Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

5 Manfaat Zat Besi Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuhmu

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat zat besi sangat penting untuk tubuh setiap hari.

Manfaat zat besi bagi tubuh manusia sangatlah banyak. Karena semua kegiatan yang terjadi di dalam tubuh manusia membutuhkan bantuan dari zat besi ini. Bahkan dalam kegiatan transportasi oksigen ke otak juga membutuhkan bantuan dari zat besi ini. Untuk mendapatkan zat besi ini, Anda bisa mendapatkannya dari makanan yang banyak mengandung zat besi.


Contoh dari makanan yang banyak mengandung zat besi antara lain hati (sapi dan ayam), bayam, jamur tiram. Sumber zat besi lainnya juga terdapat pada kacang kedelai, wijen, kacang polong, labu dan juga sereal. Anda juga mendapatkan zat besi dari mi lemonilo. Benar sekali mi yang satu ini memang terbukti mengandung sari pati bayam, karena bayam merupakan salah satu sumber zat besi tertinggi.


Kebutuhan zat besi ini juga sangat dibutuhkan pada wanita hamil dan juga melahirkan. Karena kebutuhannya akan meningkat dua kali lipat dari pada keadaan sebelum hamil. Biasanya bagi wanita hamil akan diberikan suplemen zat besi untuk menunjang penambahan di dalam tubuh. Hal tersebut wajib dan harus diberikan mengingat kebutuhan zat besi pada kehamilan juga meningkat.

Nah bagi Anda yang masih sering malas makan sayuran hijau, wajib baca ragam manfaat dari zat besi di bawah ini. Agar semakin semangat untuk hidup sehat dengan makan sayur dan juga makanan yang mengandung zat besi.

1. Mencegah Terjadinya Kekurangan Darah Merah


Salah satu manfaat yang diperoleh dari zat besi adalah dapat mencegah tubuh dari kekurangan sel merah yang biasa disebut anemia. Jika seseorang mengalami anemia maka, suplai oksigen akan terganggu. Karena komponen yang mengangkut oksigen tersebut adalah sel darah merah (hemoglobin) yang tentunya mengandung zat besi.

2. Menjaga Terjadinya Rambut Rontok


Zat besi ini juga berperan dalam menjaga rambut, kulit serta kuku tetap sehat. Dengan begitu Anda akan terhindar dari yang namanya rambut rontok dan kulit pucat atau kusam. Tercukupinya zat besi juga akan membuat kuku serta kulit tampil lebih segar.

3. Menjaga Kesehatan Pada Bayi Di Dalam Kandungan


Jika asupan zat besi selama kehamilan tercukupi, pengaruhnya ke bayi juga akan baik pula. Bayi akan berkembang dan tumbuh sempurna, sehingga akan terhindar dari kelahiran prematur atau bayi yang lahir dengan berat rendah.

4. Membantu Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar


Zat besi ini ini juga mempunyai peranan dalam meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan kemampuan berpikir. Dengan asupan zat gizi yang cukup akan membantu anak dalam mendapatkan kualitas belajar yang lebih baik. Tentunya anak akan menjadi lebih fokus dan maksimal dalam menangkap pelajaran.

5. Mencegah Perdarahan 


Saat menstruasi, rahim mengeluarkan darah volumenya lumayan banyak, hal tersebut juga dapat memicu terjadinya kekurangan zat besi. Maka jika sedang datang menstruasi dan tubuh mulai merasa lemah, sebaiknya segera minum tambahan suplemen zat besi. Tentunya juga didampingi dengan banyak makan makanan yang kaya kandungan zat besinya.

Hal tersebut juga berlaku dalam proses persalinan yang mana banyak mengeluakan darah dalam prosesnya. Maka pentingnya selama sembilan bulan kehamilan, Ibu hamil wajib minum tambahan suplemen zat besi. Hal ini untuk antisipasi, supaya ketika proses melahirkan ataupun menstruasi terjadi dapat terhindar dari perdarahan.

Manfaat zat besi ini harus dipenuhi, jika tidak ingin tubuh mengalami kekurangan zat besi. Karena kekurangan zat tersebut akan membuat tubuh menjadi mudah capek, sering lelah dan tidak bertenaga. Bahkan bisa mengakibatkan kepala berkunang-kunang. Maka sebaiknya jika merasakan gejala tersebut, segera minum suplemen penambah zat besi dengan dosis yang sudah ditentukan atau mengkonsumsi makanan sumber zat besi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.