Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Kacang Kedelai Selain Untuk Cemilan Sehari-Hari

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
manfaat kacang kedelai.
Kacang kedelai termasuk salah satu polong-polongan yang kaya kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Di Indonesia sendiri kacang kedelai seringkali diolah menjadi tempe, tahu dan susu kedelai. Sedangkan di berbagai negara seperti Jepang dan Cina kedelai menjadi salah satu makanan yang hampir dikonsumsi oleh semua penduduknya sehingga tingkat kesehatan penduduk di sini tinggi. Lantas, apa saja manfaat kacang kedelai ini? Berikut ulasannya:

1. Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Tulang



Kacang kedelai mengandung sumber kalsium, protein, dan antioksidan isoflavon yang baik. Inilah yang membuat kacang kedelai bermanfaat untuk memperkuat dan menjaga kesehatan tulang serta gigi. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa pola makan sehat yang memadukan asupan kacang kedelai, terbukti dapat mengurangi risiko dari terjadinya pengeroposan tulang pada lansia atau osteoporosis. banner consideration shipping bg blue

2. Meringankan Gejala Menopause



Menopause merupakan berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang umum terjadi saat wanita telah memasuki usia 45–55 tahun. Ketika menopause, seorang wanita dapat merasakan beberapa gejala, seperti sering pusing, mudah berkeringat, vagina kering, sulit tidur, dan suasana hati yang berubah-ubah.

Gejala menopause ini bisa diatasi dengan obat-obatan, seperti terapi pengganti hormon. Akan tetapi, selain dengan obat-obatan, gejala menopause juga bisa diringankan dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung fitonutrien, salah satunya kacang kedelai.

3. Menurunkan Berat Badan



Bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, para pakar kesehatan telah merekomendasikan kacang kedelai sebagai pilihan camilan sehat sehari-hari untuk menurunkan berat badan. Manfaat kacang kedelai  ini didapat dari kandungan protein dan seratnya yang tinggi untuk menunda rasa lapar dan memiliki indeks glikemik rendah.banner consideration promotion bg blue

Indeks glikemik sendiri merupakan nilai yang menunjukkan seberapa cepat tubuh kamu mengubah karbohidrat menjadi gula darah. Makanan dengan indeks glikemik rendah akan lebih lambat dicerna tubuh sehingga tidak membuat kamu cepat merasa lapar. Hal ini tentunya akan sangat membantu untuk mengendalikan hasrat ngemil makanan yang berkalori tinggi saat diet.

4. Melancarkan Pencernaan



Kacang kedelai juga memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan. Kandungan serat dalam kedelai dapat membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat, termasuk membantu masalah buang air besar agar lancar dan teratur. Manfaat ini juga didapatkan dari kandungan isoflavone di dalam kedelai.

Isoflavon sendiri merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan radikal bebas dan membantu penyerapan usus sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Rutin mengkonsumsi kedelai dapat membantu mengurangi resiko terkena sembelit, kanker usus besar, hernia, dan wasir. Namun, jangan lupa untuk mengontrol porsi makan kedelai jangan sampai berlebihan.

5. Mengendalikan Gula Darah



Indeks glikemik rendah yang terkandung dalam kacang ternyata berdampak langsung pada kadar gula darah dalam tubuh kamu. Secara umum, jika suatu makanan memiliki indeks glikemik rendah, maka potensi makanan tersebut menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis relatif kecil dan sebaliknya.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Maka bagi kamu penderita diabetes, kamu bisa leluasa mengonsumsi kacang kedelai tanpa harus khawatir akan mengalami lonjakan kadar gula darah. Selain itu, kandungan serat dalam kedelai juga membantu memperlambat proses penyerapan makanan dalam tubuh.

Nah, proses penyerapan yang lambat ini dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Kalau sudah merasa kenyang sehingga tidak berselera untuk makan berlebihan. Kondisi ini tentu menguntungkan, kamu bisa mengendalikan gula darah sekaligus berat badan.

Itulah manfaat kacang kedelai yang bisa kamu dapatkan saat mengkonsumsi. Kacang kedelai memang menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang sehat dan dianjurkan untuk dikonsumsi. Setelah mengetahui berbagai manfaat ini, kamu bisa menjadikan kacang ini sebagai pilihan cemilan diet yang sehat.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.