5 Manfaat Jamur Kuping di Balik Bentuknya yang Unik

Jamur kuping adalah salah satu jenis jamur konsumsi. Masyarakat Indonesia menyukainya karena rasanya enak dan ada banyak manfaat jamur kuping. Ada beraneka ragam olahan dari jamur kuping yang digemari orang. Sebut saja sup jamur kuping, keripik jamur kuping, sate jamur, bakso jamur, dan masih banyak lainnya.
Ciri-ciri jamur kuping yang masih segar memiliki tekstur kenyal dan bentuknya mirip seperti kuping atau telinga. Oleh karena itu, jenis jamur ini dinamakan jamur kuping karena bentuknya kuping (telinga dalam bahasa Jawa). Namun, jika jamur kuping sudah dikeringkan, teksturnya yang tadinya kenyal berubah menjadi keras, sekeras tulang. Ada beberapa jenis jamur kuping di dunia. Salah satu jenis yang paling populer adalah jamur kuping merah.
Jenis jamur kuping merah memiliki warna kemerahan. Banyak sekali dijumpai di Indonesia. Jenis lainnya yaitu jamur kuping hitam. Di Indonesia sudah banyak yang membudidayakan jamur kuping. Meskipun banyak juga jamur kuping yang tumbuh secara liar. Pertumbuhannya mudah, karena habitat jamur kuping memang sangat cocok dengan iklim yang ada di Indonesia. Mereka tumbuh di pepohonan yang sudah mati atau lapuk. banner consideration shipping bg blue

5 Manfaat Jamur Kuping yang Membuatnya Banyak Dicari

Jamur kuping merupakan jenis makanan yang kaya akan mineral dan vitamin. Di dalamnya terkandung mineral seperti kalsium fosfor, sodium, kalium, enzim, zat besi, dan magnesium. Sedangkan, kandungan vitamin yang ada di dalam jamur kuping meliputi, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, B12, dan vitamin C. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah manfaat dari jamur kuping:

1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Jamur kuping adalah salah satu menu diet yang sangat efektif. Mengkonsumsi jamur kuping dalam berbagai macam olahan bisa membantu kami dalam menurunkan berat badan. Jamur kuping memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dan juga rendah kalori sehingga sangat cocok dijadikan sebagai menu diet.
Kini ada salah satu produk dari Lemonilo, yaitu Lemonilo Chimi Keripik Jamur. Kamu yang hobinya ngemil tetap bisa menikmati camilan meskipun sedang diet. Lemonilo Chimi Keripik jamur dibuat dari pilihan jamur berkualitas yang tidak akan membuat badan kamu jadi gemuk.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Jamur kuping ternyata juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Kandungan serat tinggi yang membuat jamur ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi jamur kuping sebanyak satu porsi bisa mencukupi kebutuhan serat sebanyak 50% dalam satu hari.banner consideration promotion bg blue

3. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat jamur kuping lainnya yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Kandungan di dalam jamur kuping mencegah terjadinya pembekuan darah. Jamur kuping memang sangat baik untuk mengencerkan darah sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar. Sangat fatal apabila peredaran darah terhambat, karena dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit.

4. Mencegah Penyakit Anemia

Penyakit anemia adalah penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan zat besi. bagi penderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi satu porsi jamur kuping per harinya. Itu akan membantu kamu memenuhi kebutuhan 9 sampai 12% kebutuhan zat besi setiap harinya.

5. Baik untuk Penderita Diabetes

Kelebihan dari jamur kuping adalah memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Penderita diabetes yang harus diet ketat sangat cocok mengkonsumsi jamur kuping, sebab jamur ini berserat tinggi.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Dari keunikan bentuk dan namanya, jamur kuping menyimpan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Kamu bisa merasakan manfaat jamur kuping dengan mengkonsumsinya. Namun, tetap ingat untuk tidak berlebihan ya dalam konsumsinya. Supaya manfaat jamur kuping bisa tetap didapatkan tubuh secara optimal.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami