Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

5 Pelajaran Hidup yang Penting Kamu Pahami dari Drama Hometown ChaChaCha

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
22 Okt 2021
Clock Icon
7 menit
Hometown Chachacha

Bicara soal tren drama Korea memang nggak pernah ada habisnya, setuju Lemonizen? Salah satunya, drama berjudul Hometown ChaChaChayang dalam beberapa bulan ke belakang jadi perbincangan hangat di media sosial. 


Diperankan oleh aktris papan atas Shin Min Ah (Yoon Hye Jin) dan Kim Seon Ho (Hong Du Sik), drama ini berhasil membawa penontonnya merasakan banyak emosi. Dikemas dengan cara yang ringan, ternyata Hometown ChaChaCha’ punya banyak makna dan pelajaran hidup yang bisa dipetik, lho.


Nah, kali ini Lemonilo berkolaborasi dengan Raden Prisya (@radenprisya) seorang mindfulness practitioner untuk mengupas nilai-nilai atau pelajaran hidup yang bisa kita ambil, termasuk soal kesehatan mental. Menurutnya, drama ini merupakan salah satu drama yang wajib ditonton karena memiliki banyak nilai sekaligus memberikan rasa bahagia bagi penontonnya.


1. Kasih sayang tulus bisa didapatkan tidak hanya dari keluarga


Dalam drama Hometown Cha-Cha-Cha, diceritakan kalau desa Gongjin adalah desa kecil tepi laut yang penduduknya sangat akrab satu sama lain. Di sana mereka terbiasa untuk saling bercerita dan saling membantu ketika salah satu dari mereka ada yang sedang kesusahan. Ternyata kebiasaan ini membuat penduduk desa menjadi akrab, layaknya keluarga. 


Lingkungan warga desa Gongjin yang selalu saling peduli ternyata telah memberikan banyak dampak bagi penduduknya. Termasuk Hong Du Sik, sosok karakter utama ini bahkan mendapatkan dukungan dan pertolongan dari semua penduduk desa agar ia bisa mengatasi depresi yang telah ia alami bertahun-tahun lamanya. Hal ini juga bisa dilihat sebagai timbal balik dari kebiasaan Du Sik yang sering menolong dan kenal betul dengan penduduk desa.


2. Segala sesuatu yang terjadi dalam hidup pasti ada hikmahnya 


Tidak bisa dipungkiri, terkadang ada kejadian dalam hidup yang datang dengan tiba-tiba dan memberikan kita rasa tidak nyaman atau bahkan kecewa. Seperti saat harus berganti pekerjaan atau pindah ke tempat tinggal baru. Namun ternyata dalam hidup ini memang benar tidak ada yang sia-sia. 


Karakter Hye Jin digambarkan sebagai sosok dokter gigi kaya raya yang tinggal di kota Seoul. Namun karena ada masalah dengan pekerjaannya, ia terpaksa pindah untuk tinggal dan bekerja di desa kecil bernama Gongjin. 


Awalnya, Hye Jin merasa tidak cocok dengan kehidupan di desa ini. Bahkan ia menjadi sosok yang dibenci oleh seisi desa karena sifatnya yang sombong. Namun setelah mengubah perilakunya, Hye Jin justru mendapatkan banyak hal menyenangkan di desa ini. 


3. Kesuksesan bukan hanya berbentuk uang 


Mungkin sebagian dari kita sering mengukur kesuksesan hanya dari nilai uang yang kita miliki. Tidak jarang, pemikiran ini membuat kita mudah merasa insecure dengan orang lain. Padahal makna sukses bisa lebih dari uang. Sukses juga bisa hadir dalam bentuk tubuh yang sehat, mental yang sehat, hubungan yang baik dengan sekitar, sehingga bisa merasa bahagia sepenuhnya.  


