Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

5 Manfaat Laporan Keuangan untuk Usaha Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Laporan keuangan sangat penting diperhatikan saat membuka usaha.
Dalam usaha apapun baik skala kecil, menengah maupun besar peranan laporan keuangan sangatlah penting. Sangat disayangkan kalau orang masih berpikir bahwa usaha kecil tidak perlu adanya pembuatan laporan mengenai keuangan. Justru dari yang masih kecil itulah seharusnya administrasi sudah dibuat dengan detail, tertib dan rapi agar usaha bisa semakin besar dan berkembang.

Mengapa sebuah laporan yang berisi tentang keuangan itu sangatlah penting bagi sebuah usaha? Sebab, pembukuan atau laporan tersebut merupakan salah satu acuan untuk mengetahui seberapa besar perkembangan usaha tersebut. Tanpa adanya pembukuan keuangan tentunya akan sangat sulit melihat berapa laba yang sudah diperoleh.
banner consideration shipping bg blue

Secara detail manfaat dari laporan dan pembukuan keuangan bagi sebuah usaha yaitu sebagai berikut.

1. Sebagai Dasar Evaluasi



Sebuah usaha bisa dilihat dengan jelas apakah usahanya mendapatkan keuntungan sesuai target yang ditentukan atau malah merugi lewat pembukuan. Besarnya laba dan kerugian yang mungkin dialami oleh sebuah perusahaan secara jelas dan gamblang dilihat pembukuan keuangan.

Saat laporan dan pembukuan keuangan kurang baik maka perusahaan bisa sesegera mungkin melakukan evaluasi terkait kebijakan usaha. Dengan begitu perusahaan bisa menghindari kerugian lebih besar lagi. Begitu juga sebaliknya ketika pembukuan bagus kebijakan bisa diteruskan.

2. Sebagai Acuan Pengambilan Keputusan



Setiap akhir tahun perusahaan pasti akan melakukan audit pada semua bagian terutama bidang keuangan. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan selama satu tahun tersebut dan berapa laba yang diperoleh. Jika keuntungan yang didapatkan sesuai target kebijakan dan sistem lama bisa digunakan kembali.

Namun jika sebaliknya yang terjadi justru perusahaan merugi maka ada yang harus dirubah dalam sistem ataupun kebijakannya. Laporan pembukuan keuangan akan membantu para pengambil keputusan untuk berpikir apa solusi terbaik bagi perusahaan agar bisa mendapatkan laba kembali.

3. Dasar untuk Melakukan Inovasi



Usaha yang semakin ketat menuntut kita untuk terus melakukan perubahan agar tidak tergilas oleh pesaing lainnya. Salah satu cara untuk bertahan adalah melakukan inovasi di dalam usaha. Pembukuan keuangan yang lengkap dan detail sangat membantu untuk mempelajari bagian mana yang perlu dilakukan perubahan.
banner consideration promotion bg blue
Sekalipun misalnya target penjualan sudah terlampaui namun itu bukanlah jaminan hal yang sama akan terjadi tahun depan. Agar target penjualan dan keuntungan bisa tetap dicapai sebaiknya lakukan inovasi dalam usaha. Dari apa tertulis di dalam pembukuan kita bisa melihat mana yang akan berpeluang lebih bagus jika dikembangkan.

4. Bentuk Pertanggungjawaban



Tidak semua orang melakukan usahanya dengan modal dari kantongnya sendiri. Sekarang ini semakin banyak pelaku usaha yang menjalankan modal milik orang lain atau patungan dengan teman. Dalam perusahaan skala besar modal sangat mungkin diperoleh dari beberapa investor. Nah, mereka yang memiliki modal tentunya ingin tahu bagaimana nasib uangnya tersebut.

Dengan memberikan laporan pembukuan keuangan maka mereka yang merasa telah menyetorkan modal bisa mengetahui laba dan rugi yang didapatkan. Laporan tentang keuangan perusahaan juga merupakan bentuk tanggung jawab kepada para penanam modal atas dana milik mereka.

5. Mempermudah Mendapatkan Investor



Laporan pembukuan yang jelas dan transparan adalah syarat penting bagi sebuah usaha yang ingin mencari investor. Untuk mengembangkan usaha seringkali kita butuh tambahan modal dari orang lain atau disebut sebagai investor.

Mereka yang akan memberikan dana tentunya butuh jaminan bahwa usaha yang ditawarkan tersebut cukup menjanjikan. Darimana calon investor bisa tahu tentang prospek usaha tersebut? Salah satunya dari pembukuan keuangan dengan melihat besarnya keuntungan yang didapatkan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah Lemonizen itulah beberapa manfaat laporan keuangan untuk usaha. Membuat laporan keuangan sebaiknya dilakukan dengan teliti dan jelas agar bisa digunakan sebagai acuan pengembangan usaha. Tanpa adanya pembukuan yang bagus sangat sulit bagi sebuah usaha untuk bisa berkembang dan maju.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.