Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Kentang, Baik Untuk Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
manfaat kentang
Salah satu jenis sayuran yang sering dikonsumsi sebagai pengganti nasi adalah kentang. Hal ini tidak terlepas dari kandungan karbohidrat yang dimiliki kentang membuatnya bisa menggantikan nasi. Kentang juga sering dikonsumsi untuk membantu program diet. Selain mengenyangkan, manfaat kentang juga bisa dirasakan untuk kesehatan tubuh. Apa saja sih? Yuk disimak! 

1. Menjaga Tekanan Darah Normal



Manfaat kentang yang pertama dapat membantu menstabilkan tekanan darah. Hal ini karena kentang merupakan sumber kalium yang baik, bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang buah pisang. Kalium sendiri termasuk mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pembuluh darah untuk melebarkan ukurannya. Selain itu, kentang juga mengandung kalsium dan magnesium yang berperan untuk mengendalikan tekanan darah normal. banner consideration shipping bg blue

2. Menjaga Kesehatan Jantung



Manfaat dari kentang selanjutnya adalah untuk kesehatan jantung. Sebagai organ vital, kesehatan jantung memang sangat penting untuk dijaga. Karotenoid yang terkandung dalam kentang akan membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga berfungsi mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya dan vitamin B6 berperan penting dalam proses metilasi.

Fungsi proses ini untuk mengubah homosistein, molekul yang berbahaya menjadi metionin, dan struktur komponen baru dalam protein. Adanya homosistein yang terlalu banyak dapat merusak dinding pembuluh darah dan kadarnya yang semakin tinggi memiliki kaitan terjadinya peningkatan risiko serangan jantung dan stroke.

3. Membantu Kendalikan Gula Darah



Manfaat kentang selanjutnya adalah membantu mengendalikan gula dalam darah, jadi sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi penderita diabetesi. Kentang mengandung banyak pati resisten yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh. Ketika pati resisten tersebut masuk ke dalam usus besar, pati ini akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik dalam usus.banner consideration promotion bg blue 
Hasil penelitian menyatakan, bahwa pati resisten dapat membuat kerja insulin, hormon pengendali gula darah menjadi lebih optimal. Hal yang sama juga terjadi pada penelitian Medicine (Baltimore) 2015 yang dilakukan untuk orang yang mengalami diabetes tipe dua, juga menunjukan bahwa setelah mengonsumsi makanan dengan pati resisten gula darah terbukti lebih stabil.

4. Baik Untuk Pencernaan


Kentang juga sangat baik bagi sistem pencernaan tubuh manusia. Pati resisten yang terkandung dalam kentang ternyata bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan. Jadi, saat masuk ke dalam usus pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik dan bakteri baik tersebut akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek inilah yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi resiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker usus besar). Kandungan pati resisten dan juga asam lemak yang ada pada sayuran kentang juga sangat penting untuk membantu orang yang sedang mengalami infeksi usus, seperti penyakit divertikulitis.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf dan Fungsi Otak



Vitamin B6 pada kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan neuron atau saraf. Menurut University of Maryland Medical Center, Vitamin B6 ini akan menciptakan bahan kimia otak termasuk serotonin, dopamin, dan norepinefrin.
Artinya, konsumsi kentang dapat membantu mengatasi depresi atau stres. Selain itu, kalium yang terdapat pada kentang bisa mendorong pelebaran pembuluh darah dan membantu memastikan otak cukup mendapatkan darah.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah 5 manfaat kentang yang harus kamu ketahui. Memang tidak heran lagi jika kentang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Jadi, jangan pernah abaikan konsumsi kentang pada menu makanan kamu sehari-hari ya! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.