5 Manfaat Telur Puyuh, Benarkah Mampu Atasi Asma dan Batuk?

14 Sep 2020 @ 18:25:19
Telur menjadi makanan yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Diantara berbagai jenis telur yang secara umum kita kenal, telur puyuh adalah salah satu yang paling populer. Banyak yang mengolah telur puyuh ini sebagai makanan pelengkap makanan. Seperti olahan sate telur puyuh. Meskipun sering dijadikan sebagai makanan pelengkap, nyatanya telur puyuh mengandung banyak ragam vitamin dan mineral, serta tinggi kolesterol. Selain itu, manfaat telur puyuh juga bisa dirasakan untuk kondisi kesehatan lainnya. 

1. Meningkatkan Kesehatan Mata



Manfaat pertama yang disuguhkan dari si kecil telur puyuh ini ternyata mampu meningkatkan kesehatan mata. Hal ini karena telur puyuh kaya akan vitamin A, sehingga baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, vitamin A yang terkandung di dalamnya juga mampu meminimalisir degenerasi makula, namun juga mencegah timbulnya katarak.

Meskipun demikian, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi terlalu banyak telur puyuh. Jangan sampai kamu mengonsumsi lebih dari 10 telur puyuh setiap harinya karena bisa menimbulkan risiko overdosis vitamin A.

2. Melindungi Kesehatan Hati



Hati merupakan salah satu organ yang sangat penting di dalam tubuh. pasalnya, hatilah tempat penyaring racun. Bisa dibayangkan jika hati tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik, bisa-bisa tubuh kita banyak racun dan menimbulkan berbagai masalah lainnya.

Dalam hal ini, ternyata telur puyuh juga dipercaya mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan organ hati. Hal ini karena telur puyuh mampu membantu menstabilkan kadar transaminase ALP, ALT, dan TP, serta mengurangi degenerasi jaringan organ hati.

3. Menurunkan Tekanan Darah



Banyak yang belum tahu dengan manfaat telur puyuh yang satu ini. Dari berbagai kandungan vitamin maupun jenis mineral yang terkandung di dalam telur burung puyuh, nyatanya potasium adalah salah satu zat yang memegang peranan penting. Mineral akan bertindak sebagai vasodilator atau pembuka maupun pelebar pembuluh darah yang mampu mengurangi stres pada arteri dan vena, serta menurunkan tekanan darah tinggi. 

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung



Dalam satu posri suguhan telur puyuh (sekitar 5 butir) mengandung 244 IU vitamin A dan 119 mg kolin. Sehingga dalam hal ini, telur puyuh menyumbang 8-10% dari jumlah total asupan vitamin A harian, dan 22-28% asupan klin harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kedua zat inilah yang terbukti efektif untuk mencegah infeksi, tak terkecuali meminimalisir risiko penyakit jantung. Sehingga tidak salah bagi kamu yang ingin terbebas dari risiko penyakit jantung, mulailah konsumsi telur puyuh secara rutin mulai dari sekarang.

5. Mengobati TBC dan Asma



Manfaat telur puyuh yang terakhir adalah mampu mengobati TBC dan asma. Manfaat yang ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat, pasalnya, sudah berabad-abad pula masyarakat Tiongkok menggunakan telur puyuh sebagai obat tradisional yang ampuh dalam mengatasi penyakit TBC dan asma.

Meskipun belum ada bukti medis yang kuat, tidak ada salahnya jika kamu mencoba mengkonsumsi telur puyuh sebagai pengobatan alternatif. Meskipun demikian, harus diiringi juga dengan pengobatan medis dari dokter. Jangan langsung mengkonsumsi telur puyuh dalam jumlah banyak, karena hal ini juga tidak dianjurkan. Harus tetap mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar. 

Itulah kelima manfaat telur puyuh yang sangat sayang jika dilewatkan. Dengan berbagai manfaat baik untuk kesehatan tersebut, jangan lagi mengabaikan konsumsi telur puyuh dalam menu harian kamu ya! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020