Seperti Du Sik, meski lulus dari universitas bergengsi di Korea ia tidak melanjutkan berkarir di kota besar. Namun, ia memilih kembali ke desanya untuk melakukan hal-hal yang ia suka. Meski kota besar memiliki tingkat gaji yang tinggi, menurutnya ada hal lain yang tidak kalah penting dari uang. 


Belajar dari sudut pandang tersebut, penting untuk kita belajar memaknai kesuksesan dan pencapaian dalam hidup dari berbagai perspektif. Bukan hanya uang dan pekerjaan. Tetapi lebih dari itu, banyak hal-hal berharga dalam hidup yang sering tidak kita sadari keberadaannya.  


(Baca Juga:  9 Tips Mengatasi Stres Single Parent, Wajib Tahu Moms!)


4. Pada dasarnya semua manusia ingin diberi perhatian


Banyak anggapan bahwa hidup di dunia modern ini, bersikap individualis adalah hal yang normal atau bahkan keren untuk dilakukan. Padahal, pada dasarnya semua manusia ingin diberi perhatian. Tidak peduli seberapa besar tingkat kemandiriannya atau seberapa besar kesibukannya, sebenarnya tidak ada orang yang kebal dengan kasih sayang. 


Layaknya di desa Gongjin, semua penduduknya bergotong-royong saat ada kesusahan yang terjadi. Atau, semua penduduk mengetahui berbagai kabar buruk maupun kabar baik yang sedang terjadi di setiap keluarga. Meskipun tidak bisa dipungkiri, mungkin kita merasa bahwa perhatian yang diberikan orang-orang sekitar bisa mengganggu, kita tidak boleh lupa bahwa perhatian tersebut bisa jadi merupakan anugerah. 


5. Pengalaman masa kecil punya pengaruh besar di masa dewasa


Hye Jin maupun Du Sik, diceritakan sebagai tokoh yang memiliki masalah di masa kecilnya. Mulai dari trauma kehilangan, memiliki hubungan yang tidak hangat dengan keluarga dan sebagainya.  Hal ini ternyata memberikan pengaruh yang cukup besar di saat mereka sudah dewasa. Keduanya memiliki cara berbeda dalam melihat dunia, karena beberapa hal yang terjadi di masa kecilnya. Untuk itu, sangat penting menanamkan nilai-nilai kehidupan yang baik pada anak-anak. 


Nah itu tadi 5 pelajaran hidup yang bisa kamu ambil dari drama Hometown ChaChaCha’. Ternyata selain menyenangkan, menonton drama juga bisa membuat kita belajar banyak hal ya, Lemonizen. Yuk share juga pengalamanmu saat menonton drama Korea di kolom komentar! 


Menangkan Hadiah Album Stray Kids - No Easy (Limited Version) dengan Like & Comments Artikel Ini! 


Syarat & Ketentuan:

1. Peserta kuis wajib menginstal aplikasi Lemonilo dan melengkapi profil/akun dengan data yang benar serta melakukan verifikasi e-mail. 

2. Pemenang akan dipilih di akhir periode kuis 30 November 2021. Pemenang dipilih berdasarkan komentar terbaik. 

3. Peserta yang melakukan spam/komentar yang sama berulang-ulang dengan sengaja akan didiskualifikasi. 

4. Pemenang kuis akan mendapatkan hadiah total 1 Album Stray Kids - No Easy (Limited Version). Biaya pengiriman hadiah ke masing-masing pemenang akan ditanggung oleh Lemonilo. 

5. Pemenang kuis akan diumumkan melalui Instagram Story Lemonilo pada 5 Desember 2021. 

6. Pemenang yang tidak bisa dihubungi paling lambat 10 hari setelah tanggal pengumuman, maka hadiah akan dianggap hangus. 

7. Keputusan pemenang ditentukan oleh tim Lemonilo dan bersifat mutlak serta tidak dapat diganggu gugat. 

8. Lemonilo berhak mengubah syarat dan ketentuan kuis tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.