5 Manfaat Kacang Hijau yang Belum Kamu Ketahui

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang tidak asing bagi lidah masyarakat Indonesia. Kacang hijau yang sering dijadikan sebagai bubur, maupun olahan kue ini ternyata memiliki segudang khasiat yang jarang diketahui. Kandungan nutrisi yang cukup lengkap mulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral, asam folat, kalsium sampai zat besi, memberi manfaat kesehatan untuk tubuh. Apa saja manfaat kacang hijau bagi kesehatan?

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Tekanan Darah

Manfaat kacang hijau yang pertama adalah mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah yang tinggi. Tidak hanya itu, kandungan serat yang terdapat dalam kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah. banner consideration shipping bg blue
Kandungan rendah lemak yang terdapat dalam kacang hijau membuat mengonsumsinya secara teratur dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

2. Baik untuk Penderita Diabetes

Kacang hijau memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Tidak hanya baik untuk sekedar dikonsumsi saja, ternyata penderita diabetes juga bisa menjadikan kacang hijau sebagai camilan maupun makanan selingan yang bisa membantu dalam menurunkan kadar gula dalam darah. 
Selain itu, kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya juga baik untuk kepadatan tulang, maupun kesehatan jantung, sampai menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

3. Menjaga Kesehatan Janin

Kandungan asam folat yang tinggi pada kacang hijau, membuatnya baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan. Tidak hanya itu, kandungan zat besi yang terdapat di dalam kacang hijau dapat mengurangi risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Kandungan thiamin yang ada di dalam kacang hijau juga mampu mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga berguna untuk membantu perkembangan otak bayi.banner consideration promotion bg blue

4. Mengatasi Anemia

Anemia adalah suatu penyakit dimana kekurangan sel darah merah, padahal sel darah merah mempunyai peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika tidak segera diatasi, maka anemia ini bisa membahayakan bagi kesehatan.
Dengan mengkonsumsi kacang hijau, kita bisa mengatasi kondisi anemia ini. Pasalnya, kacang hijau mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang mengalami anemia. Perlu diketahui juga jika zat besi adalah salah satu zat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Selain keempat manfaat di atas, kacang hijau juga bisa menjaga sistem kekebalan tubuh. kandungan protein sebesar 3,16 gram per cangkir yang terdapat di dalam kacang hijau mampu memenuhi kebutuhan harian yang diperlukan oleh tubuh. kandungan protein yang tinggi inilah yang bisa menjadikan kacang hijau dapat dijadikan makanan alternatif bagi amu yang tidak suka mengkonsumsi daging.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Tidak hanya itu, kandungan lemah dan kolesterol jahat pada kacang hijau jauh lebih rendak jika dibandingkan dengan kandungan yang terdapat dalam daging. Protein sangatlah penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh, kekurangan protein juga bisa menyebabkan penyakit kwashiorkor, kerontokan rambut, sampai penyakit terparah seperti busung lapar.
Itulah kelima manfaat kacang hijau yang jarang diketahui. Untuk mendapatkan manfaat kebaikan kacang hijau bagi kesehatan tubuh, kamu bisa mengkonsumsi kacang ini secara langsung, maupun melalui ekstrak kacang hijau. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami