Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Skipping Di Pagi Hari Bagi Pertumbuhan Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat skipping yang penting.

Meskipun termasuk olahraga sederhana, manfaat skipping atau lompat tali sangat membantu menambah tinggi badan. Terutama jika usia Anda masih di bawah 30 tahun. Lebih dari itu, olahraga lompat tali tidak bisa membuat seseorang tumbuh lebih tinggi. Tapi jangan khawatir, masih banyak manfaat lainnya.

Selain banyak manfaat, mudah dilakukan dan alatnya murah, olahraga lompat tali atau dikenal dengan skipping tidak memakan banyak tempat. Tidak seperti lari pagi yang membutuhkan rute tertentu. Atau senam yang membutuhkan instruktur dan tempat khusus. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan langsung di halaman.

banner consideration shipping bg blue

Minimal ada 5 manfaat olahraga lompat tali atau skipping yang dilansir berbagai sumber. Mulai dari mendukung pertumbuhan tinggi badan terutama untuk anak dan remaja. Hingga untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan saat mulai masuk masa lanjut usia. Berikut ulasan ringkasnya:

1. Menambah Tinggi Badan


Gerakan saat bermain lompat tali melibatkan seluruh anggota tubuh. Saat melompat, tubuh mendorong naik menjauhi gaya gravitasi. Gerakan ini membutuhkan energi cukup. Saat kembali ke tanah, kaki dituntut untuk menerima beban berat tubuh yang menekannya.


Setelah dilakukan berulang-ulang, tekanan tubuh yang turun dari ketinggian memaksa produksi sel baru meningkat. Kepadatan tulang terbentuk dan otot tubuh semakin kuat. Jika ini dilekukan setiap pagi oleh anak-anak dan remaja, maka secara otomatis tinggi badan mereka cepat naik.

Lain halnya dengan orang dewasa yang rajin melakukan skipping saat pagi. Mereka tidak akan mendapat penambahan tinggi badan. Karena di usia 25-30 tahun tubuh manusia berhenti untuk bertambah tinggi. Namun demikian olahraga rutin sangat membantu agar pengeroposan tulang tidak terjadi terlalu dini.

2. Memperkuat Otot, Tulang dan Jantung


Gerakan lompat tali yang dilakukan secara rutin setiap pagi selama lebih dari 15 kali akan menguatkan otot tangan dan kaki. Juga menguatkan otot jantung karena sirkulasi darah berjalan lancar. Peredaran darah yang lancar akan melarutkan lemak darah atau kolesterol sehingga lemak jahat terbuang dari tubuh.

3. Meningkatan Kemampuan Motorik dan Keseimbangan


Bermain lompat tali menuntut koordinasi yang kompak antara tangan, kaki, dan seluruh tubuh saat melompat. Sekali saja satu gerakan terlambat atau terlalu cepat, maka permainan selesai. Misalnya kaki terlalu cepat melompat sebelum tali siap melewatinya. Maka hasilnya adalah tali tidak bisa berputar sempurna.

banner consideration promotion bg blue

Koordinasi otot dan seluruh organ tubuh ini dapat meningkatkan kemampuan motorik dan melatih keseimbangan tubuh. Sehingga saat melakukan berbagai gerakan sehari-hari, tidak mudah jatuh atau lepas kendali. Sistem motorik yang baik mendukung tubuh untuk melakukan berbagai kegiatan dengan mudah dan fokus.

4. Manfaat Skipping Untuk Membakar Lemak


Gerakan skipping yang berulang-ulang juga meningkatkan suhu tubuh dan membakar lemak. Setelah tumpukan lemak larut dan terbuang dari tubuh, maka peredaran darah menjadi lebih lancar. Yang lebih penting adalah tubuh terasa lebih sehat dan kuat.

5. Sebagai Mood Booster atau Meningkatkan Mood


Olahraga secara teratur setiap pagi meningkatkan produksi hormon mendukung perasaan bahagia. Namanya hormon endorphin dan serotonin, yang ketika diproduksi dalam jumlah banyak membuat tubuh merasa bahagia. Apalagi jika dilakukan sebagai rutinitas pagi, bisa menambah semangat sepanjang hari.

Perasaan puas dan bahagia dapat mendukung kinerja hari itu berlangsung baik. Perasaan yang baik selama bekerja juga turut meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja. Jika hasil pekerjaan semakin baik, semakin puas rasanya kan?

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Maka lakukan olahraga ringan setiap hari. Banyak jenis olahraga praktis yang bisa dipilih, seperti skipping setiap pagi. Hanya dengan melakukannya minimal 25 kali setiap pagi, seluruh manfaat skipping di atas dapat dirasakan untuk jangka panjang.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.