Download Aplikasi Lemonilo
Butuh Bantuan?
Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Pepaya, Tak Hanya Melancarkan Pencernaan

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
17 Nov 2020
Clock Icon
2 menit
5 Manfaat Pepaya, Tak Hanya Melancarkan Pencernaan
Pepaya merupakan buah tropis yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah berwarna oranye dengan rasa manis ini kerap dimakan sebagai buah segar atau dicampur dengan buah lain sebagai bahan rujak.

Selama ini, buah pepaya dikenal sebagai buah yang mampu melancarkan saluran pencernaan dan buang air besar. Tak hanya itu, pepaya juga bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Terbukti, beberapa produk perawatan kulit menggunakan pepaya sebagai bahan utama, seperti masker, sabun pencuci wajah, pelembab, dan lain-lain. Agar semakin paham dengan kebaikan buah pepaya, inilah 5 manfaat buah pepaya, sebagaimana dilansir dari healthline.

1. Menjaga kesehatan kulit



Tidak hanya menjaga kesehatan tubuh, pepaya juga membantu kulit tampak lebih kencang dan awet muda. Vitamin C dan likopen dalam pepaya mampu melindungi kulit dan mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Sebuah studi mengungkap, tubuh yang mendapatkan likopen selama 10-12 minggu mampu mengurangi kemerahan kulit akibat terpapar sinar matahari. 

Selain itu, perempuan lansia yang mengonsumsi campuran likopen, vitamin C, dan antioksidan selama 14 minggu dapat menghilangkan kerutan di wajah.

2. Melancarkan pencernaan



Enzim papain pada pepaya dapat membuat protein lebih mudah dicerna. Orang-orang di wilayah tropis menganggap pepaya sebagai obat  untuk sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar (IBS).

Dalam sebuah studi, seseorang yang mengonsumsi formula berbahan pepaya selama 40 hari mengalami peningkatan yang signifikan pada sembelit dan kembung.

3. Mengatasi peradangan



Peradangan atau inflamasi bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat. Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa menjadi akar dari banyak penyakit. Studi mengatakan bahwa buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan, seperti buah pepaya, mampu membantu mengurangi gejala peradangan.

4. Mengandung antioksidan



Antioksidan, termasuk karotenoid yang terdapat pada pepaya mampu menetralkan radikal bebas. Sebuah studi mencatat, pepaya yang difermentasi dapat mengurangi stres oksidatif pada orang dewasa.

Selain itu, banyak penelitian yang mengatakan bahwa radikal bebas di otak bisa menjadi pemicu alzheimer. Ekstrak buah pepaya yang difermentasi selama enam bulan mampu menurunkan biomarker yang mengindikasikan kerusakan oksidatif mencapai 40 persen.

5. Kaya akan nutrisi



Buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan ini mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Satu buah pepaya kecil yang beratnya sekitar 150 gram mengandung kalori, karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin A, folat, kalium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, antioksidan sehat seperti karotenoid juga terdapat di dalamnya.

Apakah Lemonizen juga suka mengonsumsi buah pepaya setiap hari?
Komentar
Belum ada komentar.
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.