsi jenis gula ini akan lebih dianjurkan dibandingkan dengan jenis gula lainnya. 

3. Mampu Menstabilkankan Kadar Kolesterol



Jika kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh meningkat tentunya akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. oleh karena itulah pentingnya menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh tetap dalam posisi yang normal sangatlah diperlukan. 

Untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh agar tetap normal dapat menggunakan produk gula dari olahan aren sebagai solusinya. Sebab gula ini memiliki kandungan yang dapat membantu untuk mengontrol kadar kolesterol yang berada di dalam tubuh. Vitamin B3 dan juga kandungan niasin yang ada pada gula ini mampu untuk menormalkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Bisa Mengobati Sariawan



Ternyata sariawan dapat juga diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang terbuat dari aren loh. Dengan mengkonsumsi gula ini saat sariawan secara teratur, maka sariawan  dapat teratasi secara bertahap.

5. Membantu Memperlancar Program Diet



Makanan manis biasanya cenderung meningkatkan nafsu makan. Jika seseorang saat diet masih mengkonsumsi gula putih biasa maka cenderung akan mengganggu kesuksesan diet seseorang. 

Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti konsumsi gula putih dengan menggunakan gula jenis aren. Karena gula jenis ini merupakan salah satu jenis gula yang memiliki jumlah kalori relatif lebih rendah daripada gula pasir. 

Selain itu dengan mengkonsumsi gula dengan kandungan kalori yang rendah dapat mengontrol asupan harian yang masuk dalam tubuh. Oleh karena itu bagi orang yang sedang melakukan diet, penggunaan gula yang terbuat dari aren akan lebih disarankan demi kelancaran proses diet. 

Nah itulah 5 manfaat gula aren yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Setelah mengetahui berbagai manfaat ini, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk menggunakan gula jenis aren untuk berbagai olahan makanan atau minuman kamu ya Lemonizen. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020