Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Kol Selain Memperkuat Tulang Bagus untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat kol yang penting.

Kol merupakan salah satu sayuran yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Sayuran yang memiliki nama latin Brassica oleracea L ini memiliki kandungan gizi seperti protein, serat, vitamin K, vitamin C, vitamin B2, dan lainnya yang bagus untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat kol untuk kesehatan tubuh kita?

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Manfaat kol yang bisa kita dapat adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C di dalamnya. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam sayuran ini, membuatnya menjadi tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan. Zat antioksidan sendiri adalah zat yang bermanfaat untuk proses detoksifikasi tubuh.

Melalui kandungan vitamin C dan zat antioksidan di dalam kol inilah, membuat sayuran ini mampu membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Dengan adanya zat ini pula, darah akan menjadi bersih karena terbebas dari racun. banner consideration shipping bg blue

2. Menjaga Kesehatan Jantung


Selain bermanfaat sebagai zat antioksidan yang dapat mengeluarkan racun dari tubuh, nyatanya sayuran yang sangat familiar dan banyak dijumpai di pasar maupun supermarket terdekat ini mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Kol sendiri merupakan salah satu tanaman yang tinggi akan kandungan polifenol. Kandungan polifenol ini sendiri, bisa menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah. Sebagaimana diketahui bahwa tingginya kolesterol LDL sangat mengancam kesehatan jantung. Apabila kadar kolesterol jahat atau LDL ini turun, maka bisa menurunkan risiko gangguan kardiovaskular sehingga jantung menjadi lebih sehat.

3. Mengontrol Tekanan Darah


Manfaat kol selanjutnya, yang jarang diketahui orang adalah mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh seseorang. Seperti yang kita ketahui, darah memerlukan tekanan yang normal, tidak terlalu tinggi (hipertensi) maupun terlalu rendah (hipotensi). Untuk mengontrol kestabilan tekanan darah ini, kamu bisa mengkonsumsi kol.banner consideration promotion bg blue


Kol sendiri merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan antosianin dimana membuat arteri menjadi lebih lentur sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Manfaat kol yang satu ini juga terkait erat dengan kesehatan jantung seseorang. Sehingga, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi sayuran kol untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Meningkatkan Kesehatan Otak


Siapa sangka, ternyata sayuran yang kerap kita jumpai di pasar maupun supermarket terdekat ini mempunyai khasiat untuk meningkatkan kesehatan otak. Sebagaimana yang kita tahu, otak sendiri merupakan salah satu organ vital tubuh yang memainkan peranan penting bagi tubuh. Segala perintah untuk tubuh akan bersumber dari otak. Bisa dibayangkan, bagaimana jika otak tidak optimal. Bisa jadi, segala produktivitas yang baik akan sulit terwujud.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mengkonsumsi kol. Pasalnya, dalam hal ini manfaat kol dapat meningkatkan kesehatan otak. Berbagai kandungan seperti yodium, antosianin, dan vitamin K di dalam kol bisa mempengaruhi kerja saraf yang penting terhadap daya pikir dan konsentrasi. Sehingga dalam hal ini, kol dapat mencegah terjadinya penyakit Parkinson, Alzheimer, dan demensia.

5. Merawat dan Menjaga Kesehatan Kulit


Manfaat kol selanjutnya adalah mampu merawat dan menjaga kesehatan kulit, dan wajah kamu. Berbagai jenis kandungan di dalam kol seperti antioksidan, sulfur, dan antosianin memiliki peran untuk menjaga dan merawat kesehatan kulitmu. Kandungan-kandungan ini mampu mengatasi tanda-tanda penuaan seperti kerutan, flek, dan lainnya.

Tidak hanya itu, nyatanya kol juga berkhasiat untuk mengatasi dan mencegah terjadinya jerawat. Dalam hal ini, kol akan bekerja dengan mengeringkan jerawat sehingga jerawat cepat bisa diatasibanner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green.

Itulah lima manfaat kol yang jarang diketahui orang. Tidak hanya dikenal sebagai sayuran yang bagus menguatkan tulang, nyatanya kol juga mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan tubuh. Jadi, mulai sekarang kamu bisa memasukkan sayur kol sebagai bagian dari asupan sehat harian kamu ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.