Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kacang Polong Salah Satunya Mengurangi Peradangan

Rizki Indra
Rizki Indra
04 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Konsumsi kacang polong untuk mendapatkan manfaat kacang polong.
Halo Lemonizen! Tahukah kalian apa saja manfaat kacang polong? Kacang polong berasal dari biji-bijian pada tanaman Pisum sativum. Tanaman ini termasuk ke dalam keluarga legume bersama dengan kacang buncis, lentil, dan yang lainnya. Di Indonesia, kacang polong biasanya diolah menjadi camilan ringan dan sebagai pelengkap dalam kari, sup, dan steak.

Kacang polong mengandung protein dan mineral yang beragam, mulai dari zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, kalium, serat, folat, hingga vitamin lainnya seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Adanya banyak kandungan tersebut, membawa manfaat kacang polong sangat banyak. Lantas, apa saja manfaatnya?

1. Mengontrol Gula Darah



Bagi kamu penderita diabetes, diharuskan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk mencegah kenaikan kadar gula darahnya. Salah satu makanan yang bisa membantu kamu mengontrol gula darah adalah kacang polong. Hal ini karena kandungan indeks glikemik kacang polong yang rendah dapat membantu memperlambat meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh.

Selain itu, kandungan protein dan serat yang ada dalam kacang  bisa membantu mengendalikan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Untuk itu, kacang polong menjadi makanan yang dianjurkan bagi para penderita diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Jantung



Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit jantung dan stroke. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengontrol tekanan darah dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Kacang polong bisa kamu pilih sebagai makanan untuk mencegah tekanan darah tinggi karena mengandung sejumlah mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium di dalamnya.

Bukan hanya itu, kandungan antioksidan dan serat pada kacang polong dapat membantu mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol jahat (LDL), dan mencegah terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Inilah alasan mengapa kacang polong bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung kamu.

3. Mengurangi Peradangan



Kacang polong juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Manfaat kacang polong ini didapatkan dari kandungan anti inflamasi dalam kacang polong dalam membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan dalam tubuh. Senyawa organik di dalamnya berperan sebagai agen anti inflamasi yang dapat meminimalisir risiko masalah pembengkakan dan peradangan.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh



Mengonsumsi kacang polong secara mentah ternyata lebih baik. Hal ini karena nutrisi dalam biji-bijian manfaat kacang polong lebih terjaga dibandingkan yang sudah dimasak.  Misalnya saja, pada kacang polong yang sudah dimasak kandungan vitamin C bisa menyusut hingga 25% dibandingkan dengan kacang yang masih segar.

Vitamin C ini berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi pembentukan sel-sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan. Tentunya kekebalan tubuh yang tinggi akan membuat tubuh terlindungi dari berbagai penyakit dan virus yang akan menyerang kesehatan tubuh.

5. Sumber Protein yang Baik



Apakah kamu merasa mudah lapar meskipun sudah makan dengan cukup? Mungkin kamu kurang asupan protein dan serat. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat dengan cukup akan membuat kamu kenyang lebih lama karena kedua jenis nutrisi ini lebih lambat dicerna oleh tubuh.

Kacang polong adalah sumber protein dan serat yang tinggi yang bisa kamu konsumsi untuk membantu mengendalikan nafsu makan dan membuat kamu tidak cepat lapar. Selain itu, protein juga penting untuk menjaga kekuatan otot dan kesehatan tulang.

Itulah 5 manfaat kacang polong yang bisa kamu peroleh. Dengan mengetahui informasi ini, semoga membuat kamu tidak ragu untuk mengkonsumsi kacang polong ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.