5 Manfaat Telur Puyuh, Benarkah Mampu Atasi Asma dan Batuk?

Telur menjadi makanan yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Diantara berbagai jenis telur yang secara umum kita kenal, telur puyuh adalah salah satu yang paling populer. Banyak yang mengolah telur puyuh ini sebagai makanan pelengkap makanan. Seperti olahan sate telur puyuh. Meskipun sering dijadikan sebagai makanan pelengkap, nyatanya telur puyuh mengandung banyak ragam vitamin dan mineral, serta tinggi kolesterol. Selain itu, manfaat telur puyuh juga bisa dirasakan untuk kondisi kesehatan lainnya. 

banner consideration shipping bg blue

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat pertama yang disuguhkan dari si kecil telur puyuh ini ternyata mampu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena telur puyuh kaya akan vitamin A, sehingga baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin A yang terkandung di dalamnya juga mampu meminimalisir degenerasi makula, namun juga mencegah timbulnya katarak.
Meskipun demikian, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi terlalu banyak telur puyuh. Jangan sampai kamu mengonsumsi lebih dari 10 telur puyuh setiap harinya karena bisa menimbulkan risiko overdosis vitamin A.

2. Melindungi Kesehatan Hati

Hati merupakan salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh. pasalnya, hatilah tempat penyaring racun. Bisa dibayangkan jika hati tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, bisa-bisa tubuh kita banyak racun dan menimbulkan berbagai masalah lainnya.
Dalam hal ini, ternyata telur puyuh juga dipercaya mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan organ hati. Hal ini karena telur puyuh mampu membantu menstabilkan kadar transaminase ALP, ALT, dan TP, serta mengurangi degenerasi jaringan organ hati.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Banyak yang belum tahu dengan manfaat telur puyuh yang satu ini. Dari berbagai kandungan vitamin maupun jenis mineral yang terkandung di dalam telur burung puyuh, nyatanya potasium adalah salah satu zat yang memegang peranan penting. Mineral akan bertindak sebagai vasodilator atau pembuka maupun pelebar pembuluh darah yang mampu mengurangi stres pada arteri dan vena, serta menurunkan tekanan darah tinggi. 

banner consideration promotion bg blue

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Dalam satu posri suguhan telur puyuh (sekitar 5 butir) mengandung 244 IU vitamin A dan 119 mg kolin. Sehingga dalam hal ini, telur puyuh menyumbang 8-10% dari jumlah total asupan vitamin A harian, dan 22-28% asupan klin harian yang dibutuhkan oleh tubuh.
Kedua zat inilah yang terbukti efektif untuk mencegah infeksi, tak terkecuali meminimalisir risiko penyakit jantung. Sehingga tidak salah bagi kamu yang ingin terbebas dari risiko penyakit jantung, mulailah konsumsi telur puyuh secara rutin mulai dari sekarang.

5. Mengobati TBC dan Asma

Manfaat telur puyuh yang terakhir adalah mampu mengobati TBC dan asma. Manfaat yang ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, pasalnya, sudah berabad-abad pula masyarakat Tiongkok menggunakan telur puyuh sebagai obat tradisional yang ampuh dalam mengatasi penyakit TBC dan asma.
Meskipun belum ada bukti medis yang kuat, tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengkonsumsi telur puyuh sebagai pengobatan alternatif. Meskipun demikian, harus diiringi juga dengan pengobatan medis dari dokter. Jangan langsung mengkonsumsi telur puyuh dalam jumlah banyak, karena hal ini juga tidak dianjurkan. Harus tetap mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah kelima manfaat telur puyuh yang sangat sayang jika dilewatkan. Dengan berbagai manfaat baik untuk kesehatan tersebut, jangan lagi mengabaikan konsumsi telur puyuh dalam menu harian kamu ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami