Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Telur Rebus untuk Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat telur rebus yang wajib diketahui.

Sering mengonsumsi telur rebus? Telur rebus sebagai salah satu menu favorit yang sering menjadi pilihan sarapan bagi banyak orang Indonesia. Rasanya enak, gampang mengolahnya, dan kaya protein. Selain dimasak praktis dan simpel, ada segudang manfaat telur rebus yang bisa diperoleh untuk tubuh.

Berbagai zat gizi makro dan mikro yang baik yang penting bagi tubuh hampir semuanya terkandung dalam telur. Sumber protein, vitamin B2, B6, B12, dan selenium ada pada putih telur. Lemak, kalori, kolesterol, serta beberapa jenis mineral terkandung dalam kuning telur.

banner consideration shipping bg blue

Untuk 100 gram pada dua butir telur ayam ras mengandung zat gizi. Seperti protein (12,4 gram), energi (154 kkal), karbohidrat (0,7 gram), lemak (10,8 gram), kalsium (86 miligram). Ada juga zat besi (3 miligram), fosfor (258 miligram), natrium (142 miligram, kalium (118,5 miligram), vitamin A (104 miligram).
 

Telur juga mengandung Tiamin (Vitamin B1) 0,12 miligram, riboflavin (vitamin B2) 0,38 miligram, kemudian mengandung vitamin B6, D, K, E serta dua senyawa antioksidan (lutein dan zeaxanthin). Ternyata memang kandungan telur super lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh tetap sehat. Berikut manfaat telur rebus untuk kesehatan tubuh selengkapnya :

1. Kurangi Risiko Penyakit Jantung


Perlu diketahui LDL adalah kolesterol jahat yang memang harus dihindari. LDL merupakan partikel kolesterol yang terdiri dari 2 bagian, yakni partikel yang kecil, padat, dan partikel besar. Pada orang dengan partikel LDL kecil dan padat lebih rentan terhadap serangan jantung stroke.

Berbeda dari orang dengan LDL partikel yang besar. Walaupun saat awal mengkonsumsi telur dan kolesterol LDL akan meningkat. Terjadi perubahan dari partikel yang kecil padat itu menjadi lebih besar, sehingga baik untuk tubuh.

2. Kesehatan Mata Akan Terjaga


Dua antioksidan yang terkandung dalam telur yaitu lutein dan zeaxanthin memiliki peran penting dalam kesehatan mata. Telur dapat mempertahankan kesehatan retina mata sebab kandungan antioksidan yang kuat, sehingga kesehatan mata terjaga. Telur baik juga dikonsumsi bagi orang yang sudah tua sebab rentan mengalami penurunan penglihatan.

3. Kesehatan Otak Terjaga


Kandungan kolin yang dikelompokkan dalam vitamin B baik untuk menjaga kesehatan otak. Bantuan kolin sangat dibutuhkan untuk membangun membran sel serta membantu produksi molekul sinyal dalam otak. Kolin berperan penting dalam memecah asam amino homosistein berkaitan dengan perkembangan jantung.

banner consideration promotion bg blue

4. Turunkan Kadar Trigliserida Dalam Darah


Kaya akan kandungan asam lemak omega 3 dalam telur rebus dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Meningkatnya faktor risiko penyakit jantung disebabkan kadar trigliserida tinggi. Konsumsi lima butir telur kaya omega 3 per minggu selama tiga minggu akan menurunkan kadar trigliserida dalam darah hingga 16-18 %.

5. Tingkatkan Metabolisme Tubuh


Manfaat telur rebus yang terakhir adalah untuk metabolisme tubuh. Kandungan kolin pada telur dapat tingkatkan metabolisme, membantu proses pencernaan lemak dan mencegah penumpukkan lemak di tubuh. Meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan kemampuan tubuh ketika merespon insulin, dan memperlancar proses pencernaan lemak sebab kadar adiponectin.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai manfaat dari telur rebus untuk kesehatan tubuh. Mulailah konsumsi telur rebus dan rasakan manfaat telur rebus bagi tubuh. Metabolisme tubuh meningkat akan membuat tubuh sehat. telur rebus juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan nutrisi dalam telur. Semoga bermanfaat!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.