5 Manfaat Kacang Edamame untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Bagi kamu pecinta kuliner Jepang, pasti tidak asing dengan kacang edamame yang memiliki bentuk mirip dengan kedelai. Kacang edamame ini mengandung energi, serat, protein, karbohidrat, berbagai asam amino serta lemak dan gula dalam kadar rendah yang baik untuk ibu hamil. Inilah 5 manfaat edamame untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat pertama edamame yang dikenal sebagai ‘super food’ tidak diragukan lagi. Hal ini karena di dalam edamame mengandung berbagai nutrisi, vitamin, dan antioksidan yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. banner consideration shipping bg blue
Bagi ibu hamil sendiri, mesti memperhatikan setiap makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh. Selain bermanfaat bagi kesehatan ibu, juga bisa menjaga janin yang dikandungnya. Dengan meningkatnya sistem imun ibu hamil, resiko janin terkena virus yang masuk dalam tubuh akan berkurang.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kacang edamame selanjutnya adalah berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Hal ini tidak bisa dipisahkan dari kandungan kalsium, fosfor, zat besi, vitamin E, maupun nutrisi di dalamnya. Melihat berbagai kandungan ini, dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi edamame dan produk kedelai lainnya dapat memberikan nutrisi dan bantuan penting dalam memperkuat tulang sekaligus menjaga kepadatannya.
Sebuah penelitian menyebutkan jika seorang wanita yang mengkonsumsi edamame ini, makan dapat mengurangi resiko patah tulang maupun osteoporosis. Selain itu, kandungan kalsium dan fosfor dalam edamame dapat membantu pembentukan tulang pada janin yang sedang dikandung oleh ibu hamil. Dengan berbagai manfaat itu tidak heran jika edamame sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. 

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat kacang edamame berikutnya adalah kemampuannya menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat. Pasalnya, edamame merupakan salah satu sumber serat yang baik sehingga mengurangi risiko sembelit maupun kembung yang sering menjadi masalah utama bagi ibu hamil.banner consideration promotion bg blue
Selain itu, ternyata kandungan serat yang terdapat di dalam kacang edamame juga memegang peranan penting untuk memastikan agar kolesterol tetap terjaga pada kadar yang tepat, sehingga akan mengurangi risiko terkena stroke atau serangan jantung.

4. Menjaga Berat Badan

Bagi ibu hamil, terkadang merasa khawatir jika ngemil berlebih mampu membuat tubuhnya membengkak setelah melahirkan. Untuk itu, ada kabar gembira bagi kamu yang hobi makan atau ngemil. Pasalnya, dengan ngemil edamame ini berat badan bisa tetap terjaga dengan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh. Kandungan protein yang tinggi dengan kalorinya yang rendah menjadikan kacang edamame sebagai camilan menyehatkan tanpa perlu mengkhawatirkan berat badan akan bertambah. Jadi, bagi kamu yang sedang menjalankan program diet bisa mengkonsumsi edamame  ini sebagai camilan sehat kamu. 

5. Membantu Mengatasi Depresi

Masalah yang sering dialami oleh ibu hamil adalah terkadang mereka merasa depresi atau stress. Padahal, dalam kondisi yang tengah mengandung janin seorang ibu tidak boleh terlalu berpikir berlebihan. Karena hal itu bisa mengganggu kesehatan janin.
Untuk mengatasi depresi yang sering menyerang ibu hamil, kacang edamame bisa menjadi salah satu makanan yang bisa dikonsumsi. Kandungan folat yang  yang terkandung dalam edamame diketahui dapat membantu mengatasi depresi dengan mencegah tubuh menghasilkan homosistein berlebihan. Dalam medis sendiri, kelebihan hormon homosistein dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinephrine yang berfungsi mengatur suasana hati, nafsu makan dan tidur agar lebih baik.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Inilah lima manfaat edamame bagi ibu hamil dan kesehatan secara umum yang wajib kamu tahu. Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika banyak orang yang mengkonsumsi edamame ini baik untuk pendamping makanan atau sebagai camilan sehat. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami