5 Manfaat Yoga yang Kamu Harus Tahu, Yuk Jadikan Kebiasaan Rutin!

17 Aug 2020 @ 07:22:57
Di tengah padatnya kesibukan, komitmen untuk rutin berolahraga bukan hal yang mustahil untuk diwujudkan. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa kamu andalkan, salah satunya olahraga yoga. 

Secara sederhana, yoga adalah olahraga yang memadukan antara meditasi dan teknik pernafasan, kelenturan tubuh, serta peregangan. Gerakan-gerakan yoga biasanya bertujuan untuk mencapai keselarasan antara emosi, jiwa, spiritual, dan tubuh.

Agar kamu mau menjadikan olahraga yoga sebagai kebiasaan, ini sederet manfaat yoga yang harus kamu tahu!

1. Yoga dipercaya membantu mengurangi stres



Hidup di masa yang sedang serba sulit seperti sekarang, banyak orang yang rentan mengalami stres. Rutin melakukan yoga bisa menjadi salah satu cara mengelola stres dalam diri dengan baik. 

Dikutip dari Health Line, yoga terbukti bisa mengurangi tingkat stress karena mampu mengurangi sekresi kortisol, yang merupakan hormon utama penyebab stres.

Masih dikutip dari sumber yang sama, sebuah studi yang melibatkan puluhan wanita mengikuti program yoga selama tiga bulan. Hasilnya, kadar kortisol dalam tubuh mereka jauh berkurang dan tingkat stress serta kecemasan jauh berkurang.

2. Tak cuma diet makanan yang kadang menyiksa, yoga dipercaya mampu membantu menurunkan berat badan



Bagi mereka yang ingin menjalani program diet, langkah pertama yang biasanya langsung dilakukan adalah dengan mengurangi porsi makan. Padahal olahraga juga merupakan faktor penting dalam upaya mengurangi berat badan.

Sementara yoga, meski gerakannya tidak terlalu atraktif, dinilai tetap mampu membantu menurunkan berat badan.

Health Line menyebut yoga membantu seseorang untuk bisa berkonsentrasi dengan baik dan memiliki pola pikir tentang hidup yang lebih sehat (mindful eating). Dalam jurnal berjudul The Effect of a Mindful Restaurant Eating Intervention on Weight Management in Women mindful eating adalah soal kewaspadaan terhadap rasa, bau, dan tekstur makanan. Praktik ini terbukti membantu penurunan berat badan, dan juga memperbaiki kebiasaan makan yang buruk.

3. Kesulitan tidur yang kamu alami setiap malam, bisa dibantu dengan rutin berolahraga yoga



Seperti yang sudah dibahas, yoga bisa membantu kamu mengurangi stres. Seseorang yang mengalami kesulitan tidur, biasanya berhubungan dengan depresi atau stres, obesitas, atau tekanan darah tinggi.

Yoga digadang-gadang mampu menurunkan hal-hal tersebut dan membantu seseorang memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Dengan melakukan yoga, tubuhmu akan merasa lebih rileks sehingga akhirnya membantumu memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Dalam jurnal berjudul Associations Between Poor Sleep Quality and Different Measures of Obesity, yoga terbukti mampu meningkatkan sekresi melatonin. Sekresi melatonin sendiri dikenal dengan nama lain hormon tidur yang diproduksi di kelenjar pineal di otak, yakni hormon yang membantu kita dalam proses tidur dan mengatur jam biologis seperti waktu tidur dan waktu bangun.

4. Nyeri sendi yang disebabkan oleh aktivitas padat bisa berkurang karena yoga



Kamu yang terbiasa bekerja dengan lebih banyak duduk selama berjam-jam, meningkatkan risiko nyeri punggung atau nyeri sendi lainnya. Tak banyak yang tahu, olahraga yoga justru bisa membantu mengurangi rasa nyeri tersebut.

Jurnal Yoga-based Intervention for Carpal Tunnel Syndrome: A Randomized Trial telah membuktikan sebuah penelitian yang melibatkan 42 orang dengan carpal tunnel syndrom diminta rutin melakukan yoga selama 8 minggu. Carpal tunnel syndrom adalah mati rasa dan kesemutan di bagian tangan dan lengan akibat syaraf terjepit di bagian pergelangan tangan. Hasilnya, yoga dinilai efektif dalam menyembuhkan.

5. Yoga dinilai mampu membantu memperbaiki proses pernafasan



Yoga dan latihan pernafasan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Gerakan-gerakan dalam olahraga yoga mayoritas selalu diselaraskan dengan latihan pernafasan.

Dikutip dari Health Line, sebuah studi membuktikan bahwa olahraga yoga yang dipadukan dengan latihan pernafasan mampu memberikan peningkatan kapasitas vital yang signifikan. Kapasitas vital yang dimaksud adalah ukuran jumlah udara maksimum yang dapat dikeluarkan dari paru-paru. Ini sangat penting bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru, masalah jantung, dan asma.

Itu dia sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukan olahraga yoga. Namun, ada baiknya saat pertama kali memulai, jangan langsung memforsir diri untuk melakukan gerakan-gerakan yang sulit karena bisa berpotensi menyebabkan cedera.

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020