Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Kulit Pisang Serta Kandungan di Dalamnya

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuh sangat banyak dan wajib dikonsumsi.

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuh mulai banyak diperbincangkan. Benarkah hal tersebut? Mendengar kata pisang tentu yang terlintas hanya manfaat dari buah pisang itu sendiri. Akan tetapi bagian kulit juga tidak kalah bagus kandungan dan manfaatnya jika mulai ditelusuri.

Mulai sekarang jika mengkonsumsi pisang, sebaiknya manfaatkan secara keseluruhan. Jika dahulu kulit pisang hanya dianggap sebagai limbah organik, kini dengan mengetahuinya dapat dimanfaatkan dengan baik agar tidak terbuang sia-sia. Berbagai manfaat yang dapat dicoba.

Kandungan di dalam kulit pisang tidak kalah berbeda dari buahnya. Kandungan seperti serat, vitamin (B6 dan B12), mineral (kalium dan magnesium), lemak tak jenuh, dan asam amino esensial. Selain itu kulit pisang juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, seperti fenol, flavonoid, tanin, karotenoid, dan polifenol.

Menariknya tidak hanya itu, kulit pisang juga mengandung berbagai senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang secara efektif akan maksimal melawan jamur, mikroba, dan ragi. Kandungan tersebut menjadikan kulit pisang menjadi rekomendasi untuk dimanfaatkan dengan baik. Jadi, jika sebelumnya hanya buah di dalamnya yang dikonsumsi, sekarang dapat memanfaatkan kulitnya juga.

Berikut manfaat yang ada pada buah pisang yang perlu Anda ketahui.

1. Merawat Kesehatan Wajah


Manfaat kulit pisang yang pertama adalah untuk kesehatan wajah. Kesehatan wajah tidak kalah penting harus diupayakan dengan maksimal. Tidak hanya tubuh, namun wajah menjadi poros sebagai penampilan yang pertama kali akan terlihat orang lain. Kulit pisang dapat mengatasi permasalahan seperti jerawat yang membandel, mengurangi kerutan, dan meredakan mata bengkak. Selain itu juga mampu melembabkan kulit dan menyamarkan jerawat. banner consideration shipping bg blue

Menariknya tidak hanya masalah perawatan, bahkan kulit pisang juga mampu menghilangkan kutil. Cara perawatan kulit pisang ini untuk wajah dengan cara mengoleskan secara langsung pada wajah atau daerah yang membutuhkan perawatan.

2. Memutihkan Gigi


Menggosok kulit pisang pada gigi secara langsung dengan rutin menjadikan gigi lebih putih secara perlahan. Noda yang ada pada gigi akan memudar dengan sendirinya. Hal tersebut dikarenakan kulit pisang mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Berbagai keluhan pada gigi juga dapat diatasi dengan kulit pisang.

3. Mengobati Luka


Kulit pisang mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi yang menjadikan ampuh untuk mengobati luka. Cara mengobatinya dengan menggosok-gosokan secara langsung kulit pisang pada bagian kulit yang luka. Diamkan beberapa menit agar kandungan meresap. Selanjutnya bilas dengan air bersih.banner consideration promotion bg blue


4. Mengobati Sakit Kepala


Sakit kepala seperti migrain menjadikan aktivitas akan terganggu. Untuk itu dapat diatasi dengan melembutkan kulit pisang dan menempelkan pada dahi. Cara tersebut terbukti ampuh untuk membantu meredakan sakit kepala karena kandungan kulit pisang mampu sebagai zat anti depresi dan menenangkan pikiran.

5. Menjaga Kesehatan Rambut


Kesehatan rambut tidak kalah penting untuk selalu dijaga. Langkah mudah untuk menjaga kesehatan rambut tetap terjaga dengan memanfaatkan kulit pisang. Kulit pisang dapat dijadikan masker rambut. Hal ini menjadikan segala permasalahan pada rambut dapat teratasi.

Tidak heran jika banyak produk perawatan rambut yang juga menggunakan bahan kulit pisang. Dikarenakan kandungan yang ada pada kulit pisang mampu menetralkan rambut dari radikal bebas dan sebagai zat antioksidan. Rambut akan menjadi lebih lembut dan bersinar setelah melakukan perawatan secara rutin.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai manfaat dari kulit pisang yang ternyata sangat beragam. Manfaat kulit pisang dapat diambil dan membantu mengatasi berbagai permasalahan seputar kesehatan. Jika sebelumnya kulit pisang hanya sebagai limbah organik, kini dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk menjadikan hidup lebih sehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.