5 Manfaat Tidur Siang yang Sering Kamu Abaikan

Tidur siang merupakan salah satu aktivitas yang seringkali disepelekan bagi sebagian orang. Bahkan mereka mengidentikkan jika tidur siang merupakan kebiasaan bagi anak kecil. Padahal, tidak ada salahnya jika orang dewasa juga melakukan tidur siang ini. Banyak sekali manfaat tidur siang yang sering diabaikan banyak orang. Lalu apa saja manfaat tidur siang itu?

banner consideration shipping bg blue

1. Meningkatkan Daya Ingat

Disadari atau tidak, ternyata manfaat pertama tidur siang yang sering diabaikan banyak orang adalah dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Ini bukanlah hanya sekedar asumsi, melainkan sudah diungkapkan oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa tidur memiliki peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan. 
Seseorang yang melakukan tidur siang, bisa dengan mudah mengingat hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya di hari itu. Selain itu, tidur siang juga bermanfaat untuk mencegah penyakit sering lupa terhadap hal-hal penting seperti keterampilan motorik, persepsi indera, maupun ingatan verbal lainnya.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Terlalu lama di depan layar terkadang bisa memicu kondisi bad mood. Selain itu, terlalu semangat kerja juga bisa membuat tubuhmu lelah dan tidak fokus untuk melaksanakan tugas berikutnya. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu melakukan tidur di siang hari agar suasana hati dapat kembali baik. 
Tidur di siang hari bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk mengangkat semangat kerja kamu. Tidur siang atau hanya sekedar beristirahat selama satu atau beberapa jam juga bisa mencerahkan penampilan kamu. Para ahli bahkan berpendapat bahwa relaksasi yang dilakukan ketika seseorang berbaring atau beristirahat adalah penambah suasana hati yang sangat baik, baik kamu tertidur maupun tidak.

3. Meningkatkan Kreativitas

Manfaat lain yang bisa kamu peroleh ketika melakukan tidur siang adalah dapat meningkatkan kreativitas. Bagi sebagian orang yang dituntut sebagai pekerja dengan kreativitas tinggi secara terus-menerus tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak ketika siang hari dan melakukan tidur siang selama kurang lebih satu jam.
Istirahat siang ini bisa meningkatkan kreativitasmu sehingga bisa menambah produktivitas kerja. 

banner consideration promotion bg blue

Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang tidur siang, baik dengan  gerakan mata yang cepat maupun tidur nyenyak sampai bermimpi, lebih kreatif daripada mereka yang tidak tidur siang. Pendapat ini dicetuskan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh psikiater dari Universitas California, Sara Mednick.

4. Meningkatkan Kewaspadaan

Tubuh yang lelah karena dipaksa untuk bekerja, biasanya akan memunculkan tidak fokus atau konsentrasi yang buyar, sehingga tingkat kewaspadaan dan kejelian dalam bekerja cenderung menurun. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengistirahatkan tubuh untuk melakukan tidur siang sejenak.
Manfaat tidur siang yang mengungkapkan menjadikan seseorang lebih waspada ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan bahwa pilot yang tidur siang selama 40 menit menjadi jauh lebih waspada.

5. Meningkatkan Kesabaran

Siapa sangka, jika melakukan tidur siang ternyata juga melatih seseorang menjadikan penyabar. Hal ini bukanlah sebuah dugaan semata, melainkan sudah dibuktikan oleh peneliti dari Universitas Michigan, Amerika Serikat melakukan penelitian pada beberapa orang terkait hal tersebut. 
Dalam penelitian tersebut, para peserta diminta untuk mengerjakan tugas yang sangat menyebalkan, yaitu menggambar desain geometris pada layar komputer. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa peserta yang sudah tidur siang mampu bersabar dan mengerjakan tugas tersebut selama 90 menit, dan hasil ini berbanding terbalik dengan orang yang tidak tidur siang yang hanya mampu bertahan selama 45 menit.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah kelima manfaat tidur siang yang sering diabaikan banyak orang. Meski kamu memiliki kesibukan dan segudang aktivitas harian yang harus kamu jalani, selalu sempatkan untuk tidur di siang hari ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami