Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Manfaat Kebersamaan Dalam Keluarga, Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Oct 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat kebersamaan dalam keluarga sangat penting diketahui.

Semua orang tua perlu mengetahui manfaat kebersamaan dalam keluarga. Terutama demi si kecil, mengingat bahwa ia mengenal keluarga sebagai lingkungan pertamanya. Hal ini akan memengaruhi bagaimana tumbuh kembang seorang anak dan bagaimana ia akan berinteraksi dalam kehidupan sosial nantinya.


Pada dasarnya, kebersamaan dalam keluarga tidak berarti harus selalu berkumpul. Namun, hal yang paling penting adalah adanya keterikatan batin dan rasa saling sayang antara sesama anggota keluarga. Jadi, berikut ini adalah manfaat memiliki rasa kebersamaan ini.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak


Adanya momen family time memiliki manfaat positif dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Melakukan kegiatan bersama, meskipun sekadar duduk dan mengobrol santai, akan membantu anak dalam meningkatkan kemampuannya berkomunikasi.


Nantinya ketika berinteraksi di masyarakat, seperti dengan teman atau gurunya, anak-anak lebih percaya diri dan mampu menyampaikan pendapat dengan baik. Umumnya, kebersamaan dan komunikasi yang baik dengan orang tua juga membuat anak mampu menghargai orang lain.

2. Mencegah Pengaruh Buruk dari Luar


Keluarga merupakan tempat untuk “pulang” bagi masing-masing anggotanya. Jadi, setiap anggota keluarga wajib menjaga kebersamaan untuk membuat suasana menjadi nyaman. Dengan demikian, tidak perlu lagi mencari kenyamanan di luar rumah yang mungkin saja justru merupakan pergaulan yang kurang baik.


Salah satu manfaat adanya kebersamaan keluarga ini bisa membentengi setiap anggotanya dari hal negatif yang ada di luar rumah. Misalnya, anak-anak terlibat kenakalan remaja, atau orang tua mengalami stres di tempat kerja. Hubungan yang baik dengan keluarga dapat membantu mengatasi semua hal itu.

3. Memperkuat Ikatan Emosional


Manfaat selanjutnya dari kebersamaan dalam keluarga adalah kuatnya ikatan emosional di antara masing-masing anggotanya. Keluarga adalah satu kesatuan yang utuh dan saling terhubung. Hubungan yang baik biasanya membuat masing-masing turut merasakan kesedihan anggota lainnya, bahkan ketika mereka belum menceritakannya.


Begitu juga saat salah satu anggota keluarga merasakan kebahagiaan, yang lainnya pun turut berbahagia baginya. Kekuatan ikatan emosional ini juga akan menumbuhkan tanggung jawab di hati masing-masing dalam memberikan dukungan positif  bagi sesama anggota keluarga. Saat mengalami kesulitan, keluarga merupakan tempat mencari kekuatan.

4. Kesempatan Baik untuk Berdiskusi Secara Sehat


Meskipun merupakan satu kesatuan, pada dasarnya masing-masing anggota keluarga juga adalah individu yang memiliki pendapat dan sikapnya sendiri. Oleh sebab itu, salah satu manfaat dari kebersamaan adalah kesempatan untuk berdiskusi. Orang tua bisa lebih memahami anak. Begitu juga anak-anak akan merasa ibu dan ayahnya menghargai pendapat mereka.


Kebersamaan yang tercipta dengan baik juga akan membuat keluarga lebih tahan dalam menghadapi perubahan mendadak. Contohnya ketika tiba-tiba harus pindah rumah. Perubahan besar ini pasti akan membawa dampak tertentu. Namun, dengan adanya kebersamaan, risiko buruk dapat lebih rendah.

5. Memberikan Contoh Baik


Selanjutnya ada juga manfaat kebersamaan sebagai saat untuk memberikan contoh baik. Walaupun hanya dengan melakukan kegiatan sederhana bersama-sama. Misalnya, gotong royong membersihkan rumah bersama. Tampak sederhana, tetapi banyak contoh baik dalam kegiatan itu. Orang tua memberi contoh bahwa kebersihan sebenarnya adalah tanggung jawab bersama.


Contoh lainnya adalah kebersamaan dalam melakukan ibadah. Hal ini dapat membantu meningkatkan kecerdasan spiritual anak. Selain itu, dasar agama yang kuat bisa membuat ayah, ibu, dan anak, selalu berada pada jalur yang tepat. Dengan demikian, bisa meminimalisir adanya resiko penyimpangan atau perilaku buruk.


Melihat begitu banyak manfaat kebersamaan dalam keluarga, sangat sayang jika melewatkan kesempatan ini. Keluarga yang rukun dan saling terhubung akan berdampak juga pada lingkungan yang lebih baik. Jadi, jangan sampai Lemoparents melewatkan waktu kebersamaan bersama keluarga yang sangat penting, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.