5 Mindset Wirausaha yang Perlu Kamu Miliki Sejak Dini

Di era yang serba modern seperti sekarang ini, menjadi pengusaha adalah salah satu impian yang ingin dicapai oleh sebagian besar orang. Sayangnya, tidak semua orang memiliki mindset wirausaha, sehingga tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Adanya mindset memang berperan penting dalam keberhasilan seorang wirausahawan. 

Mindset atau pola pikir, dapat didefinisikan sebagai ukuran kekuatan seorang wirausaha dalam memegang kendali atas bisnis yang dijalankannya. Dalam mengelola bisnis, kamu membutuhkan mindset yang kuat untuk menciptakan perspektif dan inovasi-inovasi baru agar usaha kamu bisa semakin maju serta berkembang luas. Berikut lima mindset wirausaha yang wajib ditanamkan para calon pengusaha sukses.

1. Tidak Takut untuk Ambil Resiko

Salah satu kelemahan yang membuat pengusaha pemula rentan gagal adalah takut untuk ambil risiko. Padahal, setiap bisnis pasti memiliki risikonya masing-masing. Sesempurna apapun rencana yang sudah kamu buat, risiko dalam bisnis adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindarkan.

Seorang pengusaha harus berani mengambil risiko dan mempertahankan pemikiran yang optimis. Meski begitu, kamu tidak boleh memiliki mindset ‘optimis buta’, pelajari dulu risiko dan strategi untuk bisa mengembangkan bisnis kamu. Salah satu faktor yang membuat banyak orang gagal dalam bisnis adalah tidak berani mengambil risiko.


(Baca Juga: Ketahuilah 5 Tahap-tahap untuk Melakukan Wirausaha)

2. Pandai Mencari Peluang

Sumber: Freepik.com/photo by tirachardz

Salah satu mindset penting yang dapat memperkuat kesuksesan bisnis kamu adalah pandai dalam mencari peluang. Untuk menjaga bisnis agar tetap berjalan lancar, kamu perlu pandai dan cermat mencari peluang serta celah untuk mengembangkannya. Sayangnya, banyak pengusaha yang membatasi kemampuan dan potensi dalam dirinya dengan hanya berhenti pada satu titik saja.

Seorang pengusaha diharapkan untuk selalu peka terhadap peluang-peluang bisnis yang datang. Jangan hanya berdiam diri dan berpangku tangan menunggu datangnya peluang tersebut. Cari peluang dan jalin relasi dengan banyak pihak untuk membuka lebih banyak peluang di masa mendatang.

3. Berorientasi pada Tindakan

Jika ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, kamu perlu fokus pada tindakan dan mengeksekusi ide yang kamu buat. Banyak pengusaha yang terjebak dalam ketakutan untuk melakukan tindakan dan berakhir hanya pada ide semata. Hal ini membuat ide yang dipikirkan akan berakhir sia-sia begitu saja.

Anggapan bahwa ide yang dipikirkan belum cukup matang dan sempurna menjadi salah satu faktor yang mendasari ketakutan ini. Faktanya, pengusaha perlu melakukan langkah awal terlebih dahulu lalu menyempurnakannya sembari berjalan. Daripada menunggu terlalu lama hanya demi mencapai target yang ‘sempurna’, lebih baik mulai sesegera mungkin lalu perbaiki kurangnya nanti.


(Baca Juga: Bisa Bantu Tambah Penghasilan, Ketahui 7 Kunci Sukses Bisnis Rumahan)

4. Memiliki Visi dan Misi yang Besar

Sumber: Freepik.com/photo by rawpixel.com

Adanya visi dan misi juga memiliki peran penting dalam bisnis. Keduanya ibarat prinsip, tujuan, dan cita-cita bagi perusahaan tersebut. Semakin besar visi yang dipegang, semakin besar pula tantangan yang akan dialami untuk mencapai visi tersebut. Pengusaha tanpa visi dan misi akan membuat bisnis rentan kehilangan arah dan berujung pada kebangkrutan.

5. Terus Belajar

Setelah berhasil mendirikan sebuah bisnis, beberapa pengusaha memilih untuk berhenti belajar dan menganggap bahwa ilmu yang dimilikinya sudah lebih dari cukup. Salah satu penyebab kegagalan bisnis yang paling sering dialami adalah cepat merasa puas dengan ilmu yang dimiliki hingga berpikir tidak perlu lagi untuk belajar lebih jauh. Salah satu ciri dari seorang pengusaha sukses adalah pembelajar sejati. Selalu muncul kemauan untuk terus belajar dan sadar bahwa investasi terbaik adalah ilmu.

Untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kamu tidak bisa jika hanya mengandalkan mindset lemah yang tidak memiliki tujuan apapun. Latih diri kamu dan jadilah wirausahawan yang memiliki mindset wirausaha yang kuat. Dengan begitu, bisnis yang kamu jalankan bisa lebih terarah, kuat, dan sukses. 


GIVEAWAY untuk WIRANILO! 

Ikutan kuis Lemonilife di bawah ini dan menangkan hadiah Printer Barcode Label senilai Rp 850.000.

Syarat & Ketentuan:

1. Peserta kuis wajib menginstal aplikasi Lemonilo dan melengkapi profil atau akun dengan data yang benar serta melakukan verifikasi e-mail.

2. Share salah satu mindset wirausaha yang selama ini kamu terapkan sebagai Wiranilo. Tambahkan akun instagram kamu di akhir komentar, ya!

3. Periode kuis 20 Juni-20 Juli 2022. 

4. 1 orang dengan komentar terbaik akan memenangkan hadiah Printer Barcode Label senilai Rp 850.000. Biaya pengiriman hadiah ke masing-masing pemenang akan ditanggung oleh Lemonilo.

5. Pemenang kuis akan diumumkan melalui Instagram Story Lemonilo & Wiranilo pada 6 Agustus 2022.

6. Pemenang yang tidak bisa dihubungi paling lambat 10 hari setelah tanggal pengumuman, maka hadiah akan dianggap hangus.

7. Keputusan pemenang ditentukan oleh tim Lemonilo dan bersifat mutlak serta tidak dapat diganggu gugat.

8. Lemonilo berhak mengubah syarat dan ketentuan kuis tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami