5 Manfaat Sawi untuk Kecantikan dan Bikin Kolesterol Turun

Siapa yang tidak mengenal sawi? Sayuran yang menjadi ikon olahan masakan masyarakat Indonesia ini memang mudah dijumpai karena cara mengolahnya yang mudah. Selain itu, sawi juga mempunyai cita rasa khas tersendiri yang melengkapi rasa masakan dalam sebuah hidangan. Tahukah kamu, ternyata sawi mempunyai manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat sawi tersebut? simak ulasannya berikut ini

banner consideration shipping bg blue

1. Sumber Antioksidan

Manfaat sawi yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan yang bisa menjaga kecantikan dan merawat kesehatan kulitmu. Antioksidan adalah zat yang bisa menangkal radikal bebas, sehingga melindungi tubuh dari berbagai virus maupun bakteri yang masuk. Tidak hanya itu, kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam sawi juga bisa melindungi sel tubuh dari kerusakan sehingga menjaga agar tetap awet muda.
Umumnya, semua jenis sayuran mengandung zat ini. Zat antioksidan juga menjadi salah satu bahan utama yang digunakan dalam produk-produk kecantikan maupun perawatan kulit lainnya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi sawi secara rutin agar kecantikanmu terjaga.

2. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat sawi yang selanjutnya berfungsi dalam pengeluaran racun yang terdapat di dalam tubuh. Ketika seseorang sedang menjalankan aktivitasnya, tentunya kita tidak bisa serta merta mengontrol sepenuhnya apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh. Sehingga tanpa kita sadari, setiap harinya terdapat zat yang bisa membahayakan jika terjadi penumpukan racun dalam jangka panjang. 
Menyikapi hal tersebut, tubuh membutuhkan perlindungan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Sawi sendiri, mempunyai kemampuan untuk mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh. selain itu, serat yang tinggi di dalam sawi dapat membantu menyingkirkan racun yang berada dalam sistem pencernaan. Tidak hanya kandungan seratnya saja, kandungan klorofil dalam sawi juga dipercaya mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Sawi ternyata juga mampu mengontrol kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh seseorang. Seperti yang kita ketahui, tingginya kolesterol jahat dalam akan sangat membahayakan tubuh. Hal ini bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya berbagai penyakit lainnya seperti jantung koroner bahkan stroke. Untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, kita harus menjaga pola makan dan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

banner consideration promotion bg blue

Untuk itu, dalam hal ini sawi bermanfaat sebagai pengontrol kadar kolesterol. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam sawi membuat sayuran ini aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol yang tinggi.

4. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, sawi bisa menjadi salah satu rekomendasi untukmu. Pasalnya, sawi merupakan salah satu jenis sayuran dengan tinggi serat dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh sehingga cocok dijadikan sebagai menu program diet. Meskipun begitu, tidak ada kaitannya mengonsumsi banyak sawi dengan jumlah berat badan yang akan turun.
Untuk mendapatkan manfaat sawi yang satu ini, kamu juga harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya. Suplemen makanan dari Lemonilo bisa menjadi salah satu rekomendasi agar tubuh tidak kekurangan nutrisi hariannya.

5. Menjaga Sistem Imun

Selain keempat manfaat sawi di atas, ternyata sayuran ini juga bisa menjaga sistem imun tubuh. seperti yang kita ketahui, sistem imun sendiri erat kaitanya melindungi tubuh dan melawan semua patogen yang dapat menyebabkan infeksi. Dalam hal ini, sawi bisa menjaga sistem imun agar bekerja dengan baik. 
Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi di dalam sawi. Sehingga sayuran ini bisa menjaga tubuh dari berbagai virus maupun penyakit yang membahayakan. Selain itu, sawi juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mencegah agar peradangan tidak semakin parah.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah kelima manfaat sawi yang baik untuk kesehatan. Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk memasukkan sayuran ini pada menu makanan harian kamu ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami