5 Manfaat Mandi Air Hangat yang Jarang Diketahui

Dapatkan manfaat mandi air hangat setelah seharian menjalankan aktivitas. Mandi biasanya dilakukan ketika akan menjalankan kegiatan atau sesudahnya. Tujuannya adalah menghilangkan seluruh kotoran yang menempel pada tubuh. Ada keringat, debu, bau badan, dan kotoran lainnya setelah menjalankan aktivitas seharian.

Mandi air hangat mungkin bagi sebagian orang adalah hal sepele. Padahal, banyak orang Jepang sepulang dari beraktivitas akan mandi dengan air hangat karena dianggap bisa bersihkan badan serta pikiran dan terdapat pemandian air hangat atau Sento yang kerap dikunjungi masyarakat. Berikut manfaat dari mandi air hangat yang perlu kamu ketahui.

1. Mempunyai Efek Terapeutik

Dermatologis dari Amerika Serikat bernama dr. Bobby Buka mengungkapkan manfaat mandi dengan air hangat adalah bisa membuat kulit mampu merilis hormon endorfin saat dibasahi. Mandi pakai air hangat dinilai juga bisa memberikan efek terapeutik dan menyegarkan sebab aliran darah ke kulit mengalami peningkatan.

2. Tingkatkan Kualitas Tidur

Mandi air hangat sebelum tidur mampu tingkatkan kualitas tidur. Namun, perlu diketahui bahwa mandi air hangat mesti dilakukan 1-2 jam menjelang tidur supaya badan lebih rileks dan nyeri berkurang. Saat berendam air hangat temperatur tubuh juga meningkat.

Setelah selesai, temperatur tubuh akan memberikan sinyal jika siap untuk tidur. Rasa kantuk akan terasa lebih cepat dan kualitas tidur lebih baik. Mandi air hangat juga bisa dilakukan untuk kamu yang mengalami insomnia, sehingga dapat tidur dengan baik.

3. Mengurangi Nyeri Prostatitis

Prostatitis adalah suatu kondisi peradangan dan pembengkakan pada kelenjar prostat, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kesulitan dalam buang air kecil. Hal itu membutuhkan penanganan dokter. Namun, penderita prostatitis dapat memanfaatkan mandi air hangat untuk meredakan rasa nyeri yang dikeluhkan.

4. Stres dan Cemas Berkurang

Mandi dengan air hangat dapat menyebabkan otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon oksitosin yang bertanggung jawab untuk membuat lebih senang dan positif. Hal itu, akan mengurangi energi negatif, seperti cemas dan stres. Jangan lupa konsumsi produk makanan sehat dari Lemonilo juga, ya!

5. Kalori Terbakar

Berendam dalam air hangat dinilai dapat membakar kalori sebanyak 126 per jam. Pengurangan kalori itu biasanya diperoleh saat jalan kaki 25-30 menit. Mandi air hangat juga dapat menghindarkan lonjakan gula darah sesudah makan.

Meski begitu, perlu kamu ketahui juga bahwa mandi air hangat setiap hari ternyata mempunyai efek yang kurang baik. Misalnya membuat kulit menjadi kering dan sensitif. Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal sebelum mandi menggunakan air hangat berikut ini:

  • Bersihkan terlebih dahulu bathtub sebelum digunakan.
  • Hindari suhu terlalu panas, sebaiknya suhu air hangat untuk mandi adalah 40 derajat celcius. Suhu terlalu panas tidak baik sebab bisa membuat kulit seperti terbakar dan kering.
  • Tambahkan minyak esensial (minyak kelapa murni, zaitun, dan lainnya) di dalam air hangat.
  • Berendam dalam bathtub sebaiknya 10 hingga 15 menit saja. Apabila mengalami sesak napas, kulit berubah kemerahan, dan merasa pusing harus segera hentikan dan keluar dari bathtub.
  • Selesai mandi, gunakan handuk dan tepuk-tepuk secara perlahan di bagian tubuh hingga kering. Lalu, olesi tubuh dengan pelembab yang tidak ada kandungan iritatif berupa parfum maupun pewarna untuk bisa mengembalikan kelembapan kulit.

Demikian manfaat mandi air hangat bagi tubuh yang jarang diketahui. Lakukan kebiasaan mandi air hangat sesuai kebutuhan kamu dan cara yang benar. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami